Sukses

Pemain Ini Terancam Absen di Piala Dunia, Dicap Lebih Pilih Barcelona Ketimbang Uruguay

Liputan6.com, Jakarta Ronald Araujo terancam absen di Piala Dunia 2022 Qatar. Dia dicap lebih memilih klubnya Barcelona ketimbang membela negaranya, Uruguay.

Piala Dunia 2022 sudah di depan mata. Ajang empat tahunan ini bakal berlangsung di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember.

Dua bulan jelang bergulirnya Piala Dunia, Ronald Araujo memilih untuk menjalani operasi.

Sebagaimana diungkapkan Barcelona dalam sebuah pengumuman pada Selasa (27/92022), Araujo akan menjalani operasi pada pekan ini.

Pemain berposisi sebagai bek tengah itu mengalami cedera paha saat menjalani tugas internasional dalam pertandingan uji coba lawan Iran.

"Ronald Araujo akan menjalani operasi pada Rabu untuk avulsi tendon adductor longus di paha kanannya," demikian pernyataan klub.

"Operasi akan dilakukan oleh Dr. Lasse Lempainen, di bawah pengawasan staf medis klub, di Turku, Finlandia."

Pasca operasi, Araujo diperkirakan bakal absen dua atau tiga bulan menurut sejumlah laporan di Spanyol. Itu akan membuatnya terancam tidak bisa membela Timnas Uruguay di kompetisi sepak bola terbesar tersebut di Qatar.

Sebelum mutuskan untuk operasi, Araujo dikabarkan bertemu dengan pelatih Barcelona Xavi Hernandez dan staf medis klub pada Senin kemarin untuk membahas langkah yang terbaik.

Padahal, tim medis Uruguay meminta kepada Araujo untuk menjalani pengobatan dengan metode lain agar pemulihannya lebih cepat dan bisa main di Piala Dunia 2022, Qatar.

Tim medis Uruguay menyarankan agar Araujo menjalani pengobatan konservatif. Dengan metode itu, Araujo bisa pulih lebih cepat

Operasi itu juga membuat Araujo absen dari pertandingan-pertandingan penting klub, termasuk sisa fase grup Liga Champions dan El Clasico pada 16 Oktober.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Dicap Lebih PIlih Barcelona

Keputusan Araujo melakukan operasi dua bulan sebelum Piala Dunia, dinilai banyak pihak bahwa sang pemain lebih memprioritaskan klub dibanding negaranya.

Namun, Araujo membantah rumor itu dan mengatakan dengan tegas bahwa dia mencintai tim nasional. "Saya mencintai negara saya dan saya mencintai timnas saya," tulis Araujo di Twitter.

"Setelah berkonsultasi dengan beberapa profesional, kami memutuskan bahwa pilihan terbaik adalah operasi. Ini bukan tentang memilih satu atau yang lain, ini tentang kesehatan dan kembali ke 100 persen sesegera mungkin."

3 dari 6 halaman

Barcelona Menderita

Jeda internasional Barcelona menderita. Cedera Araujo merupakan pukulan besar bagi Barcelona karena sang bek menjadi sosok kunci di jantung lini belakang tim asal Catalan itu.

Pada jeda internasional ini, pemain-pemain seperti Jules Kounde, Memphis Depay, dan Frenkie de Jong semuanya kembali lebih awal dari tim nasional mereka setelah mengalami masalah cedera.

Terbaru, bek kanan Hector Bellerin menambah krisis pemain Barcelona. Eks pemain Arsenal itu mengalami masalah betis saat menjalani sesi latihan.

"Hector Bellerin telah melaporkan masalah di betis kirinya selama sesi latihan Selasa pagi. Pada Rabu, dia akan menjalani serangkaian tes untuk menentukan tingkat cederanya," tulis Barcelona di situs resmi mereka.

4 dari 6 halaman

Grup Uruguay

Uruguay melenggang ke Piala Dunia Qatar 2022 setelah finis peringkat tiga pada kualifikasi zona CONMEBOL, di belakang Brasil dan Argentina.

Luis Suarez dan kolega berada di grup kuat pada Piala Dunia 2022. Mereka akan bersaing dengan Korea Selatan, Portugal, dan Ghana untuk memperebutkan tiket 16 besar.

Di pertandingan pembuka, mereka sudah harus berhadapan dengan salah satu kekuatan Asia, Korea Selatan, kemudian bertemu juara Piala Eropa 2016, Portugal, sebelum ditantang Ghana di laga terakhir.

5 dari 6 halaman

Sempat Pecat Pelatih

Dalam perjalananya merebut tiket Piala Dunia 2022, Uruguay sempat memecat pelatih Oscar Tabarez. Pasalnya, mereka sempat terlempar dari zona aman akibat menderita empat kekalahan berturut-turut di babak kualifikasi.

Menyusul hasil yang mengecewakan itu, Tabarez pun dibebastugaskan per November 2021, sekaligus mengakhiri 15 tahun kepemimpinannya di timnas Uruguay.

Posisinya digantikan Diego Alonso, dan Uruguay pun berhasil memenangi empat pertandingan tersisa.

Uruguay menutup putaran kualifikasi dengan mengumpulkan 28 poin, berkat delapan kemenangan, empat kali imbang dan enam kekalahan.

6 dari 6 halaman

Jadwal Timnas Uruguay

Kamis, 24 November 2022

Uruguay vs Korea Selatan: 23.00 WIB

Selasa, 29 November 2022

Portugal vs Uruguay: 02:00 WIB

Jumat, 2 Desember 2022

Ghana vs Uruguay: 22.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.