Sukses

Ngebet Pindah dari MU, Cristiano Ronaldo Bisa Balikan dengan Mantan?

Cristiano Ronaldo punya opsi kembali ke mantan jika ia masih ngebet hengkang dari MU pada jendela transfer Januari.

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo punya opsi balikan dengan mantan jika ia masih ngebet ingin hengkang dari Manchester United (MU) pada jendela transfer Januari. Sporting Lisbon kabarnya tertarik memulangkan megabintang asal Portugal itu.

Seperti diketahui, situasi Ronaldo di Old Trafford belakangan sedang runyam. Ia baru saja menjalani hukuman usai ngacir lebih dulu kala skuadnya menang 2–0 atas Tottenham Hotspur dalam laga lanjutan Liga Inggris pada Kamis (20/10/2022) lalu.

Orang-orang awalnya mengira sikap CR7 merupakan buntut dari kekecewaan terhadap Erik ten Hag, yang tak kunjung menurunkannya di laga tersebut. Namun, belakangan terungkap bahwa Ronaldo sendirilah yang menolak dimainkan sebagai pengganti di babak kedua.

MU langsung memberi sanksi tegas kepada Ronaldo. Ia dicoret dari daftar pemain saat Setan Merah bertamu ke markas Chelsea pada Sabtu (22/10/2022). CR7 juga sempat diminta berlatih terpisah dari skuad utama, serta menerima pemotongan gaji dua pekan.

Tak hanya ganjaran klub, laporan mengeklaim Ronaldo turut mendapat hukuman sosial dari rekan-rekan setimnya di MU. Media Inggris The Sun menyebut mantan bintang Juventus sudah tak punya sekutu di Old Trafford.

Para pemain konon mulai frustrasi dengan sikapnya. Mereka menganggap CR7 tak menghargai perjuangan Setan Merah setelah mencuri kemenangan dari The Lilywhites.

Manajer MU sejatinya sudah mengadakan dialog dengan Ronaldo. Pemain berusia 37 tahun pun sudah diizinkan berlatih dengan skuad utama. Ia juga kemungkinan bakal dilibatkan ketika Setan Merah menghadapi Sheriff Tiraspol di Liga Europa.

Walau begitu, kabar kepindahan Ronaldo masih santer terdengar. Pihak CR7 sebelumnya disebut telah mulai bergerak mencari klub pengganti bagi pemain internasional Portugal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ditolak Tim Liga Inggris

Tim-tim di Liga Inggris, seperti Arsenal, Chelsea, dan Newcastle United pun kembali disodori peluang untuk mengontrak CR7. Namun, ketiganya masih enggan mendatangkan Ronaldo ke markas masing-masing.

“Chelsea tertarik pada Ronaldo di musim panas lalu, tetapi sang pemain tak lagi masuk dalam radar mereka (saat ini),” ungkap sumber yang tak disebutkan namanya kepada The Sun.

“Arsenal dan Newcastle menyadari kualitas yang dimiliki Ronaldo untuk bisa membantu mereka meraih ambisi. Namun, keduanya khawatir akan dampak lebih besar yang mungkin dirasakan klub akibat kedatangannya,” tambah sumber tersebut.

3 dari 5 halaman

Klub Alternatif

Walau begitu, bukan berarti Ronaldo tak punya alternatif lain untuk pindah. Bos Sporting Lisbon Ruben Amorim mengakui bahwa pihaknya berangan-angan memboyong CR7 kembali dari Manchester United.

Kepindahan ke klub asal Portugal bukanlah sesuatu yang mustahil untuk direalisasikan. Apalagi, Sporting Lisbon merupakan tempat dimulainya karier senior Ronaldo, sebelum ia hijrah ke Setan Merah pada 2003.

Sayangnya, persoalan biaya menjadi masalah yang harus dihadapi mantan klub CR7 jika ingin membajaknya dari raksasa Liga Inggris. Amorim sendiri tak menampik bahwa tim besutannya belum punya cukup dana untuk membayar gaji CR7.

“Ronaldo adalah pemain top. Dia merupakan penggawa Manchester United. Semua orang di Sporting mengimpikan kembalinya Cristiano (ke klub), tetapi kami tidak punya dana untuk membayar gajinya,” ujar Amorim, seperti dilansir dari Metro.

4 dari 5 halaman

Bukan Kali Pertama

Sekadar informasi, ini bukanlah kali pertama Ronaldo dikaitkan dengan pintu keluar Old Trafford. Eks pemain Juventus memaksakan diri hijrah ke klub lain pada musim panas lalu. Kegagalan Setan Merah mentas di Liga Champions disinyalir menjadi alasan di balik sikap itu.

Agen Ronaldo Jorge Mendes bergerilya mencari pelabuhan anyar bagi kliennya. Akan tetapi, eks bintang Real Madrid gagal menemukan tempat baru. Satu-satunya tawaran yang ia terima berasal dari kubu Arab Saudi, Al-Hilal.

Pemilik Chelsea Todd Boehly sejatinya dikabarkan tertarik menyewa jasa Ronaldo. Ia mencoba mengeksplorasi kemungkinan untuk mendatangkan sang pemain ke Stamford Bridge.

Akan tetapi, wacana tersebut ditolak oleh Thomas Tuchel–yang kala itu masih menjabat sebagai manajer The Blues. Juru taktik asal Jerman khawatir kehadiran CR7 bakal menganggu keharmonisan tiga penyerang pilihannya. Alhasil, Chelsea mengurungkan niat.

Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Paris Saint-Germain, dan Bayern Munchen menjadi target lainnya. Metro mengeklaim Mendes juga pernah melakukan pendekatan pada klub-klub tersebut, tetapi hasilnya nihil.

5 dari 5 halaman

Bertahan di MU

Cristiano Ronaldo mau tak mau harus bertahan di MU. Perannya mulai menurun di bawah era kepemimpinan Erik ten Hag. Ronaldo sering kali hanya diturunkan dari bangku cadangan.

Juru taktik asal Belanda jarang memberi kepercayaan bagi sang megabintang untuk bermain sejak menit pertama di pertandingan Liga Inggris. Ten Hag lebih suka menitipkan lini depan skuadnya pada pemain muda seperti Marcus Rashford.

Alhasil, Ronaldo kian melempem. Catatannya sejak awal musim 2022/2023 tak semoncer dulu. Ia baru bisa mengoleksi dua gol dari total 12 penampilan yang dilakoni di semua ajang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Sporting Lisbon