Sukses

Piala Dunia Sebentar Lagi, Cedera Alvaro Morata Bikin Panik Suporter Spanyol

Liputan6.com, Jakarta Kekalahan Atletico Madrid 3-2 di kandang Cadiz pada Sabtu (29/10) sepertinya telah menarik perhatian semua orang yang akan mendukung Spanyol di Piala Dunia 2022 Qatar. 

Pasalnya, setelah sepuluh menit pertandingan berlangsung, pemain pilihan pertama Spanyol nomor sembilan Alvaro Morata ditarik keluar karena cedera serius. Setelah beberapa menit perawatan, Morata terpaksa mundur, digantikan oleh Matheus Cunha.

Dengan Piala Dunia yang tinggal tiga minggu lagi, banyak yang bertanya-tanya apakah pelatih Spanyol, Luis Enrique mungkin harus mengatur ulang starting XI-nya untuk menemukan alternatif pengganti Morata.

Namun seperti dilansir Football Espana, Minggu (30/10), Diario AS mengatakan bahwa dia akan fit untuk Piala Dunia. Dia mungkin akan melewatkan pertandingan Atleti dengan Porto pada hari Selasa, tetapi itu seharusnya tidak menghalangi dia lebih dari itu.

Cedera Morata merupakan pukulan berat pada pergelangan kakinya, tapi itu hanya cedera benturan. Tanpa patah tulang atau masalah otot, ia harus melarikan diri hanya dengan memar.

Enrique telah memberikan daftar 55 pemain yang kemudian akan dipangkas menjadi 26 pada 11 November 2022 mendatang, atau sepekan lebih sebelum turnamen dimulai.

Menurut laporan Diario AS, daftar 55 pemain yang dipanggil Luis Enrique tidak akan dipublikasikan. Sebab, banyak pemain yang diproyeksikan masuk daftar panggil saat ini dalam kondisi cedera dan Enrique ingin memiliki fleksibilitas jika melakukan perubahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Sergio Ramos Punya Peluang

Bek Paris Saint-Germain, Sergio Ramos yang berusia 36 tahun dikabarkan bisa mempertahankan peluangnya yang tipis untuk masuk skuat Spanyol di Piala Dunia 2022, setelah tampil reguler bersama PSG sejak pulih dari cedera.

Ramos kemungkinan tidak akan masuk dalam daftar pilihan utama Enrique karena absen sejak Maret 2021 akibat masalah kebugaran. Tetapi, Enrique bagaimanapun butuh pemain berpengalaman dengan jiwa pemimpin seperti eks Real Madrid itu.

Nama-nama terkenal lain yang kabarnya juga masuk dalam daftar skuat sementara Spanyol adalah anak-anak muda seperti Nico Williams dan Alejandro Balde.

Salah satu pertanyaan besar saat ini adalah apakah Enrique cukup yakin untuk memberikan kesempatan kepada Ansu Fati yang tak memperoleh kesempatan reguler di Barcelona.

Fati muncul dua musim lalu dan terbukti sebagai bakat yang lincah. Dia mencetak 22 gol dan sembilan assist yang mengesankan dalam 74 penampilan untuk Barcelona. 

3 dari 5 halaman

Enrique Punya Banyak Pilihan

Di atas kertas, Enrique sebenarnya tidak akan kesulitan tidur dalam menentukan daftar pemain untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Dia sudah memiliki bayangan skuad yang diandalkan selama berkuasa.

Piala Dunia 2022 berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember. Adapun Spanyol tergabung di Grup E dengan Kosta Rika, Jepang, dan Jerman.

Spanyol memulai perjuangan mereka di Piala Dunia Qatar melawan Kosta Rika pada 23 November, sebelum bertemu sesama raksasa Eropa, Jerman empat hari kemudian.

Pertandingan grup terakhir La Roja adalah melawan Jepang pada 1 Desember. Mereka akan berharap berada di dua besar saat peluit akhir dibunyikan untuk melaju ke babak 16 besar.

Beberapa situs taruhan Piala Dunia menganggap Spanyol sebagai salah satu favorit untuk menjadi juara, mengulangi keberhasilan di Piala Dunia 2010.

4 dari 5 halaman

Opsi Potensial

Kiper Athletic Bilbao Unai Simon berada di posisi terdepan untuk menjadi kiper pilihan pertama Spanyol di Piala Dunia 2022 mengungguli Robert Sanchez dan David Raya.

Adapun kiper Manchester United David De Gea diperkirakan akan absen di Piala Dunia setelah dikeluarkan dari skuad untuk delapan pertandingan internasional terakhir.

Enrique dimanjakan dengan pilihan berlimpah di lini belakang. Bahkan, kemungkinan akan ada satu bek kelas dunia yang tidak dibawa.

Dani Carvajal, Eric Garcia, Aymeric Laporte dan Jordi Alba mungkin akan menjadi empat bek di Qatar 2022 yang dipastikan masuk dalam skuat.

Di lini tengah ada Thiago Alcantara, Sergio Busquets, Rodri, Pedri, Koke dan Gavi yang berada di urutan paling depan. Tetapi siapa yang bergabung dengan mereka masih belum jelas.

Di depan, Pablo Sarabia, Alvaro Morata, dan Ferran Torres menjadi kandidat terkuat. Namun, sejumlah nama berpotensi menggeser mereka. Di antaranya ada Yeremi Pino, Borja Iglesias, Ansu Fati, Rodrigo, dan Bryan Gil.

 

5 dari 5 halaman

Prediksi Starting XI Spanyol

Spanyol tidak diragukan lagi memiliki kemampuan untuk melangkah jauh di Piala Dunia 2022, meskipun apakah mereka dapat mengangkat trofi masih bisa diperdebatkan.

Catatan minor musim lalu menjadi penyebabnya. Spanyol tersingkir di babak penyisihan grup pada 2014 dan 16 besar empat tahun lalu.

Di sisi lain, ada tanda-tanda selama beberapa tahun terakhir bahwa Spanyol membuat kejutan di Qatar. Dan, pon pentingnya adalah seberapa tepat Enrique untuk memilih pemain ke Piala Dunia 2022.

Berikut prediksi Starting XI Spanyol:

Unai Simon, Dani Carvajal, Eric Garcia, Aymeric Laporte, Jordi Alba; Sergio Busquets, Koke, Pedri; Pablo Sarabia, Alvaro Morata, Ferran Torres.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS