Sukses

Guardiola Yakin Walker dan Phillips Pulih Jelang Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta Pep Guardiola yakin bintang Manchester City Kyle Walker dan Kalvin Phillips dapat pulih dari cedera pada waktunya untuk bermain untuk Inggris di Piala Dunia 2022 Qatar.

Walker telah absen sejak menderita cedera perut saat melawan Manchester United pada awal Oktober, sementara Phillips pulih dari operasi bahu pada September. 

Kedua pemain tetap absen tetapi manajer Manchester City Guardiola yakin mereka masih punya waktu untuk membuktikan kebugaran mereka kepada bos Inggris Gareth Southgate.

"Kemungkinan, dari cara mereka pulih. Dari apa yang saya dengar di ruang ganti, kemungkinan mereka sudah siap. Anda tidak bermain di Piala Dunia setiap minggu," kata Guardiola dikutip dari Firstpost, Rabu (2/11).

Mantan gelandang Leeds Phillips tampaknya menghadapi jalan yang lebih sulit ke Qatar setelah bermain hanya 14 menit musim ini. Phillips tidak akan tampil dalam pertandingan grup Liga Champions terakhir City melawan Sevilla pada Kamis (3/11).

Setelah itu, juara Liga Inggris itu akan menghadapi Fulham pada Sabtu, lalu melawan Chelsea di Piala Liga sebelum pertandingan terakhir mereka melawan Brentford jelang Piala Dunia. Itu memberi Phillips sedikit waktu untuk menunjukkan bahwa dia siap untuk tugas Piala Dunia.

Ketika ditanya kapan Phillips akan kembali, Guardiola berkata: "Saya tidak tahu. Dia melakukan sesi latihan parsial dengan tim, jadi belum ada kontak, tetapi kita akan melihat evolusi dan kebutuhannya," katanya.

"Saya tahu betapa pentingnya Piala Dunia, tetapi saya tidak akan menggunakan pemain jika mereka tidak siap secara fisik atau ritme. Kami akan mengevaluasi apakah dia dalam kondisi terbaik untuk bermain," tambahnya. 

"Kami terkesan dengan pemulihan Kyle tetapi dia terlambat dibandingkan dengan Kalvin."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cedera Haaland

Guardiola juga mengungkapkan City akan tanpa pencetak gol terbanyak Erling Haaland untuk lawatan ke Sevilla. Striker Norwegia, yang telah mencetak 22 gol dalam 16 penampilan City, melewatkan kemenangan di Leicester karena menderita demam dan masalah kaki.

Dengan yakin lolos ke 16 besar sebagai juara grup, Guardiola tidak berniat mempertaruhkan Haaland. "Dia merasa lebih baik tetapi masih belum 100 persen. Tidak ada gunanya mempertaruhkan dia. Mudah-mudahan kami bisa memilikinya melawan Fulham," katanya.

Dengan Piala Dunia dimulai hanya dalam tiga minggu, Guardiola akan memiliki waktu untuk istirahat ketika Liga Premier ditutup hingga 26 Desember. "Cara terbaik untuk menikmati pertandingan (Piala Dunia) adalah di rumah dengan anggur merah!" dia berkata.

"Kami akan memiliki satu atau dua minggu libur dan kemudian kami akan datang ke sini, mungkin pergi ke Abu Dhabi, mungkin mengatur pertandingan persahabatan. Ini tidak pasti, tetapi kami akan berlatih, kembali pada 28 November dan bersiap semaksimal mungkin;" tandasnya.

 

3 dari 5 halaman

Rashford Berbeda

Berbeda dengan pemain lain, bintang Manchester United Marcus Rashford justru mengaku tidak memikirkan Piala Dunia, menegaskan fokusnya 100 persen untuk Manchester United.

Rashford telah menemukan performa terbaiknya bersama MU. Musim ini, ia sudah mengemas tujuh gol dan tiga assist dari 15 laga. Terbaru, Rashford mencetak gol di dua laga beruntun, tepatnya saat MU mengalahkan Sheriff Tiraspol 3-0 di Liga Europa dan West Ham United 1-0 di Liga Inggris.

Namun, Rashford tidak memperdulikan kesempatanya main di Piala Dunia Qatar. Dia lebih pilih fokus pada dua laga sisa MU sebelum jeda Piala Dunia.

"Tidak pada saat ini. Saya berkonsentrasi pada pertandingan berikutnya. Kami harus mencoba dan terus memenangkan pertandingan di sini," ujar Marcus Rashford, dikutip dari Metro.

"Kami punya dua pertandingan liga lagi sebelum Piala Dunia. Jika kami memenangkan dua pertandingan itu, kami akan tetap berada di (perebutan) empat besar, jadi itulah yang saya fokuskan," tambahnya.

4 dari 5 halaman

Dipantau Southgate

Meskipun Rashford mengungkapkan tidak terlalu peduli dengan apakah ia akan terpilih dalam skuad Inggris atau tidak, pada kenyataannya pelatih Gareth Southgate tampak memantau perkembangannya. 

Pada akhir pekan kemarin, manajer Southgate terlihat menonton laga Manchester United vs West Ham. Di laga itu, Rashford tampil ciamik dan mencetak gol kemenangan MU atas sang tamu.

Eks pemain Totenham Hotspur Jermaine Jenas yakin Southgate pasti akan membawa Rashford ke Piala Dunia 2022 setelah melihat performa apik sang pemain.

"Setelah melihat pertandingan di Old Trafford pada hari Minggu kemarin, Gareth Southgate mungkin mempertimbangkan Rashford untuk langsung jadi starter di pertandingan pertama Piala Dunia nanti," sambung Jenas.

5 dari 5 halaman

Harus Dipilih

Selain itu, Jenas juga mengomentari di mana sebaiknya Rashford bermain di timnas Inggris. Ia menilai Rashford kurang cocok bermain sebagai penyerang tengah.

Ia yakin bahwa sang penyerang baru bisa mengeluarkan performa terbaiknya jika ia bermain lebih melebar di lini serang Inggris nanti.

"Saya rasa Rashford kurang maksimal jika dimainkan sebagai penyerang tengah. Bagi saya, posisi terbaiknya adalah bermain di sayap kiri seperti yang ia lakukan saat melawan West Ham," imbuhnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS