Sukses

PSSI: Piala AFF U-19 2022 Pakai Head to Head Sejak Awal, Bukan Diganti Dadakan

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia U-19 secara menyakitkan gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Indonesia tersingkir meski di laga terakhir berhasil menang telak 5-1 atas Myanmar pada Minggu (10/7/2022) malam WIB.

Kemenangan besar Indonesia terasa sia-sia karena di laga lainnya yang digelar bersamaan, Thailand dan Vietnam bermain imbang 1-1. Thailand dan Vietnam yang lolos ke semifinal karena unggul head to head dengan Indonesia.

Perolehan poin Vietnam, Thailand dan Indonesia di klasemen akhir Grup A sebenarnya sama yakni 11 poin. Namun Vietnam yang jadi juara grup, disusul Thailand di urutan dua dan Indonesia finis ketiga.

Penentuan tim yang lolos dilakukan menggunakan sistem head to head. Karena rekor pertemuan ketiga tim sama-sama imbang maka Vietnam dan Thailand yang lolos berkat head to head gol. Pasalnya pada laga pamungkas mereka bermain imbang 1-1. Sedangkan Indonesia hanya imbang 0-0 saat bertemu Vietnam dan Thailand.

Tersingkirnya timnas Indonesia U-19 membuat suporter Garuda Nusantara meradang mengingat di klasemen Grup A Indonesia unggul selisih gol. Bahkan selisih gol keseluruhan Indonesia sangat jomplang dibanding Thailand dan Vietnam. Indonesia +15, sedangkan Vietnam +9, Thaiand hanya +6.

Sayangnya sesuai aturan yang diberlakukan AFF pada turnamen ini yang menentukan adalah head to head.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Konfirmasi PSSI

Persoalan penggunaan format selisih gol atau head to head juga jadi polemik di media sosial. Beredar isu AFF mengubah aturan di tengah jalan sehingga menguntungkan Vietnam dan merugikan Indonesia

Akibatnya media sosial AFF digeraduk warganet. Setelah dikonfirmasi ke PSSI, aturan penggunaan format head to head sebenarnya sudah diputuskan dari awal alias sebelum Piala AFF U-19 2022 dimulai.

"Ya sudah dari sebelum turnamen dimulai," jawab media officer PSSI Bandung Saputra saat dihubungi Liputan6.com, Senin (11/7/2022) pagi.

3 dari 3 halaman

Postingan AFF

Kecurigaan aturan diubah mendadak mencuat akibat akun Instagram resmi AFF memuat aturan soal ketentuan tim yang lolos jika ada perolehan poin sama pada Minggu (10/7/2022) pagi WIB atau beberapa jam sebelum laga penentuan Grup A digelar.

Postingan AFF sebenarnya hanya sekadar pengingat agar pecinta bola tidak kebinggungan jika hasil akhir Grup A benar-benar memiliki tiga tim dengan poin sama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS