Sukses

4 Pebasket Muda Indonesia Terpilih Ikut Basketball Without Borders dari NBA

Liputan6.com, Jakarta- National Basketball Association (NBA), International Basketball Federation (FIBA), dan Basketball Australia (BA) baru saja mengumumkan daftar 64 putra dan putri terbaik dari 18 negara di Asia Pasifik untuk mengikuti program pelatihan Basketball Without Borders (BWB) Asia.

BWB Asia ini merupakan edisi ke-12 dan akan berlangsung di Canberra, Australia pada 7 Agustus sampai 10 Agustus 2022. Indonesia akan mengirimkan empat pebasket muda ke BWB Asia 2022 untuk ikut menimba ilmu di pusat pelatihan NBA Global Academy yang berada di Centre of Excellence Basketball Australia.

Keempat wakil Indonesia terdiri dari tiga putri yakni Vanissa Renata Siregar, Deewell Windy Dido Gosal, Angelica Jennifer Candra, dan satu peserta putra (Arthur Vadel Krisma Putra).

Keempat pemuda Indonesia ini dan para peserta lain akan mendapat kesempatan emas memperoleh sesi pelatihan dari bintang NBA Jarrett Allen (2022 NBA All-Star dari Cleveland Cavaliers), Josh Green (Dallas Mavericks), Cameron Johnson (Phoenix Suns), dan Coby White (Chicago Bulls) yang saat ini masih aktif bermain di NBA.

Selain itu, Damian Cotter (Asisten Pelatih Chicago Bulls), David Akinyooye (Asisten Pelatih Oklahoma City Thunder), dan Eric Glass (Pelatih Summer League Miami Heat); Adam Tatalovich (Pencari Bakat Internasional New York Knicks dan Asisten Pelatih Tim Nasional Pria Serbia), Kristi Harrower dan Annie La Fleur (Mantan Pemain WNBA), dan Jenni Screen (Mantan Pemain Tim Nasional Wanita Australia) juga akan hadir untuk melatih para peserta BWB Asia seri ini.

2 dari 3 halaman

Pelatihan

BWB Asia 2022 akan menjadi program pengembangan basket global dan program penjangkauan masyarakat pertama yang dilakukan oleh NBA dan FIBA di regional Asia Pasifik setelah sebelumnya diselenggarakan di Jepang tahun 2019 dan di Melbourne, Australia pada tahun 2016.

Program pelatihan ini akan mempertemukan putra dan putri terbaik berusia 18 tahun ke bawah dari seluruh negara di Asia Pasifik untuk bersaing serta belajar langsung dari para pelatih serta para pemain aktif dan veteran dari NBA, WNBA, dan FIBA.

Para pelatih, pemain aktif serta veteran dari NBA dan WNBA akan memimpin para peserta program pelatihan melalui berbagai kegiatan, seperti latihan efisiensi gerakan, gerakan offensive dan defensive, kontes three-points, pertandingan 5-on-5, serta sesi pengembangan kecakapan hidup (life-skills) dan kepemimpinan.

Pada acara penutupan, peserta putra dan putri yang memiliki kemampuan yang menonjol di lapangan akan mendapatkan penghargaan, seperti BWB Asia 2022 MVP, Defensive MVP, Three-Point Champion, dan bagi peserta yang memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik akan dianugerahi Patrick Baumann Sportsmanship Award.

3 dari 3 halaman

Para Alumni

Rekor baru telah ditorehkan oleh peserta program BWB, di mana sebanyak 41 alumni BWB merupakan bagian dari 121 pemain internasional yang merupakan pemain rosters dari NBA opening-night seri 2021-2022. Josh Giddey, alumni NBA Global Academy, dan NBA All-Rookie Second Team 2022 yang saat ini merupakan pemain aktif OKC Thunder juga merupakan alumni BWB Asia 2018 dan BWB Global 2020.

Selain itu, Josh Green, yang saat ini merupakan pemain aktif Dallas Mavericks merupakan alumni BWB Global 2018, dan Rui Hachimura yang saat ini merupakan pemain Washington Wizards juga merupakan alumni BWB Global 2016.

NBA dan FIBA telah menjadi tuan rumah untuk 64 program BWB di 30 negara sejak tahun 2001. BWB telah menjangkau lebih dari 3,800 peserta yang berasal dari 133 negara, dengan 105 alumni peserta program telah berhasil melanjutkan kariernya ke NBA atau WNBA.

BWB Asia 2022 didukung oleh Nike, sebagai penyedia apparel dan footwear bagi para peserta, serta Gatorade, yang akan menjaga para pemain dan pelatih agar tetap terhidrasi sepanjang program pelatihan berlangsung.