Sukses

Gol Kilat 68 Detik Alphonso Davies Warnai Kroasia vs Kanada, Tercepat di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Bintang Kanada Alphonso Davies mencetak sejarah pada Piala Dunia 2022. Dia melakukannya pada laga Grup F melawan Kroasia di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Minggu (27/11/2022).

Pemain Bayern Munchen itu mencetak gol tercepat pada Piala Dunia Qatar. Waktu menunjukkan laga baru berlangsung 68 detik ketika pertandingan Kroasia vs Kanada dimulai.

Davies mengungguli Cody Gakpo yang sebelumnya memegang catatan gol tercepat. Gakpo membuat gol ke gawang Ekuador di waktu lima menit empat detik.

Davies juga menjadi pesepak bola Kanada yang menciptakan gol di Piala Dunia. Pada partisipasi pertama dan satu-satunya 36 tahun lalu, The Maple Leaf selalu tumbang pada tiga laga fase grup.

Mereka takluk dari Prancis (0-1), Hungaria (0-2), dan Uni Soviet (0-2) pada turnamen Meksiko 1986.

Meski begitu, gol Davies sementara tidak berarti banyak. Kroasia bisa membalikkan kedudukan berkat gol Andrej Kramaric dan Marko Livaja pada babak pertama. Saat ini pertandingan masih berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Buru Kemenangan Perdana

Kedua tim memburu gol dan kemenangan perdana pada Piala Dunia Qatar. Sebelumnya Kroasia ditahan Maroko 0-0 dengan Kanada dikalahkan Belgia 0-1.

Kroasia tampil cemerlang dengan lolos putaran final UEFA Nations League 2022/2023. Namun, performa impresif itu tidak terlihat saat menghadapi Maroko. Mereka cuma melepas lima tendangan sepanjang laga serta mengandalkan ketangguhan Dejan Lovren di lini belakang.

Melihat ini, sektor serangan jelas jadi masalah yang harus diselesaikan pelatih Zlatko Dalic. Dia harus cepat mencari solusi karena Kanada juga memiliki pertahanan tangguh.

Belgia merasakan itu di laga pembuka. Setelah kerepotan mencari celah, mereka baru bisa mencetak gol setelah Michy Batshuayi memanfaatkan umpan jauh ke depan.

Padahal Kanada hampir memimpin terlebih dahulu. Sayang Davies gagal menunaikan tugas sebagai algojo penalti.

Meski takluk, penampilan solid kontra Belgia bakal menumbuhkan kepercayaan diri Kanada. Namun, mereka juga mendapat tekanan besar. Sebab, hasil minor pada pertandingan nanti bakal mempersulit perjuangan lolos ke babak gugur.

Kanada tentu tidak ingin pulang cepat. Terlebih setelah mereka harus menunggu 36 tahun untuk mengikuti Piala Dunia.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Dejan Lovren, Josko Gvardiol, Borna Sosa; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Ivan Perisic, Andrej Kramaric, Marko Livaja

Kanada (3-4-3): Milan Borjan; Alistair Johnston, Steven Vitoria, Kamal Miller; Richie Laryea, Atiba Hutchinson, Tajon Buchanan, Alphonso Davies; Stephen Eustaquio, Jonathan David, Cyle Larin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS