Sukses

Apakah Tujuan Utama Permainan Sepak Bola?

Permainan sepak bola memiliki tujuan utama demi mencapai kemenangan sebuah tim.

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola menjadi olahraga paling populer di dunia. Ini terlihat dari banyaknya jumlah penonton yang menyaksikan Piala Dunia. Pada tahun 2006 lalu, turnamen empat tahunan itu diperkirakan telah disaksikan lebih dari 30 miliar penonton dan tercatat sebagai tayangan olahraga paling populer di dunia setelah criket dan hoki lapangan. 

 

Namun sepak bola tidak melulu bermuara pada prestasi. Olahraga ini juga merupakan bagian dari sebuah permainan yang menyenangkan. Bahkan ketika dimainkan di lapangan yang tidak sesuai dengan standar sekalipun.  

Lalu apa sebenarnya tujuan utama bermain sepak bola? Jawabannya simpel. Inti dari permainan 11 lawan 11 ini adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya dan menendang bola ke gawang lawan.

Untuk itu, pemain perlu menggiring dan mengoper bola kepada rekan setim, hingga mendekati gawang lawan. Semakin banyak peluang yang dihasilkan, maka semakin dekat pula suatu tim mencapai kemenangan.

Pada permainan sepak bola, para pemain berlomba-lomba mencetak gol sebanyak mungkin demi meraih kemenangan untuk timnya.

Meskipun tujuan permainan sepak bola adalah mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang lawan, pemain juga perlu mempertahankan gawangnya sendiri.

Terlebih lagi, kiper yang bertugas sebagai penjaga gawang, menjadi penentu keberhasilan tim dalam memenangkan suatu pertandingan.

Pemain sepak bola perlu mengetahui prinsip dasar dalam permainan sepak bola. Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VII, prinsip dasar permainan sepak bola, diantaranya adalah prinsip dasar menendang bola, menahan bola, menggiring bola, gerak tipu, menyundul bola, merebut bola dan lemparan ke dalam.

Keahlian pesepakbola dalam memainkan bola sangat berpengaruh pada kualitas pertandingan yang akan diikutinya. Tanpa adanya teknik yang baik, pesepakbola tidak mungkin dapat menguasai ataupun mengontrol bola.

Simak teknik menedang bola ke arah gawang lawan yang benar di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teknik Menendang Bola Ke Gawang Lawan

Pemain sepak bola perlu memiliki keahlian untuk menendang bola ke arah gawang. Terdapat 3 teknik menendang bola ke arah gawang yang dinilai efektif, yaitu teknik instep drive, teknik lob dan teknik swerve shot.

Teknik Instep Drive

Teknik instep drive adalah cara menendang bola dengan menggunakan punggung kaki. Teknik ini, umumnya dilakukan dari jarak jauh.

Teknik instep drive menggunakan tenaga dari punggung kaki dan dilakukan di bagian atas kaki yang menyentuh langsung bagian bola yang akan ditendang.

Teknik Lob

Teknik lob biasa digunakan pada situasi pemain bertahan melihat kiper dari lawan berada di posisi yang jauh dari gawangnya.

Pemain akan menendang bola dengan cara mengangkat bola hingga melampaui kiper sehingga bola dapat mengarah ke gawang tanpa penjagaan kiper.

Teknik Swerve Shot

Teknik swerve shot merupakan teknik menendang bola dengan cara memutarnya. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam.

Teknik inilah yang digunakan pemain untuk mendapatkan bola di sekitar lawan dan mengembalikan bola kearah target sasaran, yakni memasukan bola ke gawang lawan dengan memutar bola dan menendangnya.

3 dari 4 halaman

Gerak Lokomotor, Non Lokomotor dan Manipulatif Dalam Permainan Sepak Bola

Dilansir melalui buku Aktif Berolahraga – Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, dalam permainan sepak bola terdapat gerak lokomotor, non lokomotor dan manupulatif.  

Gerak lokomotor adalah gerakan yang dilakukan dengan cara berpindah tempat. Sedangkan, nonlokomotor merupakan gerakan yang tidak berpindah tempat. Gerak manipulatif adalah gerakan yang melibatkan benda di luar tubuh kita.

Variasi Gerak Dasar Lokomotor

- Melangkah dan berlari

- Berjalan dan berlari berkelok-kelok

- Berlari dan melompat

Variasi Gerak Dasar Non Lokomotor

- Menekuk dan mengayun kaki

- Berdiri, menekuk kaki dan menarik kaki

- Meliukan badan ke belakang dan mengayunkan badan

- Berdiri dan mengayunkan lengan

Variasi Gerak Dasar Manipulatif

- Menggelindingkan dan menendang bola

- Menghentikan dan menendang bola

- Menggiring dan menendang bola

4 dari 4 halaman

Tujuan Lain Permainan Sepak Bola

Setelah mengetahui tujuan utama permainan sepak bola adalah mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang lawan dengan lama waktu yang ditentukan, ternyata permainan sepak bola memiliki tujuan lain.

Inilah tujuan lain permainan sepak bola:

Melatihan Kecerdasan Otak

Permainan sepak bola dikenal sebagai salah satu jenis olahraga yang penuh strategi. Setiap pemain selalu dituntut untuk bisa menguasai beragam teknik sepak bola.

Dengan memikirkan strategi dan teknik yang digunakan, para pemain sepak bola secara tidak langsung telah mengasah kecerdasan otak.

Menciptakan Solidaritas

Setiap pemain akan berusaha mencapai kemenangan dengan cara melengkapi satu sama lain, dari sanalah, pemain dapat melatih kerja sama, kekompakan, hingga akhirnya terbentuklah solidaritas.

Kunci keberhasilan sebuah tim dilandaskan pada kekompakan dan solidaritas. Melalui kedua hal inilah, pemain akan mudah berinteraksi dan berlaga di lapangan.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Dalam permainan sepak bola, tubuh banyak melakukan gerak yang baik untuk kesehatan. Mulai dari melancarkan peredaran darah, meregangkan otot dan menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, sepak bola juga bisa membuat berat badan tubuh semakin ideal. Umumnya, seseorang yang melakukan olahraga ini memiliki bentuk tubuh yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.