Sukses

Bintang Jerman Komentari Protes Jelang Piala Dunia 2022: Sudah Telat 12 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Bintang Bayern Muenchen, Joshua Kimmich sedang berada di pusat latihan timnas Jerman dalam rangka persiapan menghadapi pertandingan UEFA Nations League 2022 kontra Hungaria dan Inggris.

Di sisi lain, Kimmich juga tidak tertarik untuk berkomentar mengenai penyelenggaraan Piala Dunia Qatar 2022. Menurut sang gelandang sudah terlambat karena Piala Dunia 2022 sebentar lagi akan dimulai.

"Sebagai pemain, Anda pasti selalu menantikan Piala Dunia. Ada banyak yang dibahas ataupun masalah mengenai penyelenggaraan Piala Dunia disana, tapi itu sudah terlambat 12 tahun. Semua orang sudah mengetahui kondisi di Qatar, sebelum Piala Dunia ditetapkan disana," ujar Kimmich seperti yang dikutip dari media Jerman, Bild, Rabu (21/9/2022).

Di sisi lain, Kimmich yakin Jerman bisa menang dalam laga UEFA Nations League 2022, walaupun sang lawan Hungaria dipandang tidak akan mudah menyerang menurutnya.

"Hungaria adalah lawan yang cukup berat. Saya jarang sekali bertemu dengan lawan yang bertahan sangat displin seperti mereka. Belum lagi, mereka memiliki suporter yang sangat hebat saat berada di stadion mereka," ungkap pemain berusia 27 tahun tersebut.

Belum lagi, dia menyakini komposisi pemain timnas Jerman saat ini apalagi di lini depan sangatlah baik. 

"Gaya permainan Jerman dan Muenchen sangatlah mirip. Meskipun kami akan berubah taktik tergantung lawan yang ada. Kami juga memiliki sektor penyerang no.9 yang cukup baik mulai dari Timo Werner hingga Kai Havertz yang saat ini bermain sebagai penyerang di klubnya. Belum lagi ada Lukas Nmecha sebagai pilihan lain," kata Kimmich.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Timnas Jerman Gelar Pemusatan Latihan di Oman

Piala Dunia Qatar 2022 tinggal dalam hitungan bulan, tapi menarik dilihat penginapan atau tempat para timnas peserta memilih tempat untuk tinggal. Bahkan sudah menyiapkan tempat pemusatan latihan sebelum pertandingan yang nanti digelar di Qatar.

Salah satunya adalah timnas Jerman. Tim Panser sudah memilih mengadakan kamp persiapan untuk Piala Dunia di Muscat, Oman dari 14-18 November, seperti dikutip dari harian The Times, Jumat (16/9).

Pihak Asosiasi Sepak Bola Oman membenarkan berita tersebut melalui sang presiden Salem bin Saeed Al-Wahaibi. Dia mengatakan sudah mencapai kesepakatan kerja sama dengan pihak Jerman.

"Presiden Asosiasi sepak bola Oman, Salem bin Saeed Al-Wahaibi sudah mencapai kesepakatan dengan Jerman dan sudah berkoordinasi dengan Kementrian Kebudayaan, Olahraga dan Pemuda untuk menjadi tuan rumah bagi timnas Jermain di Kesultanan Oman. Nantinya, dari Oman, timnas Jerman akan bertolak ke Qatar untuk berpartisipasi di Piala Dunia 2022," demikian pernyataan yang disampaikan.

"Menurut perjanjian yang sudah ditandatangani antara kedua pihak, tim nasional Jerman akan mengadakan kamp persiapaan di ibukota Muscat, dari 14-18 November 2022. Dimana nantinya mereka akan memainkan pertandingan persahabatan dengan tim nasional Oman pada 16 November 2022 di Kompleks Olahraga Sultan Qaboos di Bosher," sambung pernyataan selanjutnya.

 

3 dari 5 halaman

Jerman Jadi Tim Unggulan di Piala Dunia 2022

Jerman menjadi tim yang ditakuti karena banyak mengantongi trofi Piala Dunia. Timnas Jerman mengoleksi empat trofi Piala Dunia, yakni 1954, 1974, 1990 dan 2014.

Meski demikian, Jerman pernah memiliki pengalaman buruk di Piala Dunia 2018, yakni gagal menebus fase grup. Kala itu, mereka finis di posisi juru kunci setelah hanya mengoleksi 3 poin dari 3 laga di bawah Korea Selatan, Meksiko dan Swedia.

Di babak kualifikasi Piala Dunia 2022, Jerman hampir mengumpulkan poin sempurna, yakni 27 poin dari 10 pertandingan, dengan 9 kemenangan dan satu kekalahan.

Berada di Grup E, membuat pelatih Jerman Hansi Flick merasa sedikit cemas karena skuadnya berada di antara tim berpengalaman. Namun, Jerman sudah memiliki target besar di Piala Dunia 2022.

"Ini tak akan mudah, tetapi kami sudah menetapkan harapan yang tinggi untuk kami pada turnamen ini," tutur Hansi Flick melalui laman resmi tim.

Flick juga menanggapi hasil undian, setelah mengetahui Jerman tergabung di Grup E. "Hasil undian seperti ini tidak dapat memberikan pilihan lain. Kita perlu mengetahui apa yang akan terjadi. Ini adalah grup yang menarik dan menyernangkan bagi kita," ucapnya.

4 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Jerman di Piala Dunia 2022

Rabu, 23 November 2022

Pukul 20:00 WIB: Jerman vs Jepang (Stadium Internasional Khalifa)

Senin, 28 November 2022

Pukul 02:00 WIB: Spanyol vs Jerman (Stadium Al Bayt Al Khor)

Jumat, 2 Desember 2022

Pukul 02:00 WIB: Kosta Rika vs Jerman (Stadium Al Bayt Al Khor)

5 dari 5 halaman

Emtek Grup Manjakan Pecinta Bola

SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Grup yang memegang hak siar Piala Dunia 2022 bakal memanjakan pecinta bola di Indonesia dengan berbagai tayangan seru selama perhelatan ajang empat tahunan tersebut di Qatar. Berbagai program sudah disiapkan.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan O Channel. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

Selain menghadirkan tayangan langsung laga Piala Dunia 2022, SCM juga akan menyajikan beberapa ulasan berita seputar gelaran empat tahunan ini. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS