Sukses

Rekap Gelaran Piala Presiden 2022: Arema FC Juara, Persib Bandung Tersingkir Menyakitkan

Liputan6.com, Jakarta - Arema FC berhasil menjadi juara Piala Presiden 2022 usai menang dengan agregat 1-0 atas Borneo FC. Singo Edan mengunci gelar usai menahan imbang Borneo FC 0-0 pada leg kedua Piala Presiden 2022 di Stadion Segiri Samarinda, Minggu (17/7/2022).

Borneo FC mendapatkan peluang pertama lewat Stefano Lilipaly di menit ke-11. Namun sontekan eks Bali United ini masih melenceng di kiri gawang Arema FC.

Borneo FC sangat bernafsu untuk mengejar ketertinggalan dari Arema. Pada menit ke-24, klub asal Kaltim ini nyaris saja cetak gol tapi tembakan jauh Kei masih melebar.

Arema benar-benar tersudut di babak pertama. Namun serangan Borneo FC yang bertubi-tubi belum juga membuahkan hasil seperti di menit ke-42 lewat tembakan Terens Puhiri.

Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 antara Borneo FC melawan Arema FC pada leg 2 final Piala Presiden 2022 tetap bertahan. Babak KeduaArema FC melakukan beberapa pergantian pemain di babak 2. Evan Dimas dimasukkan, tapi ini masih belum mengubah ritme.

Borneo FC masih kesulitan untuk membobol gawang Arema FC hingga menit ke-60. Peluang demi peluang Borneo FC banyak yang meleset.

Arema FC mulai menyerang di menit ke-62. Tapi tembakan Muhamad Rafli hasil umpan Camara masih melambung. Borneo kembali mendapatkan peluang di menit ke-86, tapi peluang mereka kembali mentah. Emosi pemain pun meledak saat pemain Arema FC seperti mengulur waktu di menit ke-89.

Hingga pertandingan berakhir, skor 0-0 tetap bertahan. Arema FC pun berhasil menjadi juara Piala Presiden 2022 untuk ketiga kali. 

Namun ada beberapa catatan soal keberhasilan Arema menjadi juara dan mengenai gelaran Piala Presiden pada tahun ini. Apa saja? Mulai dari gagalnya Persib Bandung hingga calon kuat juara lainnya, Persija Jakarta yang juga tersingkir lebih awal.

Berikut ini rangkuman apa yang terjadi di gelaran Piala Presiden di tahun 2022 ini, seperti yang dirangkum tim Liputan6.com:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Matheus Pato Sang Top Skor Piala Presiden 2022

Matheus Pato memang gagal mempersembahkan trofi Piala Presiden 2022 kepada Borneo FC. Namun ketajaman striker asal Brasil itu bakal jadi ancaman baru bagi bek-bek lawan di Liga 1 2022/23.

Sepanjang Piala Presiden 2022, Pato sukses membukukan enam gol dan menempatkannya di puncak klasemen akhir pencetak gol terbanyak turnamen pramusim tersebut. Sayang, di leg kedua babak final yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, Pato tidak mampu mencatatkan namanya di papan skor. 

Pelatih Borneo FC, Milomir Seslija mengaku pasukannya kurang beruntung di babak final. Rotasi pemain yang sempat dilakukannya juga tidak membawa banyak perubahan. Pertahanan kokoh yang Singo Edan membuat pasukannya kesulitan menembus area berbahaya lawan dan akhirnya gagal mencetak gol. 

"Saya pikir kami punya mental dan tekad kuat untuk juara. Namun kreativitas serangan minim karena beberapa pemain dalam kondisi tidak fit," kata Milo seperti dilansir dari situs resmi Piala Presiden 2022. 

Milo mengaku bakal melakukan evaluasi usai Piala Presiden 2022. Hanya saja, Milo sepertinya bisa sedikit bernapas lega melihat kehadiran Pato pada barisan penyerang Pesut Etam musim ini. Bagaimana tidak, pemain berusia 27 tahun, yang diboyong dari Daejeon Citizens itu terbilang tajam sepanjang turnamen. 

3 dari 6 halaman

Tersingkirnya Persib Bandung

Persib Bandung gagal melangkah ke semifinal usai dikalahkan PSS Sleman lewat adu penalti dalam laga perempat final Piala Presiden 2022 di Stadion Si Jalak Harupat.

Pertandingan dilanjutkan adu penalti setelah kedua tim main imbang 1-1. PSS Sleman unggul lebih dahulu lewat Boaz Salossa. Persib menyamakan kedudukan melalui Marc Klok.

Pada penentuan adu penalti, penendang pertama Persib Marc Klok berhasil menceploskan bola ke gawang PSS. Giliran penendang PSS Sleman Valente sukses mencetak gol. Skor jadi 2-2.

Penendang kedua Persib Erwin gagal mengeksekusi setelah ditepis kiper PSS Sleman. Selanjutnya, gantian pemain Sleman Nirwanto berhasil mencetak gol. Skor berubah 3-2.

Adu penalti dilanut ke penendang ketiga. Persib mempercayakan pada Irianto dan berhasil. Kedudukan menjadi 3-3.

PSS Sleman menunjuk Hambali Tolib, dan sepakannya berhasil. Skor 4-3 untuk PSS Sleman.

Penendang keempat Persib Jupriyanto gagal sekaligus  mempersempit peluang Persib gagal ke semifinal. Gol penentu PSS Sleman dilesakkan Rifky. Ini menjadi kegagalan mengejutkan dari Maung Bandung, pasalnya mereka tersingkir di hadapan pendukungnya sendiri.

4 dari 6 halaman

Persija Main Setengah Hati

Persija Jakarta tersisih dari penyisihan grup Piala Presiden 2022. Macan Kemayoran gagal lolos ke babak perempat final setelah selalu kalah dari empat laga yang dilakoni. 

Selama Piala Presiden 2022, Persija lebih banyak menurunkan pemain muda sehingga babak belur. Pelatih Thomas Doll ingin memberikan pengalaman kepada para pemain muda. 

 

5 dari 6 halaman

Fokus Terbagi Dua Sang Juara Liga 1

Bali United FC akan menjalani laga Piala AFC Cup 2022 di Stadion I Wayang Dipta. Bali United juga sebagai tuan rumah Grug G Piala AFC Cup 2022. Namun, klub berjuluk Serdadu Tridatu itu belum lama mengikuti ajang penyisihan kompetisi pramusim Piala Presiden 2022, sehingga waktu recovery mereka lebih singkat dibandingkan tim-tim lainnya di grup G.

Tak terkecuali Kedah Darul Aman yang malah lebih dulu tiba di Pulau Bali dibandingkan Bali United FC yang baru tiba di Bali pada Senin (20/6/2022). Meski begitu, Pelatih Bali United, Stefano Cuggura atau yang karib disapa Teco menyebut kondisi timnya baik-baik saja dan siap meladeni lawannya.

Alhasil, Bali United harus rela tersingkir lebih cepat di kedua ajang tersebut karena fokus mereka terpecah.

6 dari 6 halaman

Tewasnya Dua Bobotoh

Ratusan Bobotoh atau pendukung setia Persib Bandung menggelar aksi damai untuk menghormati almarhum Ahmad Solihin dan Sopiana Yusuf di depan Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung. 

Dalam aksi unjuk rasa itu, Bobotoh meminta agar panitia penyelenggara (panpel) pertandingan turnamen Piala Presiden 2022 meminta maaf dan mengakui kesalahan serta kelalaiannya atas insiden tewasnya dua Bobotoh pada laga Persib vs Persebaya.

Menurut salah seorang perwakilan Bobotoh, Yusuf Kahfi, pihaknya meminta agar ada pembenahan dari kepanitiaan pertandingan yang dikelola manajemen Persib. Menurutnya, selama ini persoalan ada di manajemen terkait penyelenggara pertandingan.

"Kita tidak akan mengganggu tim kondisi tim Persib, sekali lagi yang kita ingin ada pembenahan adalah panpel. Teknis kejadian kemarin itu harus dibenahi," ujarnya.

Yusuf menuturkan, persoalan krusial dari insiden tewasnya Bobotoh kemarin karena banyaknya penonton yang tidak memiliki tiket justru bisa masuk ke dalam stadion. Sedangkan, mereka yang sudah punya tiket malah tertahan di luar Stadion GBLA.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS