Sukses

Trio Manchester United Masuk dalam Daftar 26 Skuad Portugal ke Piala Dunia

Trio Manchester United Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes dan Diogo Dalot telah dipilih dalam daftar 26 pemain terakhir Portugal untuk melakukan perjalanan ke Qatar.

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia hanya tinggal beberapa hari lagi dan Manchester United akan melihat diri mereka diwakili oleh tiga bintang mereka di tim asuhan Fernando Santos.

Portugal diperkirakan menjadi salah satu favorit untuk trofi sepakbola yang paling didambakan, yang kemungkinan akan menjadi yang terakhir bagi Cristiano Ronaldo.

Striker itu telah berjuang di Old Trafford musim ini, di mana ia kurang mencetak gol. Awalnya, pemain itu bahkan tidak menjadi starter untuk United dan banyak yang berpikir bahwa dia akan bergerak setelah Piala Dunia.

Namun, tidak ada keraguan pentingnya dia untuk skuad Portugal. Dia adalah pencetak gol terbanyak negara dan letnan teratas Santos.

Sementara itu, Fernandes tampil bagus untuk Setan Merah musim ini dan akan menjadi bagian dari lini tengah bertabur bintang Portugal yang mencakup pemain seperti Bernardo Silva, Ruben Neves dan Danilo Pereira.

Fernandes kemungkinan akan menempati peran playmaking pilihannya di tim Portugal di mana dia telah mengejutkan di masa lalu, terakhir ketika dia mencetak gol dalam kemenangan 4-0 melawan Republik Ceko di Nations League.

Adapun langkah Dalot yang luar biasa di bawah Erik ten Hag tampaknya telah mengingatkan Santos yang telah memasukkan bek dalam rombongan perjalanan.

Bek kanan berusia 23 tahun ini musim ini muncul sebagai salah satu bek sayap terbaik di negara ini dan akan memiliki kesempatan untuk bersaing dengan Joao Cancelo dari Manchester City untuk posisi tersebut.

Bisa juga Cancelo dimainkan di sebelah kiri seperti yang dia lakukan untuk City, yang memungkinkan Dalot untuk bermain di sebelah kanan. Mudah-mudahan, anak-anak United dapat melakukannya dengan baik dan membuat negara mereka bangga dengan warna Seleccao.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ronaldo Tetap Jadi Bagian Penting

Cristiano Ronaldo berada di puncak bermain di Piala Dunia kelima setelah disebutkan dalam skuad Portugal untuk turnamen 2022 di Qatar.

Pencetak gol internasional pria sepanjang masa dengan 117 gol, Ronaldo, 37, selalu diharapkan untuk dimasukkan meskipun ia berada di tengah-tengah kampanyenya yang paling sulit.

Tapi Ronaldo hanya mencetak tiga gol dalam 16 pertandingan di semua kompetisi dan menjadi starter hanya dalam empat pertandingan Premier League.

Ronaldo juga belum mencetak gol dalam tiga penampilan terakhirnya untuk Portugal, namun pelatih Fernando Santos tetap percaya kepada pemenang lima kali Ballon d'Or, yang menjadi kapten negaranya saat menjuarai Piala Eropa 2016 dan gelar UEFA Nations League 2019.

"Dalam empat pertandingan terakhir, Ronaldo telah bermain," kata Santos.  

"Dia saat ini bermain. Semua pemain yang saya panggil datang dengan rasa lapar untuk menang dan menjadikan Portugal juara dunia, termasuk Ronaldo. Saya percaya kami bisa menjadi juara dunia dan itulah yang bisa diberikan tim ini," tambahnya. 

3 dari 5 halaman

Komentar Ronaldo

Cristiano Ronaldo mengatakan dia siap untuk mengangkat nama Portugal sangat tinggi setelah disebutkan dalam skuad Piala Dunia Fernando Santos.

Pemain berusia 37 tahun itu akan menjadi pemain kelima yang tampil di lima final yang menurut banyak orang akan menjadi penampilan terakhirnya di panggung terbesar dunia. 

Setelah memenangkan setiap kehormatan besar di sepak bola klub Eropa, Piala Dunia adalah satu-satunya hadiah internasional yang belum ia dapatkan.

Portugal mengangkat trofi Euro 2016 sebelum meraih Liga Bangsa-Bangsa perdana pada 2019, tetapi yang terjauh yang mereka tempuh di Piala Dunia dengan Ronaldo di sampingnya adalah semifinal Jerman 2006.

Superstar ini memiliki rekor internasional sepanjang masa dengan 117 gol untuk negaranya dengan tujuh di antaranya terjadi di pertandingan Piala Dunia. Dia akan berharap untuk menembak lebih banyak saat negaranya tergabung dalam Grup H yang berisi Uruguay, Ghana dan Korea Selatan.

Melalui Instagram, Ronaldo menyampaikan pesan ketika pilihannya dikonfirmasi. "Sekali lagi, siap untuk mengangkat nama Portugal sangat tinggi! Ada 26 nama dalam daftar Tuan Fernando Santos, tetapi kita semua dipanggil! Ayo Portugal!"

4 dari 5 halaman

Rekam Jejak Ronaldo

Pemain berusia 37 tahun itu pertama kali dipilih untuk Piala Dunia 2006, ketika tim Portugal yang menampilkan pemain seperti Luis Figo, Deco dan Ricardo Carvalho maju ke semi-final sebelum disingkirkan oleh Prancis.

Ronaldo mencetak penalti melawan Iran di Jerman dan dia selalu mencetak gol di setiap turnamen sejak itu, menempatkannya di grup terpilih karena hanya Pele, Uwe Seeler dan Miroslav Klose yang dapat bergabung dengan Cristiano dalam mencetak gol di empat Piala Dunia terpisah.

CR7 masih kuat, yang berarti dia bisa membuat sejarah dan menjadi pemain pria pertama yang mendaftar di lima edisi acara olahraga utama dunia itu.

Meskipun, dengan tujuh gol, ia masih jauh di belakang rekor Klose yang mencatat 16 gol, ada dua tonggak lain yang bisa dicapai Ronaldo musim dingin ini.

Dua belas tahun adalah rentang terpanjang antara gol pertama dan terakhir pemain di turnamen dan dia akan keluar sendiri sebagai pemegang rekor baru dengan 16 jika dia mencetak gol di Qatar.

5 dari 5 halaman

Daftar 26 Skuad Portugal

Kiper: Diogo Costa (FC Porto), Jose Sa (Wolverhampton Wanderers FC), Rui Patricio (AS Roma).

Bek: Diogo Dalot (Manchester United), Joao Cancelo (Manchester City), Danilo Pereira (Paris St Germain), Pepe (FC Porto), Ruben Dias (Manchester City), Antonio Silva (SL Benfica), Nuno Mendes (Paris St Germain), Raphael Guerreiro (Borussia Dortmund).

Gelandang: Joao Palhinha (Fulham FC), Ruben Neves (Wolverhampton Wanderers), Bernardo Silva (Manchester City), Bruno Fernandes (Manchester United), Joao Mario (SL Benfica), Matheus Nunes (Wolverhampton Wanderers FC), Vitinha (Paris St Germain), William Carvalho (Real Betis), Otavio (FC Porto).

Striker: Cristiano Ronaldo (Manchester United), Joao Felix (Atletico Madrid), Rafael Leao (AC Milan), Ricardo Horta (SC Braga), Goncalo Ramos (FC Benfica), Andre Silva (RB Leipzig).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.