Sukses

Piala Dunia 2022: Gemilang saat Hadapi Iran, Jude Bellingham Diminta Jadi Kapten Timnas Inggris

Eks pemain Inggris Rio Ferdinand menilai Jude Bellingham sudah siap menjadi kapten Timnas Inggris. Pemain berusia 19 tahun itu dinilai punya kemampuan dan kedewasaan untuk memimpin, usai dirinya tampil gemilang dengan melesakkan gol pembuka di laga Piala Dunia 2022 kontra Iran.

Liputan6.com, Jakarta - Jude Bellingham sukses mengantar Timnas Inggris melumat Iran dalam laga perdana Grup B Piala Dunia 2022 Qatar yang dihelat di Khalifa International Stadium, Senin (21/11/2022) malam WIB.

Pesepak bola berusia 19 tahun tampil sebagai pencetak gol pembuka bagi The Three Lions di menit 35. Berawal dari umpan silang Luke Shaw, Bellingham menanduk bola yang gagal diantisipasi oleh kiper Hosseini.

Bintang Borussia Dortmund langsung banjir pujian selepas pertandingan Piala Dunia 2022. Gol ke gawang Iran menandai gol internasional pertamanya di tim senior bersama pasukan Gareth Soutghgate.

Eks pemain Inggris Rio Ferdinand pun ikut melontarkan sanjungan bagi Bellingham. Sosok yang lama membela Manchester United (MU) itu menilai sang wonderkid sudah punya cukup kemampuan dan kedewasaan untuk memimpin skuad The Three Lions.

“Kita sering melihat pesepak bola dan mengatakan bahwa mereka adalah pemain yang luar biasa. Akan tetapi, Anda tidak yakin apa yang terjadi pada mereka di luar lapangan karena mereka masih muda,” ujarnya dalam Vibe With Five, seperti dilansir dari Daily Mail.

“(Para pemain itu) bisa membuat kesalahan, mereka masih naif dalam situasi-situasi tertentu. Namun, anak ini (Jude Bellingham), dengan caranya membawa serta menampilkan diri, (dia) bisa menjadi kapten sekarang juga,” pungkas Ferdinand.

Sekadar informasi, Bellingham bukanlah satu-satunya pencetak gol Inggris di laga kontra Iran dalam Piala Dunia Qatar 2022. Tim racikan Southgate tercatat sukses mengemas enam gol dan sempat kebobolan dua kali dalam pertandingan tersebut.

Lima angka The Three Lions lainnya dilesakkan oleh Bukayo Saka (’43, ‘62), Raheem Sterling (‘45+1), Marcus Rashford (’71), dan Jack Grealish (’90). Sementara itu, gol hiburan bagi kubu Tunisia bersumber dari aksi Mehdi Taremi (’65, ‘90+13).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Incaran Klub-Klub Besar

Bellingham telah menjadi target incaran populer di kalangan klub-klub papan atas sebelum dirinya mentas di Piala Dunia Qatar 2022. Performa cemerlang bersama Borussia Dortmund sejak awal musim ini diklaim menjadi pemicunya.

Manchester City, Manchester United (MU), Liverpool, Chelsea, hingga Real Madrid merupakan deretan tim yang rela antre untuk mendapatkan tanda tangan sang pemain.

Ferdinand mengaku bakal senang jika Bellingham mengikuti jejaknya pindah ke Old Trafford. Kendati demikian, ia tak yakin penggawa Die Borussen bakal memilih Setan Merah sebagai pelabuhan barunya.

“Jika Anda menempatkan diri di posisi Jude Bellingham sekarang, dengan (Manchester) City yang mengincarnya; Real Madrid, Barcelona, dan Bayern juga mungkin bakal mengejar dia… saya tidak melihat (Bellingham) bakal mengambil keputusan itu (bergabung dengan MU).”

3 dari 5 halaman

Ingin ke Real Madrid

Manchester United nampaknya memang tak masuk dalam daftar klub impian Bellingham. Laporan baru-baru ini mengeklaim sang pemain lebih ingin hijrah ke Bernabeu jika berpisah dengan Dortmund pasca Piala Dunia 2022.

Namun, kubu Bundesliga tentu tak akan menjualnya dengan harga murah. Die Borussen konon siap mematok biaya 100 juta euro untuk penggawa Timnas Inggris. Mereka pun bisa menaikkan tarif 150 juta euro di masa mendatang.

Chief Executive Borussia Dortmund, Hans-Joachim Watzke, menyadari pihaknya tak bisa bersaing dengan klub lain untuk memenuhi gaji tinggi Bellingham. Oleh karena itu, mereka siap melepas sang pemain jika ada tawaran yang cocok.

"Kami akan melakukan pembicaraan sekarang, tepat setelah Piala Dunia Qatar selesai. Setelah itu kami akan mengadakan diskusii fundamental soal apa yang diinginkan dia (Bellingham)," kata Watzke, dilansir dari Liputan6.com.

4 dari 5 halaman

Pertandingan Selanjutnya

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 Qatar masih akan bergulir hingga 18 Desember mendatang. Bellingham bersama Timnas Inggris dijadwalkan melakoni duel kedua Grup B kontra Amerika Serikat pada Sabtu (26/11/2022) pukul 02.00 WIB.

Selanjutnya, skuad racikan Gareth Southgate sudah ditunggu Wales di laga ketiga. Pertandingan antara kedua kesebelasan bakal dihelat di Al Rayyan Stadium pada Rabu (30/11/2022) mulai pukul 02.00 WIB.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.