Sukses

Ketum PSSI Berharap Jordi Amat dan Sandy Walsh Bisa Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule berharap dua pemain naturalisasi, Jordi Amat dan Sandy Walsh, bisa turut memperkuat Timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2022 yang dijadwalkan berlangsung pada akhir tahun ini.

Seperti diketahui, Jordi dan Sandy baru saja mengambil janji setia kewarganegaraan pada Jumat (17/11/2022). Keduanya resmi ditetapkan menjadi WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jakarta.

Walau begitu, Jordi dan Sandy belum bisa dipastikan membela Skuad Garuda di kompetisi sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara. Pasalnya, mereka terlebih dulu harus mengurus KTP, KK, dan paspor Indonesia, serta berpindah federasi dari negara asal ke Tanah Air.

“Kita berharap demikian (Jordi dan Sandy bisa ke AFF). Karena ini kalau KTP, KK, paspor cepat kita lampirkan lalu dikirim ke FIFA, FIFA nanti akan proses."

"Kita harap mungkin secara formal (permohonan dikirim lewat surat). Secara informal, saya akan sampaikan ke teman-teman di FIFA," ujar Iwan Bule saat ditemui di Kanwil Kemenkumham, Jakarta, pasca naturalisasi Jordi dan Sandy pada Kamis (17/11/2022).

Lebih lanjut, Iwan Bule mengungkap pihaknya belum bisa memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan kedua pemain untuk berpindah federasi. Pasalnya, urusan itu sepenuhnya menjadi kewenangan FIFA.

"Kita tunggu surat ke FIFA. Nanti FIFA yang lebih tahu. Yang jelas itu persyaratan yang harus dipenuhi, untuk bisa pindah federasi," sambung Iwan Bule dalam kesempatan yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Harus Gerak Cepat

PSSI memang perlu bergerak cepat jika ingin melihat Jordi Amat dan Sandy Walsh berlaga di Piala AFF edisi ini. Sebabnya, registrasi terakhir daftar pemain sementara untuk turnamen tersebut bakal ditutup pada 20 November 2022.

Meski terbilang mepet, Iwan Bule nampaknya cukup optimistis menanggapi potensi keikutsertaan kedua pemain di ajang sepak bola Asia Tenggara.

"InsyaAllah. Kalau pendaftaran, sudah masuk sebagai pemain timnas, tetapi kan nanti harus ada peralihan federasi. Itu penting, ya. Kalau didaftarkan ke timnas, itu sudah oleh Shin Tae-yong," beber dia.

3 dari 3 halaman

Senang Jadi WNI

Jordi Amat dan Sandy Walsh mengaku senang telah mendapat status sebagi Warga Negara Indonesia (WNI) secara resmi. Keduanya mengakui bahwa momen pengucapan sumpah pada Kamis (17/11/2022) merupakan peristiwa yang luar biasa bagi mereka.

"Ini adalah hari yang luar biasa. Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI, juga pemerintah Indonesia. Saya tidak bisa mendeskripsikan perasaan saya saat ini, tetapi saya sangat senang. Saya berjanji akan memberikan segalanya untuk negara ini, untuk negara kita," tutur Jordi.

"Saya cuma mau bilang terima kasih kepada semua pihak yang hadir di sini. Ini adalah hari yang spesial buat saya, buat keluarga saya, buat kakek dan nenek saya. Mereka pasti sangat bangga pada saya. Ini adalah momen yang membanggakan," ujar Sandy menimpali.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS