Sukses

Klasemen Grup F Piala Dunia 2022: Kroasia ke Puncak, Kanada Dipastikan Gugur

Liputan6.com, Jakarta - Kroasia menaklukkan Kanada 4-1 pada persaingan Grup F Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Senin (28/11/2022) dini hari WIB.

Hasil pertandingan yang disiarkan langsung SCTV, Moji, dan juga dapat disaksian melalui siaran streaming Vidio serta jaringan televisi satelit NEX Parabola ini memberi makna berbeda bagi dua tim. 

Masuk final Piala Dunia pada edisi sebelumnya, Kroasia masih memiliki kesempatan menyamai atau bahkan melampaui torehan di Rusia. Pasalnya, mereka kini memuncaki klasemen sementara. Dengan perolehan empat poin, Kroasia unggul produktivitas gol atas Maroko yang memiliki nilai sama. 

Sementara Kanada bernasib sama seperti tuan rumah Qatar. Wakil CONCACAF itu dipastikan tersingkir karena gagal mendulang poin dari dua partai yang sudah dijalani. Kanada sebelumnya takluk 0-1 dari Belgia. 

Kroasia bakal terlibat duel penentu melawan Belgia, Kamis (1/12/2022), dengan Kanada bersua Maroko pada waktu bersamaan.

Simak klasemen Piala Dunia 2022 pada persaingan Grup F berikut ini:

Pos Negara  Main Menang  Imbang  Kalah  Gol  Poin 
1 Kroasia 2 1 1 0 4-1 4
Maroko 2-0 
Belgia  1-2 
Kanada  1-5 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Gol Kilat Alphonso Davies

Alphonso Davies mencetak gol tercepat pada Piala Dunia Qatar dengan merobek gawang Kroasia saat laga berusia 68 detik. Torehan tersebut pun menumbuhkan keyakinan mereka.

Namun, Kroasia perlahan menggunakan kualitas mereka untuk menguasai laga. Marko Livaja menguji kiper Milan Borjan usai meneruskan umpan Mateo Kovacic.

Andrej Kramaric mengira sudah menyamakan kedudukan setelah menyelesaikan penetrasi di sisi kiri pertahanan Kanada. Namun golnya dianulir karena offside.

Lareya kembali menguji kiper Kanada, sebelum gol penyama kedudukan akhirnya tiba. Kramaric memaksimalkan sodoran Ivan Perisic pada menit ke-36. Livaja lalu membawa Kroasia balik unggul lewat golnya di menit ke-44.

Kanada kembali mengancam di awal babak. Jonathan Osorio melepas tembakan yang membayakan gawang Dominik Livakovic. Ini adalah usaha pertama Kanada sejak memimpin. 

Kroasia membalas melalui Kramaric yang menguji refleks Borjan bekerja. Selanjutnya kesempatan jatuh ke pihak Kanada lewat Jonathan David.

3 dari 3 halaman

Pastikan Kemenangan

Kramaric akhirnya mencatatkan nama di papan skor untuk kali kedua pada menit ke-70. Kembali dia meneruskan assist Perisic dengan pertahanan Kanada menunjukkan kelemahan. 

Kroasia masih memiliki kans untuk memperbesar keunggulan. Namun, Borjan melakukan penyelamatan beruntun demi mementahkan usaha Perisic dan Marcelo Brozovic. 

Masih ada peluang bagi Kanada yang jatuh ke kaki Junior Hoilett. Sayang mantan penggawa Blackburn Rovers ini tidak bisa memaksimalkan kesempatan.

Kroasia lalu memberi pelajaran bagi Kanada di injury time. Kamal Miller membuat blunder. Mislav Orsic lolos sendirian dan menyodorkan bola ke Lovro Majer untuk menceploskan bola ke gawang kosong di menit ke-90+4.

 

Susunan Pemain 

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Luka Modric (Mario Pasalic 86), Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic (Lovro Majer 86); Ivan Perisic (Mislav Orsic 86), Andrej Kramaric (Nikola Vlasic 72), Marko Livaja (Bruno Petkovic 60)

Kanada (3-4-3): Milan Borjan; Alistair Johnston, Steven Vitoria, Kamal Miller; Richie Laryea (Junior Hoilett 62), Atiba Hutchinson (Sam Adekugbe 72), Tajon Buchanan, Alphonso Davies; Stephen Eustaquio (Ismael Kone 46), Jonathan David (Lucas Cavallini 72), Cyle Larin (Jonathan Osorio 46)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS