Sukses

Perbasi Ingin Cetak Lebih Banyak Pemain Seperti Derrick Michael

Di usia yang baru 19 tahun, Derrick Michael mampu menjadi andalan timnas senior Indonesia. Derrick kini sedang membuka jalan menembus NBA.

Liputan6.com, Jakarta- Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) genap berusia 71 tahun pada 23 Oktober 2022. Perayaan ulang tahun Perbasi baru digelar pada 8 November 2022 dengan sederhana di SMPN 74 Rawamangun, Jakarta Timur.

SMPN 74 dipilih sebagai lokasi perayaan ultah Perbasi karena merupakan tempat pebasket berbakat Indonesia Derrick Michael Xzavierro pernah bersekolah. Derrick saat ini menjadi harapan masa depan timnas basket Indonesia.

Di usia yang baru 19 tahun, Derrick Michael mampu menjadi andalan timnas senior Indonesia. Derrick membantu Indonesia untuk pertama kalinya meraih medali emas di cabang olahraga basket putra SEA Games di Hanoi Vietnam.

Nama Derrick makin dikenal dan dicintai fans basket tanah air usai tampil memukau bersama timnas Indonesia di FIBA Asia Cup 2022 yang berlangsung di Jakarta.

Derrick kini sedang meretas jalan menembus NBA. Dia baru saja masuk kampus Grand Canyon University Amerika Serikat dan akan bermain di Divisi I NCAA, kompetisi basket level universitas di Amerika Serikat.

Atas pencapaian Derrick ini Perbasi pun merasa perlu memberikan apresiasi terhadap pihak yang kontribusi atas perjalanan kariernya. Sehingga ultah ke-71 dirayakan di bekas sekolahan Derrick. Tak sekadar merayakan ultah, Perbasi juga merenovasi lapangan basket di SMPN 74.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Bedah Sekolah

"Ini bagian dari langkah Perbasi dalam menghargai prestasi pemain yang harumkan nama bangsa. Kami pilih SMPN 74 Rawamangun karena Derrick memang pernah belajar di sini dan sekolah ini ikut berkontribusi mengasah kemampuan bermain basket Derrick saat bermain bersama teman sekolahnya kala itu," jelas Ketum Perbasi Danny Kosasih.

Renovasi lapangan ini diharapkan bisa melahirkan talenta berbakat lain seperti Derrick Michael. Perbasi bertekad bisa menemukan Derrick Michael lain lewat program renovasi lapangan basket di sekolah-sekolah.

Tema HUT ke-71 Perbasi pun berbunyi "Mencetak lebih banyak Derrick Michael melalui renovasi lapangan demi prestasi membanggakan bola basket Indonesia di masa depan". Ke depannya tak cuma SMPN 74 yang lapangannya direnovasi. Sekolah-sekolah yang telah mencetak pebasket top juga akan kebagian.

"Semua siswa bisa mengikuti jalan Derrick dengan menyalurkan dan mengasah kemampuannya di lapangan ini. Derrick bisa menjadi inspirasi semua siswa bahwa jika bakat ditekuni dengan serius bisa membawa ke level lebih baik," terang sekjen Perbasi Nirmala.

3 dari 3 halaman

Harapan Sekolah

Sekjen wanita pertama di kepengurusan Perbasi menjelaskan, hari ulang tahun Perbasi yang ke-71 sengaja dirayakan dengan potong tumpeng dan renovasi lapangan basket karena dunia olahraga Indonesia masih berduka. Perayaan yang sederhana ini bagian dari empati Perbasi terhadap tragedi Kanjuruhan yang menelan korban 135 orang meninggal dunia dan ratusan orang terluka.

"Kesederhanaan saat hari ulang tahun Perbasi ini bagian dari empati pengurus terhadap tragedi Kanjuruhan. Hari ulang tahun yang biasanya dirayakan meriah, untuk kali ini kita isi acara bakti sosial dengan renovasi lapangan bolabasket di sekolahan dimana Derrick Michael pernah belajar," ujar Nirmala.

Sementara itu guru Derrick di SMPN 74 berharap sang pemain bisa terus berkibar kariernya dan menembus NBA seperti yang diharapkan semua pecinta basket Indonesia.

"Kami bangga Derrick sudah menjadi pebasket internasional. Doa terbaik untuk Derrick dan semakin sukses ke depan. Kami berharap Derrick tidak tinggi hati dengan kesuksesan yang telah diraih. Bolehlah sekali-sekali datang ke SMPN 74, lihat sekolahanmu dulu di sini dan kasih semangat kepada adik-adik yang ada di SMPN 74," ucap Pininta Tinambunan, Guru Agama Kristen Derrick Michael saat di SMPN 74 Jakarta Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.