Sukses

Bikin Kejutan, Timnas Hoki Putri Indonesia Tembus Final Piala Asia 2022

Liputan6.com, Jakarta Kejutan membanggakan dibuat timnas hoki indoor putri Indonesia. Mereka sukses menembus babak final Kejuaraan Hoki Indoor Piala Asia 2022. Padahal Timnas Hoki Indoor Putri tidak masuk dalam peringkat dunia.

Pada babak semifinal yang digelar di Indoor Stadium Huamark Bangkok, Thailand, Sabtu (13/8/2022), Timnas asuhan pelatih asal Malaysia, Muhammad Dhaarma Raj Abdullah yang menjadi runner up Grup A tampil luar biasa. Indonesia sukses mengubur impian juara Grup B, Malaysia lewat gol tunggal Desi Ratna Wardani.

Dalam pertandingan ketat ini, kiper utama Timnas Hoki Putri Indonesia, Putri Krismonita juga menjadi bintang. Dia sukses menggagalkan tembakan penalti pemain Malaysia, Nuraini Abdul Rashid.

"Ini prestasi yang sangat luar biasa. Timnas Hoki Indoor Putri Indonesia itu tercatat tidak ada dalam rangking dunia tetapi mampu membuat kejutan dengan menembus babak final Asia Cup 2022. Prestasi yang tidak mudah diraih," kata Pelatih Kepala Timnas Hoki Indonesia, Dhaarma Raj kepada wartawan.

Prestasi apik timnas hoki putri ini menambah panjang pencapaian emas olahraga hoki Indonesia di tahun 2022. Sebelumnya Timnas Hoki Outdoor putra dan putri merebut tiket ke Asian Games 2022 Hangzhou.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Lawan Thailand di Final

"PP FHI mengapresiasi perjuangan keras anak-anak dan pelatih atas prestasi yang telah dicapai. Kini, Timnas Hoki Indoor Putri Indonesia telah mencatat prestasi membanggakan dimana pertama kali dalam sejarah mampu menembus final di Asia Cup sejak hoki berdiri," timpal Sekjen Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI), Yasser Arafat Suaidy yang dihubungi Sabtu (13/8/2022).

Perjalanan Rahma Dwi Aulia dan kawan-kawan untuk melangkah ke semifinal lewat perjuangan keras. Pada babak penyisihan Grup A, Timnas Hoki Indoor Putri yang dimanejeri H Syahrir meraih 3 kemenangan dan 1 hasil imbang. Mengalahkan Iran dengan skor 3-1, bermain imbang dengan peringkat ke-11 dunia, Kazakhstan 2-2, menang telak atas Pakisatan 16-0 dan mengalahkan Chinese Taipei 5-3.

Indonesia akan tampil di babak final padaSenin, 15 Agustus 2022, Timnas Hoki Indoor Putri Indonesia akan berhadapan dengan tuan rumah Thailand yang merupakan runner up Grup B. Thailand melenggang ke final setelah mengalahkan juara Grup A, Kazakhstan dengan skor 6-0 di laga semifinal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Tambah Motivasi

"Saya rasa keberhasilan mengalahkan Malaysia itu akan menambah memotivasi anak-anak untuk bisa memberikan penampilan lebih baik lagi sekaligus meraih gelar juara Asia Cup 2022," kata Dhaarma Raj, panggilan akrabnya.

"Ya, kita berharap anak-anak bisa mempersembahkan kado istimewa buat Kemerdekaan RI ke-77," tambah Yasser Arafat.

Sekadar diketahui, Timnas Hoki Indoor Putri Indonesia tidak masuk dalam peringkat dunia karena PP FHI baru menjadi anggota Federasi Hoki Internasional (IHF) pada tahun 2021. Dan, ini pertama kali Timnas Hoki Indoor Indonesia tampil di Asia Cup.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS