Sukses

Yuzu Isotonic Magelang Open 2022: Atlet Bulu Tangkis PB Djarum Berpeluang Kuasai Podium Juara

Dari 11 kategori yang dipertandingkan di Yuzu Isotonic Magelang Open 2022, sembilan di antaranya diisi oleh atlet bulu tangkis PB Djarum pada laga final.

Liputan6.com, Magelang - Atlet-atlet PB Djarum berpeluang menguasai podium juara pada gelaran Yuzu Isotonic Magelang Open 2022. Sebab, dari 11 kategori yang dipertandingkan, sembilan di antaranya diisi oleh atlet badminton binaan klub asal Kudus, Jawa Tengah, tersebut.

Salah satunya adalah Calvin Kennedy Chendrawinata yang turun di nomor Tunggal Putra U-15. Atlet bulu tangkis PB DJarum ini meraih tiket final usai mengalahkan Tegar Alfarisi Jalu Pamungkas dari PMS Solo melalui pertandingan sengit dengan skor 21-18 dan 21-10 selama 32 menit.

Calvin mengaku sempat kewalahan menghadapi pukulan-pukulan tajam dari Tegar. Keduanya bermain ngotot, tak mau kalah, saling serang tanpa jeda untuk lolos ke partai puncak Yuzu Isotonic Magelang Open.

Namun berkat tampil secara prima dan berhasil memanfaatkan celah lawan, Calvin menungguli Tegar 11-7 di interval gim pertama. Pada gim kedua, lulusan Audisi Umum PB Djarum 2017 ini bermain lebih tenang dan memimpin tempo pertandingan.

"Tegar adalah lawan yang cukup sulit buat saya. Karena, dulu dia juga satu klub dengan saya di PB Djarum," kata Calvin, yang merupakan juara USM Flypower Open 2018, setelah bertanding di GOR Djarum Magelang, Jawa Tengah, Jumat (16/9).

"Sekarang banyak permainan baru yang dia tampilkan, sehingga saya harus mengatasi bola-bola sulit dari dia. Saya sempat kelelahan dari gim pertama sampai sebelum interval gim kedua. Itu karena baik saya atau Tegar sama-sama saling tidak mau ngalah dalam permainan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerahkan seluruh kemampuan

Pada laga final, Sabtu (17/9), Calvin akan menghadapi rekan satu klubnya yang menempati unggulan kedua, Yudha Rendra Wijaya. Yudha lolos ke final setelah mengalahkan unggulan ketiga Fathan Nugraha Mulyawan, yang juga wakil PB Djarum, dengan skor 21-16, 21-9.

Bagi Calvin, pertemuan dengan Yudha di partai puncak cukup menantang. Dia siap mengerahkan seluruh kemampuan demi meraih gelar juara.

"Saya dan Yudha sudah saling tahu pola permainan masing-masing. Tinggal nanti masalah siapa yang lebih siap di final. Saya optimis untuk menang dan bisa juara," ujar Calvin.

Menariknya, jika di sektor Tunggal Putra U-15 mereka berdua adalah rival, namun keduanya adalah rekan duet di nomor Ganda Putra U-15.

 

3 dari 3 halaman

Kesiapan fisik

Partai final Yuzu Isotonic Magelang Open 2022 bakal menjadi tugas berat bagi tiga pemain PB Djarum Calvin Kennedy Chendrawinata, Yudha Rendra Wijaya, dan Erni Rusliana, serta wakil Champion Klaten Aurellia Florenza Lumoindong. Sebab, mereka lolos ke final pada sektor tunggal dan ganda. Kesiapan fisik tentunya diperlukan untuk bermain rangkap di kejuaraan ini.

Sementara itu, kesempatan menjadi juara juga terbuka bagi pasangan Ganda Putri U-11 Bethary Dinda Annisa dan Shafira Atha Azzalia. Senyum merekah terpancar dari wajah keduanya yang tak mampu menyembunyikan rasa gembira setelah memastikan diri melaju ke partai puncak.

Dua atlet perwakilan PB Djarum ini menembus final usai unggul atas pasangan satu asrama di Kudus, Kalia Rahmadani/Tiyas Anggraeni. Menempati unggulan teratas, Dinda/Shafira menang 21-14 dan 21-19 dalam tempo 24 menit.

Baru dipasangkan pada turnamen ini, Dinda/Shafira mengaku harus lebih membangun chemistry satu sama lain agar dapat bermain secara all out. "Tadi kita berdua mainnya lumayan tegang, lalu lawan juga sudah unggul duluan di gim pertama, dan imbasnya banyak mati sendiri. Ke depannya kita akan berusaha lebih klop," kata Dinda.

Dinda dan Shafira merasa bangga dengan pencapaiannya di sektor ganda. Pasalnya, di nomor tunggal langkah keduanya terpaksa harus terhenti. "Kita senang banget bisa masuk final di ganda," ucap Shafira. "Kita berdua sebenarnya pengen masuk final di tunggal, tapi kita bisa masuknya di ganda. Tetap kami harus bersyukur," pungkasnya

Partai final Yuzu Isotonic Magelang Open 2022, Sabtu (17/9), bisa disaksikan secara live streaming di akun YouTube PB Djarum dan TVRI kanal 4. Kejuaraan skala nasional yang didukung oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation ini memperebutkan total hadiah Rp 164 juta untuk 11 kategori yang dipertandingkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini