Sukses

Genap Berusia 35 Tahun, 5 Aksi Terbaik Lionel Messi dengan Timnas Argentina

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi genap berusia 35 tahun pada 24 Juni kemarin. Bintang PSG ini dinilai menurun karena menunjukkan statistik yang kurang bagus musim lalu.

Meski begitu, Messi masih dianggap sebagai pemain terbaik di negaranya Argentina. Statitik pertandingan yang pernah dilakoninya dengan Albiceleste menjadi bukti kehebatan Messi.

Contoh terbaru dilakukannya saat menghancurkan Estonia 5 Juni lalu. Messi memborong 5 gol Timnas Argentina.

Ini membuatnya menjadi pemain pertama di sejarah Argentina yang bisa cetak lima gol dalam satu pertandingan seak Juan Marvezzi pada 1941.

Seperti saat masih di Barcelona, Messi juga selalu tampil bagus di Argentina. Ada setidaknya 5 penampilan terbaik Messi di kariernya. Berikut detailnya seperti dilansir Goal.com:

 

2 dari 6 halaman

5. Argentina 4-0 Amerika Serikat (21 Juni 2016)

Inilah salah satu penampilan terbaik Lionel Messi dengan Argentina. Tak hanya cetak gol, dia juga hebat saat memberi assist.

Duel semifinal Copa America ke-100 yang digelar di Amerika Serikat jadi contoh. Tak hanya mencetak gol lewat tendangan bebas, dia juga memberi umpan untuk 2 gol pada laga yang dimenangkan Argentina 4-0 itu.

 

3 dari 6 halaman

4. Argentina 3-0 Ekuador (3 Juli 2021)

Messi sudah tidak cetak gol lawan Ekuador selama 5 tahun sebelum jumpa di perempat final Copa America 2021. Ini menjadi penampilan gemilang Messi dengan Albicelece.

Messi dominan di laga ini. Dia memberi dua assist untuk dua gol Rodrigo de Paul dan Lautaro Martinez.

Di injury time, dia sepertinya punya kesempatan cetak gol saat penalti diberikan. Namun setelah dicek VAR, wasit hanya memberi tendangan bebas.

Meski begitu, ini tak jadi halangan bagi Messi untuk cetak gol. Dia melepas tembakan terukur lewat tendangan bebas yang membuat Argentina menang 3-0 atas Ekuador.

 

4 dari 6 halaman

3. Argentina 6-0 Serbia (18 Juni 2006)

 

Ini salah satu duel awal Messi yang belum genap 19 tahun saat itu. Messi saat itu masuk sebagai pemain pengganti Maxi Rodriguez di menit ke-75.

Argentina juga sedang unggul 3-0. Namun kehadirannya membuat Argentina tambah 3 gol. Satu assist untuk Hernan Crespon dan 2 gol lagi dicetak sendiri.

 

5 dari 6 halaman

2. Argentina 4-3 Brasil (9 Juni 2012)

 

Duel ini bukan laga resmi karena hanya persahabatan. Namun duel Argentina melawan Brasil di 2012 tak bisa dipandang sebelah mata.

Duel ini menjadi bukti kehebatan Messi saat menghadapi rival bebuyutan Brasil 4-3. Messi cetak 3 gol, dimana salah satu gol dicetaknya setelah berlari dari garis tengah.

"Kami beruntung, dia berasal dari Argentina," kata pelatih Argentina, Alejandro Sabella saat itu.

 

6 dari 6 halaman

1. Brasil 0-1 Argentina (10 Juli 2021)

 

Duel paling monumental bagi Messi tentu saat menghadapi Brasil di final Copa America 2021. Dia tidak mencetak gol kemenangan karena itu berasal dari Angel di Maria.

Namun dia bekera keras di Copa America 2021 lewat gol dan assistnya. Itulah mengapa seluruh pemain Argentina mengerubungi Messi usai peluit akhir dibunyikan.

Ini menjadi akhir penantian Messi yang selalu dirundung kecewa dengan Argentina.