Sukses

Hasil Piala AFF U-19: Hajar Filipina, Shin Tae-yong Sanjung Kerja Keras Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong mengapresiasi para pemainnya yang jatuh-bangun di lapangan untuk mengalahkan Filipina 5-1 pada laga keempat Grup A Piala AFF U-19 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Filipina pada laga keempat Grup A Piala AFF U-19 2022. Skuad Garuda Nusantara menang 5-1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekali, Jumat (8/7) malam WIB.

Meski menang, pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong menyatakan timnya harus bekerja sangat keras untuk menumbangkan Filipina. "Semua pemain bekerja sangat keras. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih," kata ahli taktik asal Korea Selatan itu usai pertandingan seperti dikutip dari Antara.

Shin Tae-yong mengapresiasi para pemain Timnas Indonesia yang jatuh-bangun di lapangan. Mereka tidak hanya melawan skuad Filipina, tetapi juga kelelahan fisik dan rasa sakit akibat berbenturan dengan pemain lawan.

Pada laga ini, Timnas Indonesi akehilangan Marselino Ferdinan yang cedera saat melawan Thailand pada matchday ketiga Piala AFF U-19. Meski demikian, skuad Garuda Nusantara dapat memberikan performa bagus.

Mereka menciptakan peluang, mencetak banyak gol, dan menunjukkan semangat pantang menyerah sampai akhir. Shin Tae-yong mengakui bahwa dia memang meminta anak-anak asuhnya untuk memperkuat mental dan berani berkorban di lapangan.

"Marselino tidak bisa lagi bermain di turnamen ini karena cedera. Karena itu, saya mengubah mental pemain. Saya mau mereka berani mengorbankan diri," ucap pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

"Dan saat ini tim sudah menjadi satu. Saya yakin kami akan terus berkembang," imbuhnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rabbani Siddiq

Tiga dari lima gol Timnas Indonesia U-19 dicetak Rabbani Siddiq. Dia pun bersyukur dengan rekan-rekannya mampu mengalahkan Filipina.

"Alhamdulillah, pertandingan tadi cukup bagus untuk kami. Semoga ke depannya lebih baik. Saya bersyukur mencetak 'hattrick'. Itu berkat bantuan teman-teman," tutur Rabbani.

Dua dari tiga gol Rabbani diciptakan dari tendangan penalti. Sementara dua gol Indonesia lainjya dilesakkan Alfriyanto Nico dan Razzaa Aziz. Filipina memperkecil kedudukan melalui Justin Frias.

 

3 dari 3 halaman

Peluang ke semifinal

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U-19 naik ke posisi ketga klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022. Skuad Garuda Nusatara mengatongi delapan poin dari empat pertandingan.

Timnas Indonesia tertinggal dua poin dari Vietnam dan Thailand yang berada di posisi satu serta dua. Meski demikian, skuad racikan Shin Tae-yong masih berpeluang lolos ke semifinal jika mengalahkan Myanmar pada laga terakhir, Minggu (10/7).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.