Sukses

Hasil Malaysia Open 2022: Dua Ganda Putra Indonesia Melaju ke Perempat Final

Liputan6.com, Jakarta Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus bekerja keras sebelum memastikan satu tempat di babak perempat final turnamen bulutangkis Malaysia Open 2022.

Fajar/Rian dipaksa bermain rubber game sebelum akhirnya menang di babak 16 besar atas pasangan Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel, 21-23, 21-14, 21-14 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Kamis (30/6/2022).

Sebenarnya Fajar/Rian bisa saja menyelesaikan laga dalam dua gim saja setelah unggul 20-18 di gim pertama. Namun sayang kesalahan sendiri membuat keunggulan berbalik kepada lawan.

"Pertama-tama mengucap syukur alhamdulillah pertandingan berjalan lancar dan hasilnya maksimal diberikan kemenangan. Di gim pertama kami tertinggal terus karena masih mencari pola main yang enak. Saat sudah unggul, kami malah melakukan kesalahan sendiri. Untuk selanjutnya harus lebih kontrol lagi," kata Rian di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Kamis (30/6).

"Gim kedua dan ketiga kita coba bermain lebih menyerang. Bagaimana terus menurunkan bola," lanjut Fajar.

2 dari 4 halaman

Kualitas Lawan

Fajar/Rian yang pernah kalah dari pasangan Jerman itu di Thailand Open 2017, mengatakan kualitas lawan memang bagus, terutama pada bola servis dan pembukaannya.

"Kualitas lawan cukup bagus, terutama di bola servis dan pembukaannya. Termasuk no lob-nya. Tidak berbeda jauh dengan pertemuan sebelumnya walau itu sudah lama terjadi," jelas Rian.

Di babak perempat final, Jumat (1/7), pasangan nomor tujuh dunia sudah ditunggu wakil Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Fajar/Rian tentunya tidak bisa menganggap remeh calon lawannya itu, karena selain mereka akan mendapat dukungan penuh dari publik Malaysia, Ong/Teo juga baru saja meraih kemenangan atas peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Lee Yang/Wang Chi-Lin asal Chinese Taipei.

3 dari 4 halaman

Belum Puas

"Kami belum puas, kami mau gelar. Besok lawan Ong/Teo harus siap lagi fokusnya, staminanya, dan yang pasti mentalnya karena mereka tampil di hadapan tuan rumah pasti lebih percaya diri. Semoga besok kami bisa memberikan yang terbaik dan menang," tutur Fajar.

"Mereka punya pertahanan yang kuat. Jadi besok harus siap capek," ucap Rian.

4 dari 4 halaman

Ulang Kemenangan

Di laga lain, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri tidak berhasil mengulang kemenangan mereka di All England 2022 atas Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dari Jepang. Bagas/Fikri kalah dengan skor tipis 21-18, 13-21, 19-21.

"Saya masih banyak mati sendiri di pertandingan hari ini. Di poin-poin akhir gim ketiga mereka juga lebih tenang," ujar Fikri.

"Evaluasi buat minggu depan di Malaysia Masters kan kita sudah tahu kondisi lapangannya, kondisi anginnya, jadi lebih fokus untuk mengurangi kesalahan sendiri," ujar Bagas.

Sementara itu, The Daddies, julukan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan menemani Fajar/Rian di babak perempat final. Ahsan/Hendra menang dengan nyaman atas pasangan China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong, 21-13, 21-10. (*)