Sukses

Qatar Gandeng Suporter Bayaran untuk Nonton Piala Dunia 2022

Pihak penyelenggara mengkonfirmasi ada 50 penggemar Belanda yang akan dipilih jadi buzzer.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 Qatar bergulir dalam beberapa pekan mendatang. Masyarakat dunia pun bermimpi bisa datang ke negara Timur Tengah itu untuk menyaksikan secara langsung pemain-pemain hebat bersaing untuk trofi sepak bola paling bergengsi.

Sayangnya, bukan hal yang mudah bagi kaum 'pas-pasan' untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut. Mayoritas penggemar sepak bola akhirnya hanya puas dengan menyaksikan turnamen dari layar kaca di rumah masing-masing.

Tapi, baru-baru ini pihak penyelenggara Piala Dunia di Qatar dilaporkan akan membayar sekelompok penggemar sepak bola untuk melakukan perjalanan ke turnamen tersebut. Mereka hanya diminta untuk memberikan komentar positif dan meng-counter komentar negatif di media sosial sebagai balasannya. Kelompok ini biasa kita kenal sebagai 'Buzzer'.

Dilansir Malay Mail, Selasa (1/11/2022), Supreme Committee for Delivery & Legacy (SC) mengkonfirmasi kepada Penyiar publik Belanda NOS, tentang kebijakan mengundang kelompok pendukung ke putaran final sebagai tamu. Mereka mengatakan bahwa Qatar membayar untuk penerbangan dan hotel untuk sekelompok 50 penggemar Belanda.

Sebagai imbalannya, para pendukung ini harus menandatangani 'kode etik', mendesak mereka untuk memposting komentar yang menguntungkan tentang turnamen di media sosial dan untuk melaporkan komentar yang menyinggung, merendahkan, atau kasar oleh orang lain kepada SC, sebaiknya dengan tangkapan layar.

Penyiar publik Belanda NOS melaporkan, ada dua penggemar Belanda yang mengatakan mereka telah dipilih oleh penyelenggara turnamen sebagai "Pemimpin Penggemar", dan menambahkan bahwa mereka telah diminta untuk memilih 50 pendukung setia untuk perjalanan gratis ke Qatar.

"Saat turnamen semakin dekat, kami telah mengundang para pemimpin penggemar kami yang paling aktif untuk secara pribadi menominasikan sejumlah kecil penggemar untuk bergabung dengan kami sebagai tamu kami, sebagai cara berterima kasih kepada mereka atas kolaborasi mereka," kata juru bicara SC.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ratusan Penggemar

Di situs webnya, Piala Dunia Qatar menggambarkan program Pemimpin Penggemar sebagai jaringan sekitar 400 penggemar dan pemberi pengaruh dari 60 negara yang telah menawarkan wawasan, penelitian, pembuatan konten, dan penguatan pesan, untuk turnamen tersebut.

Penyelenggara tidak mengatakan berapa banyak penggemar yang mereka undang, atau memberikan rincian keuangan.

Dalam kode etiknya, SC meminta Pemimpin Penggemar untuk setuju untuk memasukkan kontennya ke dalam posting media sosial mereka dan untuk mendukung Piala Dunia dengan menyukai dan membagikan ulang posting oleh pihak ketiga tentang turnamen.

Ia juga menyatakan bahwa penggemar tidak diharapkan menjadi “juru bicara” untuk Qatar, tetapi menambahkan itu "jelas tidak pantas untuk meremehkan Qatar, Komite Tertinggi untuk Pengiriman & Warisan atau Piala Dunia FIFA."

Media Belgia dan Prancis juga melaporkan bahwa kelompok penggemar terpilih dari negara-negara ini ditawari perjalanan gratis ke Piala Dunia oleh Qatar.

3 dari 5 halaman

Banyak Kritik

Qatar menerima banyak kritikan terkait masalah hak asasi manusia jelang Piala Dunia 2022 berlangsung. Terbaru, SC memberikan respon terhadap protes Australia.

Sebanyak enam belas pemain Australia menyuarakan keprihatinan tentang catatan pelanggaran hak asasi manusia Qatar. Melalui sebuah video, mereka menyerukan reformasi pekerja lebih lanjut serta dekriminalisasi hubungan sesama jenis.

"Kami memuji para pesepak bola yang menggunakan platform mereka untuk meningkatkan kesadaran akan hal-hal penting," demikian isi pernyataan Komite Penyelenggara mengapresiasi pernyataan para pemain Australia, seperti dikutip dari Fox Sports.

Meski kritik dan proters terus berdatangan, Presiden FIFA Gianni Infantino mengungkapkan Piala Dunia akan mengubah stigma orang-orang terhadap negara di Timur Tengah.

 

4 dari 5 halaman

Anggap Tantangan

Qatar akan menjadi negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia ketika turnamen dimulai pada 20 November.  Catatan tentang hak asasi manusia di negara tersebut telah mendapat sorotan dari berbagai organisasi dan pesepak bola di seluruh dunia, termasuk Socceroos, julukan timnas Australia.

Komite itu juga menyatakan, segala upaya telah dilakukan untuk memastikan bahwa Piala Dunia ini memiliki dampak transformatif dalam meningkatkan kehidupan, terutama bagi mereka yang terlibat dalam pembangunan tempat kompetisi dan non-kompetisi.

"Melindungi kesehatan, keselamatan, keamanan, dan martabat setiap pekerja yang berkontribusi pada Piala Dunia ini adalah prioritas kami," tulis pernyataan tersebut.

5 dari 5 halaman

Telah Mereformasi

Socceroos, termasuk kapten Matt Ryan, mengakui adanya reformasi tempat kerja yang baru-baru ini dilakukan oleh pemerintah Qatar. "Tetapi implementasinya tetap tidak konsisten dan membutuhkan perbaikan," kata para pemain dalam pernyataan mereka.

Komite itu juga mengatakan, reformasi baru-baru ini yang diprakarsai oleh pemerintah Qatar akan mengubah budaya tempat kerja tetapi membutuhkan waktu untuk diterapkan sepenuhnya.

Reformasi ketenagakerjaan pemerintah Qatar diakui oleh ILO (Organisasi Buruh Internasional), ITUC, (Konfederasi Serikat Buruh Internasional) dan banyak organisasi hak asasi manusia sebagai patokan di kawasan itu.

Undang-undang dan reformasi baru, lanjutnya, sering membutuhkan waktu untuk diterapkan, dan penerapan undang-undang perburuhan yang kuat merupakan tantangan global, termasuk di Australia.

"Tidak ada negara yang sempurna dan setiap negara - tuan rumah acara besar atau tidak - memiliki tantangannya sendiri. Piala Dunia ini telah berkontribusi pada warisan kemajuan, latihan yang lebih baik, dan peningkatan kehidupan."

"Ini adalah warisan yang akan bertahan lama setelah bola terakhir ditendang," kata komite.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.