Sukses

F1 GP Singapura 2022: Diguyur Hujan Deras dan Rasakan Atmosfer Nonton Langsung

Liputan6.com, Singapura - Balapan Formula 1 (F1) GP Singapura di Sirkuit Marina Bay Street, Minggu (2/10/2022) malam WIB, harus tertunda hampir sekitar satu jam. Ini dikarenakan hujan deras yang mengguyur Negeri Singa.

Hujan diprediksi turun karena sejak sore hari cuaca di Singapura sangat mendung. Sehari sebelumnya, hujan juga sempat mengguyur sesi kualifikasi F1 GP Singapura.

Berkaca pada hal itu, Liputan6.com sudah menyiapkan Ponco sejak berangkat dari Village Hotel Katong, tempat menginap. Benar saja, ketika memasuki Sirkuit Marina Bay Street sekitar pukul 18:25 hujan rintik-rintik mulai turun.

Hujan semakin deras saat menaiki anak tangga menuju ke kursi penonton di Padang Grandstand. Kurang lebih hujan mengguyur sekitar satu jam.

Meski begitu, para penonton Formula 1 GP Singapura tetap antusias. Setelah hujan berhenti, kursi penonton secara perlahan mulai dipenuhi para pecinta balap jet darat ini. Selain melepas ponco, ada juga yang melipat payungnya.

Begitu mobil safety car masuk lintasan untuk mengecek kondisi, para penonton begitu antusias. Mereka seolah sudah tidak sabar untuk menyaksikan Lewis Hamilton dan lain-lain bersaing setelah dua tahun absen balapan di Singapura karena pandemi Covid-19.

Begitu pula dengan sweeping truck yang muncul usai mobil safety car. Kehadiran kedua mobil tersebut sebagai pertanda bahwa balapan F1 akan segera dimulai.

Apalagi, layar lebar yang terdapat di seberang tribun penonton memperlihatkan mobil para pembalap F1 keluar dari pit. Skitar pukul 20:25 waktu setempat, para pembalap memanaskan mobilnya dengan memutari sirkuit beberapa kali. Para penonton pun bergemuruh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Suasana balapan di tribun penonton

Sekitar pukul 21;15 waktu setempat, balapan Formula 1 GP Singapura akhirnya dimulai. Kondisi lintasan yang masih basar di sejumlah titik membuat pembalap membalap dengan ban basah. Mereka baru mengganti ke ban slick setelah hujan tidak lagi turun.

Liputan6.com benar-benar merasakan bagaimana perbedaan atmosfir menyaksikan langsung balapan Formula 1 dengan di televisi. Para penonton bergemuruh dan tepuk tangan begitu balapan akan dimulai.

Terkadang terdengar suara ough dari penonton saat ada mobil pembalap yang bersenggolan. Bahkan saat Max Verstappen dari tim Red Bull Racing keluar lintasan ketika mencoba menyalip pembalap McLaren Lando Norris terdengar dan terlihat ekspresi yang berbeda.

Ada yang berteriak aahh dengan suara kecewa saat Verstappen keluar lintasan. Tapi, ada juga penonton yang berdiri kegirangan sambil mengeluarkan suara yes dan mengepalkan tangan kanannya saat pimpinan klasemen F1 itu gagal.

Ekspresi penonton juga terlihat ketika pembalap Ferrari Charles Leclerc nyaris menyalip Sergio Perez dari Red Bull Racing. "Uuhh," teriak sejumlah penonton.

Hingga akhirnya para penonton pun berdiri dan memberikan applaus kepada Sergio Perez saat menyentuh garis pertama usai menyelesaikan balapan. Tepuk tangan juga diberikan kepada para pembalap lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Max Verstappen harus menunggu

Pembalap Red Bull Racing Sergio Perez memenangkan balapan Formula 1 (F1) GP Singapura 2022 di Sirkuit Marina Bay Street, Minggu (2/10/2022) malam WIB. Pembalap Ferrari Charles Leclerc finis di urutan kedua dan disusul rekan setim Carlos Sainz Jr.

Sementara Max Verstappen harus puas finis di posisi ketujuh. Pimpnan klasemen sementara dari tim Red Bull Racing itu harus menunggu untuk mewujudkan mimpi mempertahankan gelar juara dunia.

Verstappen bisa mewujudkan misi tersebut pada seru Formula 1 selanjutnya di Suzuka, Jepang, pekan depan.

4 dari 4 halaman

Hasil balapan

Posisi-Pembalap-Asal-Tim-Waktu

1 Sergio Perez MEX Oracle Bull Racing 59 Laps

2 Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari + 7.595s

3 Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari + 15.305s

4 Lando Norris GBR McLaren F1 Team + 26.133s

5 Daniel Ricciardo AUS McLaren F1 Team + 58.282s

6 Lance Stroll CAN Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team + 61.330s

7 Max Verstappen NED Oracle Red Bull Racing + 63.825s

8 Sebastian Vettel GER Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team + 65.032s

9 Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team + 66.515s

10 Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri + 74.576s

11 Valtteri Bottas FIN Alfa Romeo F1 Team Orlen + 93.844s

12 Kevin Magnussen DEN Haas F1 Team + 97.610s

13 Mick Schumacher GER Haas F1 Team + 1 Lap

14 George Russell GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team + 1 Lap

DNF

Yuki Tsunoda JPN Scuderia AlphaTauri

Esteban Ocon FRA BWT Alpine F1 Team

Nyck de Vries NED Williams Racing

Fernando Alonso ESP BWT Alpine F1 Team

Nicholas Latifi CAN Williams Racing

Guanyu Zhou CHN Alfa Romeo F1 Team Orlen

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS