Sukses

BRI Liga 1 2022/2023: Pemain Persija Ganti Nomor Punggung, Rezaldi Hehanussa Paling Oke

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta sudah melakukan persiapan maksimal untuk mengikuti BRI Liga 1 2022/2023 yang sudah dimulai sejak pekan lalu. Pada pekan ke-1, Persija harus takluk 0-1 dari Bali United dalam duel yang penuh kontroversi di stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Kekalahan itu tak menurunkan semangat pemain Persija. Bahkan seperti dilansir situs resmi klub, pemain Persija sedang bersemangat karena baru saja ganti nomor punggung.

Total ada tujuh nama yang mengganti nomor punggungnya dari musim lalu. Mereka adalah Rezaldi Hehanussa yang berubah nomor dari 28 ke 7, Braif Fatari dari 19 ke 80, Taufik Hidayat (98 ke 89), Alfriyanto Nico Saputro (18 ke 21), Cahya Supriadi (99 ke 88), Raka Cahyana Rizky (17 ke 15), dan Resa Aditya Nugraha (82 ke 18).

Mereka memiliki alasan masing-masing terkait perubahan itu. Rezaldi bahkan sampai izin ke pemilik nomor sebelumnya, Ramdani Lestaluhu, sebelum memakai nomor baru.

"Untuk nomor tujuh yang saya pakai sebenarnya itu karena tanggal lahir saya (7/11/1995) dan pernah saya pakai untuk Asian Games 2018. Setelah ditinggalkan oleh Kak Ramdani, saya minta izin ke beliau untuk memakai nomor tujuh itu. Kak Ramdani tidak mempermasalahkannya," kata Rezaldi yang kerap dipanggil Bule ini.

Nico serupa dengan Rezaldi yang dilatarbelakangi dari tanggal lahirnya. Namun, pemain berusia 19 tahun ini memiliki alasan lain.

"21 itu tanggal lahir saya, yaitu 3 April 2003. Dua ditambah satu jadi tiga. Selain itu saya terinspirasi dari Paulo Dybala. Mereka memakai nomor 21 saat mulai memasuki masa kejayaan," kata Nico yang juga memperkuat timnas Indonesia U-19.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pakai Nomor Lama

 

Sementara itu, Taufik kembali ke nomor lamanya saat memulai karier profesional bersama Macan Kemayoran. Musim lalu, dia memakai nomor 98 kini kembali ke 89.

"Pertama kali debut di tim senior Persija pakai nomor 89 (Liga 1 2019). Jadi saya balik lagi ke nomor punggung awal lagi," ucap Taufik.

Fenomena ganti nomor punggung tak hanya terjadi di Persija. Bali United juga beberapa waktu lalu mengumumkan pergantian nomor punggung yang dilakukan para pemainnya.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kesan Pemain Asing

 

Gelandang Persija Jakarta asal Jerman, Hanno Behrens, mengungkapkan kesan setelah menjalani laga debut dalam partai pembuka BRI Liga 1 2022/2023 kontra Bali United FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar (23/7/2022).

Hanno mengakui dirinya mengalami kesulitan sepanjang pertandingan karena dijaga Rizky Pellu. Menurutnya, penjagaan ketat tersebut membuat dirinya sulit membuka ruang.

Tidak mudah bagi saya untuk lepas dari penjagaan Pellu. Walaupun saya bisa membuat ruang bebas tapi lini belakang Bali United sangat bagus dalam bertahan. Mereka juga sangat cerdik," ucap Hanno usai laga seperti yang dikutip dari laman resmi klub, Senin (25/7/2022).

Kekalahan ini akan menjadi catatan bagi Hanno dan kawan-kawakn untuk berbenah dalam menatap pekan kedua.

 

4 dari 4 halaman

Penyebab Kalah

 

Sementara itu, pelatih Macan Kemayoran Thomas Doll, menjelaskan faktor negatif yang menyebabkan timnya belum meraih kemenangan di pekan pertama.

"Situasi pertandingan melawan Bali United cukup sulit karena pemain kami banyak yang cedera, termasuk Tony (Sucipto) yang harus digantikan pada menit 37. Selain itu Ryuji (Utomo) dan Rio (Ilham Rio Fahmi) tidak fit sebelum pertandingan. Alhasil di pertandingan melawan Bali United kami memainkan campuran pemain muda dan senior," tutur Doll.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS