Sukses

Timnas Indonesia U-19 Gagal ke Semifinal, Shin Tae-yong Kritik Regulasi Piala AFF U-19 dan Kecam Duel Thailand vs Vietnam

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong menilai regulasi Piala AFF U-19 2022 sangat merugikan timnya sehingga tidak lolos ke semifinal. Ahli taktik asal Korea Selatan itu juga mengecam duel Thailand vs Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong mengkritik regulasi Piala AFF U-19 2022. Regulasi itu membuat skuad Garuda Nusantara tidak lolos ke semifinal.

"Regulasi turnamen ini aneh karena AFF masih memakainya, padahal sudah tidak digunakan FIFA dan AFC. Jadi, ketidaklolosan kami ke semifinal tidak masuk akal," kata Shin Tae-yong usai laga kontra Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7) malam WIB, seperti dikutip dari Antara.

Piala AFF U-19 2022 menerapkan aturan head to head jika ada tiga tim atau lebih memiliki yang poin sama di fase grup. Di Grup A, regulasi ini diaktifkan lantaran Indonesia memiliki poin sama, yakni 11 dengan Thailand dan Vietnam.

Namun, skuad Garuda Nusantara yang menang 5-1 atas Myanmar pada laga terakhir, tidak lolos ke semifinal. Sebab, Timnas Indonesia U-19 kalah head to head karena bermain 0-0 ketika bertemu Vietnam dan Thailand. Adapun duel Vietnam kontra Thailand berakhir 1-1.

Shin Tae-yong menganggap itu merugikan. Sebab, Timnas Indonesia merupakan tim yang paling subur di Grup A dan tidak pernah kalah dari lima pertandingan. Skuad berjuluk Garuda Nusantara total membuat 17 gol dan hanya kebobolan dua kali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kecam Vietnam dan Thailand

Tidak regulasi Piala AFF U-19 2022, Shin Tae-yong juga mengecam laga Thailand kontra Vietnam. Ahli strategi asal Korea Selatan itu menganggap kedua negara tersebut seperti tidak berniat memenangkan pertandingan.

Sebagai informasi andai Thailand dan Vietnam saling mengalahkan, Indonesia dipastikan ke semifinal. Begitu pula jika Thailand dan Vietnam seri tanpa gol.

"Saya sedikit tersinggung dan tidak begitu senang (dengan pertandingan Thailand kontra Vietnam). Mungkin mereka takut dengan Indonesia. Mereka merasakan kekuatan sepak bola Indonesia semakin baik," kata Shin Tae-yong.

 

3 dari 3 halaman

Tetap optimitis

Shin Tae-yong menyayangkan Timnas Indonesia U-19 tidak mampu menyegel satu tempat di semifinal. Meski begitu, dia optimistis performa anak asuhnya akan terus membaik dan siap mengarungi beberapa turnamen ke depan termasuk Kualifikasi Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

"Pastinya suporter dan para pewarta di sini bisa melihat sepak bola Indonesia terus membaik, secara mental maupun fisik," kata Shin Tae-yong.

Sepak bola Indonesia memiliki masa depan yang cerah. Saya sebisa mungkin akan membawa Indonesia lolos ke Piala Asia U-20 2023 dan menyajikan pertandingan luar biasa di Piala Dunia U-20 2023," kata Shin Tae-yong."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.