Sukses

Winger Persib Optimistis Nasib Jerman di Piala Dunia 2022 Bakal Mujur

Jerman memiliki rata-rata usia skuad yang cukup muda di Piala Dunia 2022 dengan mengandalkan koneksi pemain Bayern Munchen dan Borussia Dortmund.

Liputan6.com, Jakarta Pemain Persib Bandung, Frets Butuan cukup percaya diri tim idolanya, Jerman, bakal merebut trofi Piala Dunia 2022 di Qatar.

Frets sudah tak sabar melihat aksi pasukan Der Panzer di Piala Dunia 2022. Jerman akan melakoni pertandingan perdana di Grup D Piala Dunia 2022 menghadapi Jepang.

Pertandingan antara Jerman melawan Jepang digelar di Stadion Khalifa International, kota Al Rayyan, pada Rabu 23 November 2022, pukul 16.00 waktu lokal atau pukul 20.00 WIB.

Menurut Frets Butuan, Jerman memiliki kualitas memadai untuk menjadi pemenangan Piala Dunia edisi kali ini, sekaligus menyamai rekor Brasil dengan meraih lima kali juara dunia.

Salah satu alasan yang membuat Frets Butuan cukup yakin Jerman bakal berjaya di Piala Dunia 2022 adalah banyaknya pemain yang bermain untuk klub yang sama.

Seperti kehadiran 7 pemain Bayern Munchen dan 5 pemain Borussia Dortmund, dua klub yang selama ini, menguasai sepak bola Jerman.

Ketujuh pemain Bayern Munchen tersebut adalah Manuel Neuer, Joshua Kimmich, Leon Goretzka, Jamal Musiala, Serge Gnabry, Thomas Muller dan Leroy Sane.

Sementara lima pemain Dortmund yang membela Jerman di Piala Dunia 2022 adalah Niklas Sule, Nico Schlotterbeck, Julian Brandt, Karim Adeyemi, dan Youssoufa Moukoko.

Kuatnya koneksi Bayern Munchen dan Dortmund, menurut Frets, menjadi keuntungan tersendiri bagi Jerman. Sebab mereka sudah saling mengenal dan digembleng di kompetisi Bundesliga.

"Jerman punya liga yang bagus, kebetulan banyak pemain Bayern Munchen juga. Di Liga Champions mereka bagus dan materi pemain skuadnya juga cukup bagus, terutama di gelandang," ungkap Frets Butuan, Selasa (22/11/2022).

Meski pelatih Hansi Flick tidak bisa membawa Timo Werner ke Piala Dunia 2022 akibat cedera, tetapi menurut Frets, itu tak akan banyak berpengaruh terhadap kekuatan Jerman.

Dengan berbagai alasan tersebut, Frets Butuan optimistis nasib Jerman di Piala Dunia 2022 bakal lebih mujur dibandingkan Piala Dunia 2018, di mana Der Panzer harus angkat koper lebih awal karena gagal lolos dari babak grup.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kombinasi Pemain Muda dan Berpengalaman

Di Piala Dunia 2022, skuad Timnas Jerman memiliki rata-rata usia yang terbilang muda dengan rata-rata usia pemain 26 tahun 7 bulan.

Lantaran, selain pemain berpengalaman seperti Manuel Neuer dan Thomas Muller, Der Panzer juga mempercayai beberapa pemain mudanya, sebut saja Jamal Musiala, Karim Adeyemi dan Youssoufa Moukoko.

Nama terakhir menjadi pemain paling muda di skuad Timnas Jerman dengan usia 17 tahun saat didaftarkan dan akan 18 tahun pada dimulainya Piala Dunia atau 20 November 2022 nanti.

Dilansir dari FIFA, Moukoko juga menjadi pemain termuda di turnamen Piala Dunia 2022 ini.

Jika Moukoko dimainkan, dia akan melewati catatan gelandang Denmark, Christian Eriksen dan menjadi pemain Eropa termuda kedua yang tampil di Piala Dunia berada setelah pemain Irlandira Utara, Norman Whiteside yang berusia 17 tahun 41 hari saat dimainkan melawan Yugoslavia pada Piala Dunia 1982.

Moukoko menjadi satu dari enam pemain berusia 18 tahun di Piala Dunia 2022 di Qatar, bersama Garang Kuol, Gavi, Jewison Bennette, Bilal El Khannous dan Abdul Fatawu Issahaku.

Sebelumnya, pada Piala Dunia 2018 pemain termuda turnamen dipegang oleh winger Timnas Australia, Daniel Arzani yang berusia 19 tahun 5 bulan.

 

3 dari 5 halaman

Daftar Pemain Jerman

Kiper: Manuel Neuer (Bayern Munchen), Marc-Andre ter Stegen (Barcelona), Kevin Trapp (Eintracht Frankfurt)

Belakang: Matthias Ginter (Freiburg), Christian Gunter (Freiburg), David Raum (RB Leipzig), Antonio Rudiger (Real Madrid), Thilo Kehrer (West Ham United), Lukas Klostermann (RB Leipzig), Nico Schlotterbeck (Dortmund), Niklas Sule (Dortmund), Armel Bella-Kotchap (Southampton).

Tengah: Julian Brandt (Dortmund), Leon Goretzka (Bayern Munchen), Ilkay Gundogan (Manchester City), Jonas Hofmann (Gladbach), Joshua Kimmich (Bayern Munchen), Jamal Musiala (Bayern Munchen), Mario Gotze (Eintracht Frankfurt).

Depan: Karim Adeyemi (Dortmund), Serge Gnabry (Bayern Munchen), Kai Havertz (Chelsea), Youssoufa Moukoko (Dortmund), Thomas Muller (Bayern Munchen), Leroy Sane (Bayern Munchen), Niclas Fullkrug (Werder Bremen).

 

4 dari 5 halaman

Di Grup Berat

Timnas Jerman tergabung dalam Grup E di Piala Dunia 2022. Der Panzer akan menghadapi Spanyol, Jepang dan Kosta Rika yang dianggap berat dan disebut grup neraka.

Pelatih Jerman, Hansi Flick mengakui bahwa Jerman tergabung di grup yang sulit. Menurut Flick, timnya takkan mudah untuk lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Namun, sosok berusia 57 tahun itu menegaskan Timnas Jerman memiliki target besar.

“Ini tidak akan mudah, tetapi kami telah menetapkan harapan yang tinggi untuk diri kami sendiri pada turnamen ini,” ujar Hansi Flick, dalam laman resmi tim.

“Hasil drawing seperti ini tidak memberi Anda pilihan lain. Kita perlu mengetahui apa yang akan datang. Ini adalah grup yang menarik dan menyenangkan bagi kita semua,” imbuhnya.

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Jerman

Timnas Jerman akan mulai berlaga pada Rabu (23/11/2022) di Khalifa International Stadium, Al Rayyan. Pertandingan pertama Der Panzer akan menghadapi Jepang.

23 November 2022

20.00 WIB - Jerman vs Jepang di Khalifa Intl. Stadium

28 November 2022

02.00 WIB - Spanyol vs Jerman di Al Bayt Stadium

2 Desember 2022

02.00 WIB - Kosta Rika vs Jerman di Al Bayt Stadium

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.