Sukses

Liga Basket Pelajar DBL Bergulir Lagi dengan Penonton, Seri Jakarta Diikut 80 Sekolah

DBL 2022 seri Jakarta kini bisa disaksikan penonton penuh. Format pun kembali seperti semula saat sebelum Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Berangsur membaiknya pandemi virus corona Covid-19 membuat Liga Bola Basket Pelajar Honda DBL with KFC 2022 kembali bisa bergulir dengan format lama. DBL Seri Jakarta kembali dimainkan dengan format empat region seperti musim 2018 dan 2019.

DBL sempat terkena imbas pandemi Covid-19. Kompetisi tak digelar pada tahun 2020. Sedangkan tahun 2021, kompetisi memang digelar lagi tapi dengan format yang dimodifikasi untuk menyesuaikan kondisi.

Pada DBL 2021, seri Jakarta hanya digelar di satu lokasi yakni GOR Cempaka Putih dan tanpa Champonship Series. Pertandingan juga digelar tak bisa dihadiri penonton.

Memasuki musim 2022, DBL seri Jakarta akan kembali dibagi empat region yakni West Region (Jakarta Barat), North Region (Jakarta Pusat dan Jakarta Utara), South Region (Jakarta Selatan), dan East Region (Jakarta Timur). Juara dan runner-up dari masing-masing region, akan kembali bersaing pada fase puncak Championship Series untuk menentukan tim penyandang champion putra dan putri Seri DKI Jakarta.

Persaingan DBL 2022 seri Jakarta sudah dimulai pada Senin (29/8/2022). West Region yang membuka DBL seri Jakarta, berlokasi di GOR Grogol. Di West Region, peserta ada 18 tim dengan rincian 10 putra dan delapan putri. Sedangkan untuk seri Jakarta, DBL total diikuti 140 tim dari 80 sekolah se-DKI Jakarta.

"Tahun lalu DBL tanpa penonton dan di seri Jakarta hanya 1 wilayah aja di Cempaka Putih. Ketika itu tidak seperti biasanya karena masih Covid-19. Tahun ini setelah pemerintah bilang bisa dengan penonton kita kembali lagi dengan penonton dan format yg seperti sebelum Covid-19 dimana di Jakarta ada 4 wilayah dan ditutup Championship Series," tutur Yondang Tubangkit, General Manager DBL Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penonton

Persaingan di DBL 2022 semakin seru karena kehadiran penonton yang sudah bisa datang langsung ke arena asalkan sudah di vaksin Covid-19. DBL mensyaratkan penonton dan pemain usia di bawah 17 tahun harus sudah disuntik vaksin dua kali. Sedangkan yang di atas 17 tahun wajib sudah booster.

"Tidak terasa akibat pandemi sudah dua tahun kita semua tidak melihat penonton dan suporter yang begitu heboh seperti ini. Kerinduan itu akhirnya terjawab sekarang. Namun, kami akan tetap menghimbau kepada seluruh peserta yang terlibat dan penonton agar mematuhi protokol kesehatan yang berlaku,” lanjut Yondang.

Bergulir kembalinya DBL dengan format reguler seperti sebelum Covid-19 juga mendapat sambutan positif dari Perbasi. Wakil ketua Perbasi George Fernando Dendeng mengaku senang DBL bisa bergulir lagi karena bagus untuk pembibitan pemain basket muda.

3 dari 3 halaman

Perbasi

"Ini panggung yang bagus untuk anak di kelompok SMA. Perbasi selalu mendukung DBL. Bagaimana pun selama covid-19 hampir tidak ada kompetisi, saat sudah bisa kita dukung. Tujuannya mencari pemain nasional yang terbaik untuk dipilih demi Timnas Indonesia. Kami hadir tidk sekadar membuka turnamen tapi juga juga scouting lagi untuk kedepannya," tutur George kepada awak media.

Selain mencari siapa tim yang menyandang predikat champion putra dan putri Honda DBL with KFC 2022 Seri Ibu Kota, gelaran ini juga untuk menjaring siapa saja student-athlete dan pelatih yang berhak terpilih sebagai KFC First Team dan Second Team 2022 DKI Jakarta Series. Mereka yang terpilih akan mengikuti KFC DBL Camp pada 2023 mendatang. Disana akan diseleksi menjadi KFC DBL Indonesia All-Star yang akan terbang ke Amerika Serikat untuk belajar dan bertanding sekitar Mei 2023 nanti.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.