Sukses

Berhadapan di Semifinal Malaysia Open 2022, Intip Rekor Pertemuan Jonatan Christie vs Viktor Axelsen

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie menghadapi unggulan pertama asal Denmark Viktor Axelsen di semifinal Malaysia Open 2022. Simak catatan rekor pertemuan Jojo dan Axelsen melalui artikel berikut ini!

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Jonatan Christie menghadapi lawan berat di semifinal Malaysia Open 2022. Laga ini dijadwalkan akan berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Sabtu (2/7/2022) siang WIB.

Tunggal putra Indonesia itu telah dinanti Viktor Axelsen. Peringkat satu dunia itu mengamankan tiket semifinal setelah mengalahkan wakil Indonesia lainnya Anthony Sinisuka Ginting di perempat final.

Anthony Ginting sejatinya mencuri gim pembuka lewat keunggulan 21–18 atas Axelsen. Namun, sang pebulu tangkis Denmark ini tampil lebih moncer pada dua set selanjutnya dan mengunci kemenangan dengan skor 21–17 dan 21–12.

Sementara itu, slot semifinal diraih Jonatan Christie usai menekuk atlet badminton asal India Prannoy H.S. Sempat terlibat drama kejar-kejaran skor di awal pertandingan, Jojo menuntaskan laga dengan straight game 21–18 dan 21–16 dalam durasi 44 menit.

Jonatan Christie pun memikul beban berat di laga kali ini. Ia menjadi satu-satunya tumpuan harapan Indonesia di sektor tunggal putra, setelah rekannya Shesar Hiren Rhustavito mundur dari kompetisi akibat cedera saat menghadapi Kento Momota.

Jojo harus memenangkan pertandingan kontra Axelsen jika ingin menjaga kans meraih gelar juara Malaysia Open 2022. Sebagai informasi, tunggal putra Indonesia terakhir kali menjadi kampiun Malaysia Open pada 2000 silam lewat Taufik Hidayat.

Sesudahnya, skuad Merah Putih terus mengalami paceklik gelar di nomor tersebut hingga saat ini. Tak heran jika Jonatan Christie diharapkan mampu menorehkan tren baru demi mencatatkan sejarah baru bagi pasukan Garuda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menang Dua Kali

Ini bukan kali pertama Jonatan Christie melawan Viktor Axelsen di turnamen bulu tangkis bergengsi. Kedua pemain secara resmi telah tujuh kali bertemu dalam pertandingan kelas dunia. Dari total tujuh pertemuan itu, dua di antaranya dimenangkan oleh Jojo.

Kemenangan pertama diraih Jonatan di Malaysia Open 2019. Tunggal putra yang kini menduduki peringkat delapan dunia itu unggul dua game langsung atas Axelsen di babak perempat final, dengan skor akhir 21–18 dan 21–19.

Hasil positif kembali berulang di French Open 2019. Jonatan Christie mampu melangkah ke partai final usai mati-matian menekuk Viktor Axelsen di babak empat besar.

Kalah telak 7–21 di game pembuka, Jojo mampu bersaing di set selanjutnya. Ia sanggup meraih kemenangan 22–20 dan 21–18 di game kedua dan ketiga.

3 dari 5 halaman

Kalah Lima Kali

Sayangnya, dominasi Axelsen atas Jonatan Christie masih lebih besar. Ia tercatat telah mengemas lima kemenangan atas tunggal putra asal Indonesia.

Keunggulan perdana diraih Axelsen di Malaysia Masters 2018. Pebulu tangkis berusia 28 tahun itu menang atas Jonatan Christie di babak perempat final setelah melakoni drama rubber game, dengan hasill 21–15, 19–21, dan 21–12.

Kedigdayaan Axelsen kembali muncul di Indonesia Open 2018. Jojo, yang kala itu tak berstatus sebagai unggulan, harus menghadapi perlawanan Axelsen sejak ronde pertama. Langkah Jojo terhenti usai kalah 10-21 dan 19-21 dari pebulu tangkis Denmark itu.

Di Singapore Open 2019, Jojo dan Axelsen terlibat pertarungan sengit. Bertemu di babak delapan besar, Jonatan Christie harus mengakui keunggulan lawan lantaran kalah tiga game dari Axelsen. Kendati demikian, level kompetitif Jojo kala itu layak diapresiasi. Ia hanya kalah dengan skor tipis 24–22, 18–21, dan 22–24.

Jonatan Christie kembali menuai kekalahan dalam dua pertemuan terakhirnya bersama Viktor Axelsen pada 2021. Jonatan Christie takluk di babak perempat final Thailand Open serta tumbang di partai semifinal Indonesia Open.

4 dari 5 halaman

Puncak Kejayaan

Viktor Axelsen saat ini memang tengah berada di puncak kejayaan. Tak hanya berhasil menggeser posisi Kento Momota dari takhta kekuasaan tunggal putra bulu tangkis dunia, ia juga mampu meraih trofi juara di sejumlah turnamen bergengsi.

Baru-baru ini, Viktor Axelsen sukses mengawinkan gelar Indonesia Masters dan Indonesia Open yang berlangsung di Istora Senayan. Sebelumnya, ia juga menjadi kampiun All England 2022, serta meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Tak heran jika Viktor Axelsen mampu merajai sejumlah podium tunggal putra dunia. Pemain asal Denmark itu dikenal memang pandai menyerang dan mengendalikan pola permainan lawan. Ia juga apik dari segi pertahanan. Hal ini menjadi catatan yang patut perlu diwaspadai Jojo jelang laga semifinal Malaysia Open 2022.

5 dari 5 halaman

Pemain Lain

Di samping Jonatan Christie, Indonesia juga meloloskan dua wakil lain di semifinal Malaysia Open edisi ini. Ganda putra Tanah Air Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melenggang ke babak empat besar usai menekuk wakil Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dengan straight game, 21–13 dan 21–9.

Sementara itu, peraih medali emas SEA Games 2022 Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berhak atas tempat di semifinal usai mengalahkan unggulan pertama asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dengan 14–21, 21–13, dan 21–16.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.