Sukses

Euforia Meningkat setelah Arab Saudi Permalukan Argentina, Lokasi Nobar Piala Dunia Ditambah

Liputan6.com, Doha- Kemenangan Arab Saudi atas Argentina dalam laga pertama Grup C Piala Dunia 2022 di Qatar, meningkatkan euforia warga di Tanah Dua Masjid Suci.

Setelah menaklukkan Argentina 2-1, warga Arab Saudi kini diliputi ekspektasi tinggi melihat tim nasional sepak bola mereka bisa melangkah jauh di Piala Dunia 2022, melebihi pencapaian di USA 1994.

Siapa yang tak girang dan bangga, ketika timnas sepak bola mereka menaklukkan Argentina, salah satu negara yang paling dijagokan jadi juara Piala Dunia 2022.

Bahkan, Raja Salman, mengumumkan hari libur nasional untuk merayakan kemenangan Arab Saudi atas Argentina.

Saking tingginya antusiasme warga Arab Saudi menonton Piala Dunia, terutama kiprah tim kesayangannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Riyadh, yang merupakan jantung dari ibu kota negara, sampai memfasilitasi lebih banyak lokasi nonton bareng (nobar).

Dikutip dari Kantor Berita Arab Saudi, SPA, Pemerintah Kota Riyadh telah mengalokasikan 39 tempat di seluruh wilayah untuk kegiatan menonton acara Piala Dunia dan pertandingan Tim Nasional Arab Saudi.

"Pemkot menegaskan kesiapannya mengumpulkan masyarakat di zona yang dialokasikan untuk siaran Piala Dunia 2022, dan mendukung tim Arab Saudi yang berpartisipasi di Piala Dunia 2022," tulis SPA.

Taman umum, kawasan di dekat pusat pemerintah provinsi Riyadh, balai kota, Alun-alun dan aula disiapkan untuk menjadi zona sementara untuk kegiatan nonton bareng Piala Dunia.

"Ini inisiatif Pemerintah Kotamadya Riyadh untuk menghadirkan interaksi dengan masyarakat dalam kegiatan olahraga global dan untuk mendukung Tim Nasional Saudi," tulis SPA kembali.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Bikin Argentina Malu

Sebelumnya kejutan besar terjadi di Stadion Lusail Iconic, Selasa (22/11/2022), ketika favorit juara Piala Dunia 2022, Argentina dipermalukan Arab Saudi dalam laga Grup C. Argentina kalah 1-2.

Argentina memulai pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar dengan percaya diri dan sepertinya akan memenangkan duel. Ini setelah Lionel Messi sukses mengeksekusi tendangan penalti untuk membawa La Albiceleste unggul 1-0 di menit 10.

Setelahnya, Argentina menciptakan banyak peluang untuk mencetak gol. Salah satunya berhasil dibuat oleh Lautaro Martinez pada menit 29.

Tetapi wasit menganulirnya setelah melakukan review dengan VAR. Striker Inter Milan itu, berdiri dalam posisi offside.

Setelah istirahat, para pemain Arab Saudi kembali ke lapangan dengan lebih percaya diri dan berani keluar untuk menyerang.

Hasilnya hanya tiga menit setelah wasit Slavko Vincic (Slovenia) meniup peluit tanda babak kedua dimulai, Saleh Al Sheri berhasil membobol gawang Argentina untuk membuat skor jadi 1-1.

Tidak berselang lama, Arab Saudi membuat fan Argentina terkejut karena kembali merobek gawang La Albiceleste yang dikawal Emiliano Martinez. Kali ini melalui Salem Al Dawsari pada menit 53.

Argentina berusaha bangkit dengan mengontrol permainan dan menggempur Arab Saudi. Tetapi serangan Lionel Messi dan kolega terkesan sporadis, hingga laga berakhir, skor 2-1 untuk Arab Saudi bertahan.

Kemenangan ini, membuat Arab Saudi bertengger di puncak klasemen sementara Grup C Piala Dunia Qatar 2022.

3 dari 5 halaman

Start Terbaik Arab Saudi

Sementara bagi Arab Saudi, kemenangan 2-1 atas Argentina di laga pertama babak grup Piala Dunia 2022, merupakan start atau awalan terbaik sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Dunia.

Sejak pertama kali berpartisipasi di Piala Dunia 1994, Arab Saudi tak pernah menang di laga pertama.

Arab Saudi lebih banyak menelan kekalahan di laga pertama Piala Dunia, termasuk saat dibantai Jerman 0-8 di Piala Dunia 2002 dan Rusia 0-5 di Piala Dunia 2018.

Satu-satunya hasil yang membuat mereka tak menelan kekalahan di laga pertama adalah ketika bermain imbang 2-2 kontra Tunisia pada laga awal Piala Dunia 2006.

Berikut hasil laga pertama Arab Saudi di Piala Dunia

1994 - Arab Saudi vs Belanda 1-2

1998 - Arab Saudi vs Denmark 0-1

2002 - Arab Saudi vs Jerman 0-8

2006 - Arab Saudi vs Tunisia 2-2

2018 - Arab Saudi vs Rusia 0-5

2022 - Arab Saudi vs Argentina 2-1

 

4 dari 5 halaman

Jalan Menuju Piala Dunia 2022

Arab Saudi tampil gemilang di babak kualifikasi. The Green Falcons meluncur ke putaran tiga kualifikasi zona Asia usai memuncaki klasemen Grup D pada putaran kedua.

Berhadapan dengan Uzbekistan, Palestina, Singapura, dan Yaman, The Green Falcons berhasil keluar sebagai juara Grup D di putaran kedua dan meraih 20 poin dari 8 pertandingan.

Lolos dari putaran kedua, Arab Saudi maju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk zona Asia dan berhadapan dengan Jepang, Australia, Oman, Tiongkok dan Vietnam.

Dari total 10 laga, Arab Saudi berhasil mengantongi tujuh kemenangan dengan 23 poin. Penampilan apik Arab Saudi selama babak kualifikasi, tentu saja dipengaruhi oleh sang pelatih asal Prancis, Herve Renard.

Renard telah menangani timnas Arab Saudi sejak Juli 2019, dan langsung mendampingi skuadnya melawan Yaman pada 10 September 2019 di laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

Terpilih mendapatkan tiket masuk ke Piala Dunia 2022, Arab Saudi menyiapkan pemain terbaiknya. Renard mempercayai pemain muda untuk terjun di ajang Piala Dunia 2022 Qatar. Dua pemain muda terbaik, yakni Salem Al-Dawsari dan Salman Al-Faraj merupakan pemain penting bagi timnas Arab Saudi.

Keduanya, diharapkan bisa menyetir timnas Arab Saudi di Piala Dunia 2022. Selain, Salem Al-Dawsari dan Salam Al-Faraj, penyerang muda unggulan Renard, Firas Al-Buraikan sedang menyita perhatian.

Pasalnya, ia menjadi salah satu pemain langganan timnas Arab Saudi. Firas Al-Buraikan debut pertama kali pada tahun 2019, selama 3 tahun merumput bersama Arab Saudi, ia tercatat telah mengikuti 22 pertandingan dan menyumbang 6 gol.

 

5 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Pertandingan Timnas Arab Saudi

Setelah menaklukkan Argentina, tantangan Arab Saudi selanjutnya adalah menghadapi Polandia yang di laga pertama kontra Meksiko kurang beruntung setelah Robert Lewandowski membuang peluang gol dari penalti.

Laga Arab Saudi vs Polandia digelar pada Sabtu (26/11/2022). Selanjutnya di laga terakhir babak grup, Arab Saudi, menghadapi Meksiko pada Kamis (1/12/2022).

Selasa, 22 November 2022

Arab Saudi vs Argentina 2-1

Sabtu, 26 November 2022

Pukul 20:00 WIB: Arab Saudi vs Polandia (Stadium Al Rayyan)

Kamis, 1 Desember 2022

Pukul 02:00 WIB: Arab Saudi vs Meksiko (Stadium Lusail Iconic)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.