Sukses

Wayne Rooney Mengundurkan Diri Sebagai Manajer Derby County

Legenda Manchester United (MU) mengundurkan diri sebagai manajer di Derby County. Beberapa pihak dari Derby County telah mencoba menahannya dengan berbagai cara.

Liputan6.com, Jakarta- Legenda Manchester United, Wayne Rooney telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai manajer di Derby County. 

Dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari Metro.uk, manajer sepak bola berkebangsaan Britania Raya ini mengatakan bahwa: “Selama musim panas saya telah mengikuti perkembangan yang cermat mengenai kepemilikan Derby County.” 

“Hari ini saya bertemu dengan para administrator untuk memberi tahu mereka tentang keputusan saya bahwa sudah waktunya bagi saya untuk meninggalkan klub. Dalam keadilan bagi mereka, mereka berusaha sangat keras untuk mengubah keputusan saya tetapi pikiran saya sudah bulat,” tutur Rooney, seperti dikutip dari Metro.uk

Tak hanya itu, legenda pemain sepak bola Inggris ini juga menambahkan bahwa dia telah mengalami perjalanan pasang dan surut di Derby County. Kendati demikian, eks pemain Manchester United ini sangat menikmati setiap tantangan yang dihadapi di Derby County

“Waktu saya di klub telah menjadi rollercoaster emosi, baik pasang surut, tetapi saya harus mengatakan bahwa saya telah menikmati tantangannya.” 

“Secara pribadi, saya merasa klub sekarang perlu dipimpin oleh seseorang dengan energi segar dan tidak terpengaruh oleh peristiwa yang telah terjadi selama delapan belas bulan terakhir.” 

Sebagai informasi, Rooney resmi menjabat menjadi pelatih di Derby County setelah resmi gantung sepatu. Dia menandatangani kontrak hingga 2023. Sebelumnya, dia menjabat sebagai pelatih interim Derby County semenjak Philip Cocu didepak pada November 2022. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan Rooney Terhadap Derby County

Lebih lanjut, Rooney juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bertanggung jawab mempermudah pekerjaannya di klub Derby County. 

Dia juga menuturkan pujian kepada Derby County yang sangat bersejarah dan memiliki penggemar yang hebat. 

“Saya akan mengingat waktu saya di Derby dengan bangga dan penuh kasih sayang dan ingin berterima kasih kepada semua staf, pemain, dan tentu saja para penggemar saya atas dukungan mereka yang luar biasa.” 

“Saya tidak akan pernah melupakan anda dan berharap dapat melihat anda semua lagi dalam waktu dekat dan di saat-saat yang lebih bahagia. 

“Kepada mereka saya mengatakan ini: Derby County adalah klub hebat dengan sejarah hebat dan penggemar hebat. Saya berharap yang terbaik dan banyak kesuksesan untuk masa depan.” 

3 dari 4 halaman

Sempat Menolak Menjadi Staf Pelatih Erik Ten Hag

Wayne Rooney sempat menolak kesempatan untuk menjadi bagian dari staf pelatih Erik ten Hag di Old Trafford. Pria berusia 36 tahun ini memilih tinggal di Derby County ketimbang balik ke sang raksasa Liga Inggris.

Dilansir dari Metro, Erik ten Hag dikonfirmasi sebagai manajer permanen baru Setan Merah setelah menandatangani kontrak tiga tahun, yang akan membuatnya duduk di kursi panas MU hingga Juni 2025 mendatang.

Adapun MU kabarnya tengah mengumpulkan kandidat untuk menyusun staf kepelatihan baru. Para anggota yang telah berkiprah sejak era kepemimpinan Ole Gunnar Solskjaer bakal angkat kaki dari Old Trafford demi memberi ruang bagi orang-orang pilihan Ten Hag.

Laporan The Athletic mengeklaim mantan kapten sekaligus pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub Wayne Rooney, sejatinya masuk dalam daftar calon staf pelatih anyar Ten Hag di Setan Merah.

Eks pemain asal Inggris itu diusulkan secara informal untuk mengambil jabatan di Old Trafford. Namun, Rooney menolak tawaran tersebut. Menurut Metro, sang legenda mengaku hanya akan meninggalkan Derby County jika ia mendapat posisi nomor satu di klub.

4 dari 4 halaman

Prestasi Wayne Rooney

Pada saat masih menjadi pemain, Rooney merupakan pemain yang berhasil mencetak penampilan-penampilan yang fantastis. Pemain berkebangsaan Britania Raya tersebut telah mencatatkan 559 penampilan, mencetak 253 gol, dan menorehkan 16 trofi bersama Manchester United. 

Torehan 253 gol dari Wayne Rooney juga menjadikan dia top skor sepanjang masa di klub Setan Merah yang sekarang ditunggangi oleh Erik ten Hag. Torehan tersebut diikuti oleh Denis Law yang terpantau cukup jauh dengan memperoleh 163 gol. 

Di timnas Inggris, jumlah 53 gol yang Wayne Rooney torehkan juga berhasil menjadi rekor bagi Three Lions. Ia mengungguli pencapaian 49 gol dari Bobby Charlton saat mencetak gol kontra Swiss pada September 2015. 

Selain itu, Rooney juga menjadi pemegang rekor penampilan bagi seorang pemain non kiper di timnas Inggris dengan raihan 120 caps. 

Penulis: Jesslyn Koesman

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

  • Derby County Football Club atau bisa juga disebut Derby County adalah sebuah klub sepak bola profesional Inggris
    Derby County Football Club atau bisa juga disebut Derby County adalah sebuah klub sepak bola profesional Inggris

    Derby County

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Sepak Bola