Sukses

Gareth Southgate Tak Panggil Jadon Sancho ke Skuad Inggris untuk Piala Dunia, Apa Alasannya?

Jadon Sancho tak dipanggil Gareth Southgate untuk memperkuat Timnas Inggris di Piala Dunia 2022. Selain karena performanya yang loyo bersama MU, ada hal lain yang juga dinilai mengganggu pelatih The Three Lions.

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2022 akan dimulai dalam hitungan hari. Kompetisi sepak bola paling akbar sedunia itu dijadwalkan menghelat pertandingan perdananya pada 20 November mendatang.

Sejumlah negara peserta telah mengumumkan daftar anggota skuad yang bakal tampil di ajang tersebut. Tak ketinggalan, Timnas Inggris di bawah asuhan Gareth Southgate juga mengungkap susunan pemainnya pada Kamis (10/11/2022).

Akan tetapi, bintang Manchester United (MU) Jadon Sancho rupanya tidak diikutsertakan oleh Southgate dalam skuad The Three Lions.

Laporan Metro menyebut keputusan sang pelatih murni didasari oleh alasan sepak bola. Sancho memang absen menjadi starter dalam lima pertandingan terakhir Setan Merah. Alhasil, peluang untuk tembus ke tim racikan Southgate di Piala Dunia terbilang nyaris mustahil.

Walau begitu, masih ada cerita lain di balik ketidaksertaan Sancho dalam FIFA World Cup edisi ini. Sikap kurang tepat waktu sang pemain juga diklaim menjadi faktor yang cukup menganggu juru taktik Timnas Inggris.

The Telegraph mengungkap eks penggawa Borussia Dortmund pernah datang terlambat ke pertemuan tim. Peristiwa itu terjadi kala Sancho menjadi bagian dari skuad The Three Lions dalam laga kualifikasi kontra Andorra pada Oktober 2021 lalu.

Menurut kabar, Southgate punya peraturan khusus dalam timnya. Ia tak bakal memulai pertemuan jika anggota yang hadir belum lengkap. Keterlambatan Sancho pun mau tak mau membuat pemain lain harus menunggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Satu-satunya

Sancho bukanlah satu-satunya nama beken yang tak dipanggil untuk memperkuat negaranya dalam pesta sepak bola termegah sejagat. Bek Liverpool, Joe Gomez, juga dipastikan gagal mentas bersama The Three Lions di Piala Dunia edisi ini.

Ketiadaan Gomez menjadi salah satu keputusan yang dianggap mengejutkan. Walau begitu, bukan tanpa alasan Gareth Southgate mencoret namanya. Performa sang pemain memang sedang melorot usai dibekap cedera.

Pemain Chelsea Reece James dan penggawa Everton Dominic Calvert-Lewin pun bernasib serupa. Mereka dicoret lantaran mengalami cedera.

Pelatih Timnas Inggris mengakui bahwa keputusan untuk tak memanggil James ke skuad adalah hal yang sulit. Akan tetapi, ia ogah bertindak arogan dengan ngotot membawa pasukan yang tidak bisa dimainkan.

“Kami membuat keputusan yang sulit terkait James, dia adalah pemain luar biasa. Akan tetapi, dia tidak bisa tampil. Saya tak bisa memilih pemain yang kondisinya dipertanyakan, itu akan dianggap arogan oleh banyak orang,” tutur Southgate.

3 dari 4 halaman

Kejutan Lain

Kejutan lain Timnas Inggris juga tersaji lewat kehadiran James Maddison. Pemain yang yang sudah mencetak enam gol dan empat assist dalam 12 penampilan Premier League bersama Leicester musim ini, sebelumnya diragukan masuk dalam skuad The Three Lions.

Southgate sebelumnya berulang kali mengabaikan sang pemain, termasuk saat memilih amunisi untuk putaran final Euro 2020. Tak heran jika sedikit terkejut menyaksikan kehadiran pemain berusia 25 tahun.

Sekadar informasi, Maddison sejauh ini baru sekali tampil bersama Timnas Inggris di level internasional. Kesempatan itu ia peroleh saat The Three Lions melakoni laga kualifikasi Euro pada 14 November 2019.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain

Berikut adalah daftar 26 pemain yang dipanggil Gareth Southgate untuk memperkuat Timnas Inggris di Piala Dunia 2022.

Kiper: Jordan Pickford (Everton), Nick Pope (Newcastle), Aaron Ramsdale (Arsenal)

Bek: Kyle Walker (Manchester City), Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Kieran Trippier (Newcastle), Ben White (Arsenal), Harry Maguire (Manchester United), John Stones (Manchester City), Eric Dier (Tottenham), Conor Coady (Everton), Luke Shaw (Manchester United)

Gelandang: Declan Rice (West Ham), Kalvin Phillips (Manchester City), Jude Bellingham (Borussia Dortmund), Jordan Henderson (Liverpool), Mason Mount (Chelsea), James Maddison (Leicester), Conor Gallagher (Chelsea)

Penyerang: Harry Kane (Tottenham), Callum Wilson (Newcastle), Bukayo Saka (Arsenal), Phil Foden (Manchester City), Raheem Sterling (Chelsea), Marcus Rashford (Manchester United), Jack Grealish (Manchester City)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.