Sukses

Susunan Pemain Indonesia vs Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Marselino Starter, Ronaldo Cadangan

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah menyusun kekuatan terbaik demi meraih kemenangan atas Timor Leste pada kualifikasi Piala Asia U-202 2023. Salah satunya dengan memberi kepercayaan kepada gelandang berbakat Marselino Ferdinan.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia mengawali perjuangan di kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Rabu (14/9/2022). Pada laga pembuka, Garuda Nusantara berhadapan melawan Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

Pelatih Shin Tae-yong sudah menyusun kekuatan terbaik demi meraih kemenangan. Salah satunya dengan memberi kepercayaan kepada gelandang berbakat Marselino Ferdinan. Namiun, Ronaldo Kwateh tidak mendapat tempat di tim utama pada laga Indonesia vs Timor Leste.

Mayoritas pemain andalan yang tampil di Piala AFF U-19 beberapa waktu lalu juga dipertahankannya sebagai starter. Beberapa di antaranya adalah Cahya Supriadi, Muhammad Ferrari, Kakang Rudianto, Arkhan Fikri, hingga Hokky Caraka.

Dengan komposisi ini, Indonesia berharap bisa memetik tiga poin. Kemenangan jadi harga mati jika ingin lolos ke Uzbekistan. Pasalnya Timor Leste merupakan lawan terlemah di Grup F. Dua tim lain yang akan dihadapi Indonesia selanjutnya adalah Hong Kong dan Vietnam.

Sesuai peraturan, hanya satu tim yang akan lolos langsung ke putaran final Piala Asia U-20 2023 yakni sang juara grup. Adapun runner-up grup harus bersaing menjadi yang terbaik dengan tim dari grup lainnya.

Laga timnas Indonesia U-20 melawan Timor Leste akan berlangsung mulai 20.00 WIB. Pertandingan ini bisa disaksikan melalui Indosiar maupun live streaming di Vidio.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesan Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong menyadari betul pentingnya laga kontra Timor Leste. STY meminta anak asuhnya tetap waspada dan tak terlena. Pria Korea Selatan itu berharap Indonesia menghindari membuat kesalahan sendiri.

"Kami siap bekerja keras dan bermain maksimal demi asal lolos ke Piala AFC U-20 tahun depan. Para pemain sudah mengalami perkembangan dan kemajuan yang baik. Kami siap bersaing dengan tiga negara peserta di grup ini," kata Shin Tae-yong.

"Timor Leste semakin membaik timnya dan saya telah menonton pertandingan mereka di Piala AFF U-19 2022. Kami tidak boleh lengah, bola itu bundar. Kami tidak boleh meremehkan siapapun. Saya akan memberikan motivasi kepada pemain Indonesia agar tidak lengah dan memberikan yang maksimal," kata STY.

Indonesia mendapat modal bagus karena akan bermain di kandang sendiri. Pemain andalan timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan juga sudah mengenal betul Stadion Gelora Bung Tomo. Pasalnya klub Marselino, Persebaya Surabaya, juga bermarkas disana.

"Bermain disini (Stadion Gelora Bung Tomo) menjadi tambahan motivasi buat saya dan rekan-rekan lainnya. Kami yakin mampu meraih kemenangan melawan Timor Leste. Meski begitu, kami tak ingin meremehkan mereka dan jangan lengah," kata Marselino di situs resmi PSSI.

Sementara itu pelatih Timor Leste Gopalkrishnan A S Ramasamy mengingatkan anak asuhnya agar tidak mudah terpancing emosinya saat bersua Indonesia di laga pertama.

"Pertandingan ini memang sarat akan emosi. Akan tetapi, saya tegaskan agar para pemain tetap fokus pada permainan sepak bola dan tidak terbawa emosi," kata Gopalkrishnan A S Ramasamy.

"Timor Leste sedang menjalani program pengembangan. Kami tidak ada strategi khusus, namun akan memberikan sebuah penampilan terbaik," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Indonesia: Cahya Supriadi; Robi Darwis, Muhammad Ferrari, Dimas Juliono Pamungkas; Kakang Rudianto, Marselino Ferdinan, Frengky Missa, Arkhan Fikri, Ginanjar Wahyu Ramadhani; Rahmat Beri Santoso, Hokky Caraka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.