Sukses

Robek Gawang Maccabi Haifa di Liga Champions, Lionel Messi Salip Rekor Cristiano Ronaldo

Lionel Messi menjadi pencetak gol pertama bagi timnya yang mengantar PSG berjaya atas Maccabi Haifa di matchday kedua Grup H Liga Champions 2022/2023. Tak hanya menandai comeback Les Parisiens, gol tersebut juga membuat Messi sukses menyalip rekor Cristiano Ronaldo.

Liputan6.com, Jakarta - Lionel Messi lagi-lagi tampil sebagai sosok penting bagi Paris Saint-Germain (PSG) pada musim ini. Pemain asal Argentina itu sukses mengantar timnya menang 3–1 atas Maccabi Haifa dalam matchday kedua Grup H Liga Champions 2022/2023 di Stadion Sammy Ofer, Kamis (15/9/2022).

Sebagai informasi, tim tuan rumah sejatinya memimpin lebih dulu lewat gol Tjaronn Chery di menit ke-24. Les Parisiens baru berhasil menyamakan kedudukan usai Lionel Messi mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-37.

La Pulga menjebol gawang Maccabi Haifa dengan menyambar bola tembakan Kylian Mbappe yang membentur bek lawan. PSG lantas memastikan kemenangan di babak kedua berkat aksi Mbappe dan Neymar.

Kedua pesepak bola kompak menyumbang angka di menit ke-69 dan 88, yang mengantar Les Parisiens berbalik unggul dengan 3–1 atas klub Israel.

Hasil tersebut membuat PSG kini menghuni puncak klasemen sementara Grup H dengan torehan enam poin. Benfica menempel tepat di bawahnya setelah mengoleksi kemenangan di dua laga perdana Liga Champions.

Tak hanya menandai comeback PSG, Lionel Messi juga berhasil memecahkan rekor berkat golnya di matchday kedua. Eks penggawa Barcelona menjadi pemain pertama yang mampu membobol gawang lawan 18 musim berturut-turut di kompetisi sepak bola elite Eropa.

Dilansir dari Metro, Messi sebelumnya memegang rekor mencetak gol 17 musim beruntun bersama Karim Benzema. Namun, penyerang berusia 35 tahun sanggup lebih dulu melampaui catatan tersebut lantaran Benzema masih ompong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Salip Cristiano Ronaldo

La Pulga juga sukses menyalip raihan rival lamanya, Cristiano Ronaldo. Gol di laga kontra Maccabi Haifa membuat Messi menyandang predikat sebagai pemain yang sanggup melesakkan bola ke gawang 39 tim berbeda di Liga Champions.

Rekor ini sempat dimiliki bersama oleh Messi dan Ronaldo setelah keduanya membobol jaring 38 lawan. Namun, pemain Paris Saint-Germain (PSG) kini resmi melewati rekor CR7, yang hanya mentas di Liga Europa sebab timnya gagal tembus empat besar Liga Inggris musim lalu.

Adapun Karim Benzema menjadi pesaing terdekat Messi dalam kompetisi Liga Champions 2022/2023. Bintang Real Madrid itu tercatat telah mengoyak jaring 34 klub. Sayang, kondisi cedera yang dialaminya membuat sang pemain belum bisa menyeimbangkan torehan La Pulga.

3 dari 4 halaman

Rekor Lain

Walau begitu, ada sejumlah rekor lain yang saat ini masih berada dalam dekapan Cristiano Ronaldo. Megabintang asal Portugal itu unggul dalam hal catatan gol dan jumlah pertandingan Liga Champions ketimbang Lionel Messi.

Ronaldo tercatat telah mengoleksi 140 gol sepanjang penampilannya dalam kompetisi sepak bola elite Eropa. Sementara itu, Lionel Messi saat ini masih tertinggal dengan 126 gol.

CR7 juga menjadi pesepak bola yang paling banyak merumput di Liga Champions. Eks pemain Juventus sudah memainkan 187 pertandingan di ajang tersebut. Adapun Lionel Messi baru mengoleksi 158 laga. La Pulga bahkan tercecer dari Iker Casillas yang telah tampil 181 kali.

4 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

PSG tampil menakan sejak awal ketika bertandang ke markas Maccabi Haifa pad Kamis (15/9/2022). Namun, Les Parisiens kesulitan mencetak gol ke gawang tim tuan rumah.

Maccabi secara mengejutkan justru unggul lebih dulu ketika pertandingan baru memasuki menit 24. Klub Israel merebut penguasaan bola PSG dan melakukan serangan balik cepat yang dituntaskan Tjaronn Chery menjadi gol lewat tendangan voli.

Keunggulan Maccabi tak bertahan lama. Di menit 37 papan skor sudah imbang 1-1. Lionel Messi menjebol gawang Maccabi usai menyambar bola tembakan Kylian Mbappe yang membentur bek lawan.

Di babak kedua PSG makin bernafsu menekan Maccabi. Gol kedua akhirnya tercipta pada menit 69. Mbappe yang mencetak gol usai meneruskan umpan Messi.

PSG mengakhiri perlawanan Maccabi berkat gol Neymar di menit 88. Pemuda Brasil itu menuntaskan umpan manja dari gelandang Marco Verratti. Skor 3-1 bertahan hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.