Sukses

Profil Saleh Al Shehri: Pencetak Gol Penyeimbang Arab Saudi ke Gawang Argentina di Piala Dunia 2022

Saleh Al Shehri menjadi sorotan usai mencetak satu gol saat Arab Saudi vs Argentina di Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Saleh Al Shehri tampil gemilang. Pemain Arab Saudi ini menjadi aktor di balik kecemerlangan tanah airnya saat bersua Argentina di partai pembuka Grup C Piala Dunia 2022, Selasa (21/11) petang WIB.

Al Shehri menyumbang satu dari dua gol kemenangan Timnas Arab Saudi. Menariknya, mereka lebih dulu tetinggal di babak pertama.

Usai balik dari ruang ganti dari jeda pertandingan, Arab Saudi tancap gas. Empat menit laga babak kedua dimulai, mereka mendapat kans yang akhirnya menyamakan kedudukan.

Adalah Al Shehri yang mencetak gol pada menit ke-49 usai memanfaatkan umpan Firas Al Buraikan. Al Shehri melewati adangan Sristian Romero sebelum melepaskan tendangan kaki kiri ke tiang kedua gawang Timnas Argentina yang dijaga Emiliano Martinez.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Saleh Al Shehri

Al Shehri adalah pemain kelahiran Jeddah Arab Saudi. Pemain berposisi striker itu lahir pada 1 November 1993.

Al Shehri memulai karier sepak bolanya pada 2009. Selama 3 tahun, ia menimba ilmu si kulit bulat di akademi Al-Ahly.

Tampil ciamik di akademi, Al Shehri masuk tim senior pada 2012. Ketika itu usianya masih 18 tahun.

Masih muda dan butuh jam terbang, ia hanya bermain 9 kali tanpa mencetak gol. Alhasil, Al Ahli meminjamkannya ke Mafra dan Baira-Mar.

Selama masa peminjaman, Al Shehri bermain 9 kalu dan mencetak 2 gol. Rinciannya, 2 kali di Mafra dan 7 kali di Beira Mar.

Sempat kembali ke Al Ahly pada 2013, karier Al Shehri mandek. Pemain dengan tinggi 184 sentimeter ini tak mendapat kesempatan di tim utama.

Setelah menghabiskan waktu 2 tahun di tim senior Al-Ahly, Al Shehri kemudian dilego ke Al-Read. Di sana, ia mengabdi selama 5 tahun.

Bersama Al Read, Al Shehri melakoni 71 pertandingan dan mencetak 22 gol. Namun, memasuki tahun keempat, ia dipinjamkan ke Al Hilal selama 1 tahun dengan mencatatkan 20 pertandingan dan mencetak 4 gol.

Pada 2020, Al Hilal mempermanenkan jasa Al Shehri. Hingga saat ini, ia sudah bermain 46 kali dengan mencetak 8 gol.

 

3 dari 4 halaman

Orang Arab Saudi Pertama yang Cetak Gol di Eropa

Pada 2012, Al Shehri sempat dipinjamkan ke Beira Mar. Klub yang disebutkan barusan bermain di level keempat kompetisi sepak bola Portugal. Memang, selama di Portugal, Al Shehri tak banyak mendapat menit bermain. Amat diwajarkan mengingat usianya masih 19 tahun.

Kendati demikian, setiap diberikan kesempatan turun gelanggang, Al Shehri sukses mengundang decak kagum. Salah satunya saat bermain kontra Moreirense pada 2 September 2012.

Victoria adalah lawan pertama yang dihadap Al Shehri di Eropa. Cerita manis kemudian jadi miliknya karena sukses mencetak gol di laga debut.

Setelah sukses tampil ciamik di laga perdana. Al Shehri kembali mendapat kepercayaan dari pelatih di laga kedua.

Bertemu Victoria, Al Shehri sukses membuat kejutan dengan mencetak gol cepat dan bahkan tercepat di Premiera Liga 2012/13. Ia tak hanya mencetak 1 gol melainkan 2 gol.

Pada 2013, Al Shehri kembali ke Al Ahly. Dalam debutnya bersama tim utama, ia melakoni debut melawan Najran SC tapi kalah dengan skor 0-1.

 

4 dari 4 halaman

Perjalanan di Timnas Arab Saudi

Al Shehri sudah menjadi langganan Timnas Arab Saudi sejak usia belia. Tercatat, ia sudah masuk Timnas U-20 Arab Saudi pada 2011 hingga 2012.

Bersama Arab Saudi Muda, Al Shehri mencatatkan 11 penampilan dengan torehan 8 gol. Namanya kemudian naik kelas ke Arab Saudi U-23.

Untuk Arab Saudi U-23, Al Shehri mencatatkan 5 pertandingan dengan torehan 3 gol. Selama 4 tahun di U-23, ia akhirnya masuk timnas Arab Saudi.

Sejak 2020, Al Shehri terus dipanggil ke Timnas Arab Saudi. Merujuk statistik, ia sudah bermain sebanyak 20 kali dan mencetak 10 gol.

Selama membela Arab Saudi, Al Shehri nyaris menjadi pilihan utama. Sepanjang babak Kulifikasi Piala Dunia, ia sudah bermain 13 kali dengan mencetak 7 gol dan 1 assist.

Terbaru, Al Shehri menorehkan prestasi emas di panggung Piala Dunia. Saat jumpa Argentina, ia mencetak 1 gol dan membuat negaranya menang atas juara Piala Dunia 1986 tersebut.

Al Shehri dan kawan-kawan masih akan melanjutkan perjalan mereka di Piala Dunia. Terdekat, Arab Saudi akan melakoni laga kontra Polandia dan disusul Meksiko.

 

Lihat sukses Arab Saudi membungkam Argentina di tautan berikut ini... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.