Sukses

Floyd Mayweather Jr Naik Ring Lagi, Hadapi Atlet MMA di Jepang

Floyd Mayweather Jr pensiun dari tinju pro sejak 2015 dengan rekor tak terkalahkan dalam 50 laga.

Liputan6.com, Jakarta Floyd Mayweather Jr kembali naik ring. Petinju asal Amerika Serikat itu bakal 'manggung' lagi di Jepang, September ini, menghadapi atlet MMA, Mikuru Asakura.

Rencana duel sebenarnya sudah diumumkan Juni lalu. Namun saat itu tanggal dan lokasinya belum pasti.

Seperti dilansir dari Marca, duel melawan Asakura akhirnya ditetapkan berlangsung 25 September 2022 di  Saitama Super Arena. Ini bukan pertarungan pertama The Money di Jepang. Sebelumnya, Mayweather Jr sudah pernah bertanding melawan altet kick boxer, Tenshin Nasukawa di Negeri Matahari Terbit.

Dalam laga tersebut, Mayweather Jr menang TKO setelah memukul jatuh Nasukawa tiga kali. Asakura yang mengantongi rekor bertanding 16-3 tentu tidak ingin bernasib sama dengan rekan senegaranya itu. 

"Nama saya Mikuru Asakura dan saya akan berhdapan dengan Floyd Mayweather Jr. Saya adalah atlet MMA, tapi saya akan mengambil kesempatan ini dan memakai Mayweather Jr untuk menaikkan nama dan nilai saya di level internasional. Saya akan memenangkan duel ini," ujar Mikuru Asakura saat jumpa pers.

Sementara itu, Mayweather Jr yang telah memutuskan pensiun dari tinju pro pada 2015 lalu tetap menyambut antusias pertarungan melawan Asakuru. Meski hanya ekshibisi, dia ingin tampil menghibur.

"Jejak saya sudah ditetapkan, tetapi masih bagus untuk berkeliling dunia dan menghibur orang-orang dari semua lapisan masyarakat dengan pertarungan ekhibisi ini," kata Floyd Mayweather Jr.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Duel Usai Pensiun

Mayweather Jr telah pensiun sejak 2015 lalu. Dia gantung sarung tinju tanpa pernah terkalahkan. Sepanjang kariernya, Mayweather Jr mencatatkan rekor bertanding 50-0-0.

Meski sudah pensiun, Mayweather Jr tidak menolak untuk naik ring dalam laga ekshibisi. Sebelumnya, dia juga pernah bertanding melawan atlet UFC, Conor McGregor dan memenangkan duel pada ronde ke-10. 

Mayweather Jr mendapat bayaran sebesar 373 juta USD untuk partai tersebut.

Setahun kemudian, Mayweather Jr kembali naik ring menjajal atlet kick boxer Jepang, Tenshin Nasukawa. Dalam duel ini, The Money juga menang TKO usai memukul jatuh lawan 3 kali di ronde pertama. Hanya dalam waktu 139 detik, The Money sukses memboyong bayaran sebesar 9 juta USD.

Mayweather Jr juga pernah berhadapan dengan Youtuber, Logan Paul di mana duel berakhir imbang. 

 

 

3 dari 4 halaman

Kaya Raya

Sepanjang kariernya, Mayweather Jr telah mengalahkan petinju-petinju hebat di eranya. Sebelum pensiun, The Money juga sukses menang angka atas petinju asal Filipina, Manny 'Pacman' Pacquiao.

Mayweather Jr tidak hanya dikenal lewat kemampuan bertinjunya saja. Pria yang sudah berusia 43 tahun itu piawai dalam 'menjual' diri di atas ring. Mayweather Jr dikenal sebagai petinju dengan bayaran termahal dan beberapa kali masuk dalam jajaran atlet terkaya versi majalah Forbes.

Sejauh ini, belum diketahui berapa bayaran yang akan diterima Mayweather Jr untuk laga eksebisi tahun depan. Hanya saja, jumlahnya dipastikan tidak akan sedikit mengingat sesuai julukannya The Money, Mayweather Jr tidak ingin bertanding dengan bayaran yang dianggapnya terlalu rendah.

Pada November 2021, Sportico merilis daftar pendapatan atlet sepanjang masa. Mayweather berada di peringkat ke-6 dengan total 1,2 miliar dolar yang disesuaikan dengan inflasi dalam karirnya.

4 dari 4 halaman

Kesehatan yang Utama

Meski kerap memenangkan laga ekshibisi, Mayweather Jr tidak pernah berpikir untuk kembali ke dunia tinju profesional. Kalaupun ingin bertanding, pria berusia 43 tahun itu hanya meladeni laga eksebisi yang dianggap tidak terlalu membahayakan dirinya, termasuk seperti melawan McGrgegor.

"Conor McGregor tidak bisa memukul. Dia tidak bisa meninju," ujar Mayweather Jr dalam acara podcast Shannon Sharpe 'Club Shay Shay'. "Saya bersenang-senang saat itu. Saya tidak menerima pukulan sama sekali dan saya masih mendapat fasilitasku. Jadi kenapa aku harus keluar dan bertarung melawan petinju-petinju muda ini--singa-singa muda--dan membahayakan kesehatanku?" katanya.

"Kesehatanmu adalah kekayaanmu," beber Mayweather Jr.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.