Sukses

Banyak Dapat Dukungan, M. Budiana Siap Lanjutkan Estafet Kepemimpinan di KONI Jabar

Beberapa cabor, KONI Kota/Kabupaten, hingga badan fungsional sudah menyatakan kesiapan memberikan dukungan pada M. Budiana

Liputan6.com, Jakarta Teka teki bakal calon Ketua Umum KONI Jabar masa bakti 2022-2026 mendatang dari internal kepengurusan kini terjawab. M. Budiana yang saat ini menjabat sebagai Ketua Harian, siap melanjutkan estafet kepemimpinan Ahmad Saefudin.

Pria yang memiliki nama lengkap Muhammad Budiana ini, bukanlah sosok baru di dunia olahraga Jawa Barat. Lebih dari 15 tahun, Budiana sudah bergelut dalam dunia olahraga di Tanah Pasundan. Kiprahnya dalam pembinaan olahraga prestasi pun tidak bisa dipandang sebelah mata.

Pada periode kepemimpinan Ahmad Saefudin, M. Budiana memegang jabatan sebagai Wakil Ketua I yang membidangi organisasi. Kemudian berlanjut di periode kedua hingga saat ini dengan menjabat sebagai Ketua Harian pasca reshufle kepengurusan.

“Berbekal pengalaman di organisasi olahraga mulai dari kecaboran, KONI daerah, hingga saat ini di level provinsi, Insha Allah dengan mengucap Bismillahirohmanirrohim, saya siap untuk maju meneruskan estafet kepemimpinan Pak Ahmad Saefudin sebagai Ketua Umum KONI Jabar masa bakti 2022-2026 dan menjaga budaya Jabar Juara untuk Indonesia,”tegas M. Budiana.

Terkait dukungan dari anggota KONI Jabar sebagai bekal maju pada konstelasi pemilihan Ketua Umum, Budiana mengaku sudah mengantonginya. Beberapa cabang olahraga, KONI Kota/Kabupaten, hingga badan fungsional sudah menyatakan kesiapan memberikan dukungan.

“Kesiapan saya maju sebagai Ketua Umum KONI Jabar masa bakti 2022-2026 pun berawal dari dorongan teman-teman dari cabor, KONI daerah, serta badan fungsional. Yang pasti akan saya ungkapkan saat nanti pada proses pendaftaran,” tegas M. Budiana yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua harian cabang olahraga E Sport Jawa Barat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Estafet Kepemimpinan

Jika dipercaya sebagai Ketua Umum KONI Jabar, Budiana menegaskan akan melanjutkan estafet kepemimpinan Ahmad Saefudin. Dia mengaku sudah memiliki program kerja yang akan dituangkan dalam visi misi.

Pencapaian prestasi olahraga Jabar di ajang PON XXI tahun 2024 hingga mendukung keprestasian olahraga nasional di ajang SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade akan menjadi muara dari program kerja yang disiapkannya.

Peningkatan keberpihakan kepada pembinaan olahraga prestasi kepada cabang olahraga, KONI kota/kabupaten serta badan fungsional, akan menjadi titik sentral dari KONI Jabar ke depan. Termasuk inovasi-inovasi akan dilakukan diberbagai bidang serta kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menunjang pencapaian Jabar Juara sebagai mana visi misi Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

3 dari 4 halaman

Mitra Pemerintah

“Bagaimana pun juga, KONI ini sebagai kepanjangan tangan dan mitra pemerintah dalam bidang olahraga prestasi. Sehingga kepengurusan KONI Jabar ini akan berupaya dan berusaha sekuat tenaga menciptakan dan melanjutkan keprestasian olahraga untuk mengharumkan nama Jabar seperti yang sudah dilakukan kepengurusan KONI Jabar di bawah kepemimpinan Pak Ahmad Saefudin dengan meraih juara umum PON dua kali berturut-turut," katanya.

"Tidak hanya ‘dekat’ dengan pemerintah saja, tapi juga bagaimana kita ikut mewujudkan dan berkontribusi pada pencapaian visi misi pemerintah. Itu yang utama dan penting,” kata Budiana.

4 dari 4 halaman

Karier

Karier Budiana di dunia olahraga Jabar bermula dari cabang olahraga Karate di Kabupaten Bandung sekitar tahun 2000-an. Saat itu, sosok yang humble namun tegas ini, dipercaya mengemban tugas sebagai Ketua Harian Federasi Olahraga Karate Indonesia (FORKI) Kabupaten Bandung. Setelah itu dia tampil sebagai Ketua Umum FORKI Kabupaten Bandung masabakti 2005-2009.

Berkat tangan dinginnya, Karate Kabupaten Bandung pun semakin disegani yang dibuktikan dengan lahirnya atlet-atlet karate berbakat dan potensial tidak hanya di level provinsi, tapi juga nasional.

Salah satu atlet karate yang bersinar kala itu adalah Sandi Firmansyah. Bahkan, hingga saat ini Sandi menjadi atlet andalan Jabar hingga Indonesia diberbagai ajang kejuaraan karate di level nasional maupun internasional.

Keberhasilan, kegigihan, serta pengabdian M. Budiana dibidang olahraga pun mendapatkan apresiasi di level provinsi. Hingga saat ini, nama M. Budiana tercatat sebagai Dewan Penasehat kepengurusan FORKI Jabar.

Tak hanya ditingkat cabang olahraga, M. Budiana pun dipercaya sebagai pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.