Sukses

Jelang Arsenal vs Tottenham Hotspur, The Gunners Disebut Punya Peluang Besar untuk Jadi Juara Liga Inggris

Liputan6.com, Jakarta- Eks pesepak bola asal Prancis William Gallas meyakini Arsenal punya peluang lebih besar untuk memenangkan gelar Liga Inggris 2022/2023 ketimbang Tottenham Hotspur.

Seperti diketahui, kedua kesebelasan bakal terlibat derby London Utara dalam waktu dekat. The Gunners dan The Lilywhites dijadwalkan bersua dalam duel pekan kesembilan Premier League yang berlangsung di Stadion Emirates pada Sabtu (1/10/2022) pukul 18.30 WIB.

Bicara dari segi peringkat, Arsenal saat ini memang lebih unggul dibanding Spurs. Skuad asuhan Mikel Arteta bertengger di puncak klasemen sementara dengan torehan 18 poin. Sementara itu, Harry Kane dan kawan-kawan hanya menghuni urutan tiga, setelah tertinggal satu angka dari The Gunners.

Adapun Tottenham Hotspur sejatinya mampu mencatatkan hasil positif musim lalu. Mereka finis di peringkat empat, sehingga berhak mentas di Liga Champions 2022/2023. Walau begitu, Arsenal tampil lebih menjanjikan di kompetisi edisi ini. Gabriel Jesus bersama koleganya baru sekali kalah dalam tujuh pertandingan yang sudah dilakoni.

Kondisi tersebut membuat Gallas yakin Arsenal punya kesempatan lebih besar untuk merebut gelar Liga Inggris dibanding Tottenham Hotspur. Absennya The Gunners dari kompetisi sepak bola elite Eropa juga dipandang menjadi keuntungan tambahan bagi pasukan Meriam London.

"Saya rasa Arsenal punya peluang lebih besar untuk bersaing memperebutkan gelar dibanding Tottenham, karena mereka tidak bermain di Liga Champions musim ini," tutur Gallas kepada Genting Casino, seperti dilansir dari talkSPORT.

"Saya pikir mereka harus fokus pada gelar. Saya tidak tahu apa yang menjadi target mereka. Akan tetapi, mau itu empat besar atau podium juara, saya berharap Arteta memberi tahu anak asuhnya bahwa mereka punya peluang bagus untuk memperebutkan gelar musim ini," sambung sosok yang pernah membela Arsenal dan Tottenham Hotspur tersebut.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Tak Bisa Menentukan

Terlepas dari hal itu, Gallas mengaku tak bisa menentukan tim mana yang bakal menang dalam derby London Utara perdana musim ini. Menurutnya, Arsenal dan Tottenham Hotspur punya kesempatan 50:50 untuk meraup poin penuh.

"Bagi saya, (peluang kedua tim untuk menang) saat ini 50:50, meski Arsenal tengah berada di puncak liga dan telah memulai musim dengan sangat baik," ungkap Gallas.

"Mereka (Arsenal) gagal di Old Trafford, tetapi mereka masih berada di posisi teratas klasemen. Adapun Tottenham juga berada dalam situasi yang bagus. Walau belum menunjukkan permainan terbaik, Spurs masih mendapatkan hasil apik."

“Mereka (Tottenham Hotspur) memainkan sepak bola gaya Italia. (Itu) tidak terlalu enak untuk ditonton, tetapi saya pikir akan sangat sulit untuk bermain melawan Tottenham," pungkas eks pemain berusia 45 tahun tersebut.

3 dari 5 halaman

Main di Kandang

Lebih lanjut, Gallas tak menampik bahwa Tottenham Hotspur bermain sangat kompak. Kehadiran Harry Kane, Richarlison, dan Son Heung-min membuat The Lilywhites jago melakukan serangan balik. Kendati demikian, fakta bahwa Arsenal bakal main di kandang sendiri dinilai menjadi benefit bagi tim racikan Arteta.

"Mereka (Spurs) sangat kompak. Mereka suka bermain dalam serangan balik. Karena ada pemain seperti (Harry) Kane, Richarlison, dan Son (Heung-min), saya akan memilih 50:50 untuk game ini," tutur Gallas.

“Tapi Arsenal bermain di kandang. Bisanya ketika Anda bermain di kandang, Anda harus menang, terutama dalam derby besar seperti ini. Fans akan bersama-sama dengan Anda, jadi itu akan sedikit meningkatkan semangat."

"Bagi saya, Arsenal harus memenangkan pertandingan. Namun, Tottenham juga bagus saat ini sehingga (hal itu) tidak akan mudah," ujarnya lagi."

4 dari 5 halaman

Rekor Pertemuan

Sebagai informasi, Arsenal dan Tottenham Hotspur memang punya persaingan ketat di Liga Inggris. Dalam derby London Utara sebelumnya, kedua tim bergantian saling mengalahkan.

The Lilywhites menang 2-0 saat menjamu Arsenal di markasnya pada 6 Desember 2020 lalu. Hasil itu dibalas oleh The Gunners yang berjaya 2-1 atas Spurs dalam pertandingan yang berlangsung di Emirates, 14 Maret 2021.

Tottenham Hotspur kembali menuai kemenangan pada 8 Agustus 2021, sebelum ditaklukkan oleh Arsenal sebulan setelahnya. Teranyar, The Lilywhites menang 3-0 berkat aksi Harry Kane di menit ke-22 (P) dan 37 serta gol Son Heung-min ('47) pada 13 Mei 2022.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.