Sukses

Belum Menyerah, MU Siap Ajukan Tawaran Kedua untuk Frenkie de Jong

Liputan6.com, Jakarta Sudah bukan rahasia bahwa gelandang Barcelona Frenkie de Jong merupakan target incaran Manchester United dalam bursa transfer musim panas. Manajer baru Setan Merah Erik ten Hag ingin reuni dengan mantan anak asuhnya di Ajax Amsterdam.

Ten Hag memang diketahui punya memori apik kala berkarier bersama De Jong di Johan Cruyff Arena. Keduanya sukses mengantar Ajax melangkah ke semifinal Liga Champions serta menjadi juara Eredivisie musim 2018/2019.

Tak heran jika Ten Hag berniat mengulangi kesuksesan tersebut di Old Trafford. Apalagi sejumlah penggawa di lini tengah MU, mulai dari Paul Pogba hingga Nemanja Matic, bakal hengkang dari Setan Merah dalam waktu dekat.

Sayangnya, upaya MU untuk mengembalikan De Jong ke bawah asuhan Erik ten Hag harus melalui jalan terjal. Sang pemain sempat menegaskan keinginannya untuk bertahan di Barcelona, ketimbang pindah ke Manchester United.

Kondisi keuangan Barcelona lah yang memaksa sang pemain makin rapat dengan Setan Merah. Adapun MU diketahui telah menyodorkan mahar senilai 60 juta euro kepada Blaugrana sebagai ganti kepergian pemain bintangnya. Akan tetapi, tawaran tersebut ditolak oleh raksasa Catalan.

Laporan Mirror mengeklaim Barcelona menginginkan 100 juta euro dari tim yang meminati jasa sang pemain. Kendati demikian, runner-up La Liga musim lalu diyakini bakal puas dengan angka 75 juta euro ditambah add-ons.

Jumlah itu sudah cukup untuk mengembalikan modal yang dikeluarkannya kala merekrut De Jong dari Ajax pada 2019.. Selaras dengan hal ini, Manchester Evening News mengeklaim Setan Merah kini bersiap mengajukan tawaran kedua untuk Frenkie de Jong.

2 dari 5 halaman

De Jong di Barcelona

De Jong merupakan salah satu pemain krusial dalam skuad Barcelona. Ia sukses membuktikan dirinya layak berada di level tertinggi, usai membantu Barcelona naik ke peringkat dua klasemen Liga Spanyol.

De Jong juga tercatat telah memberi kontribusi empat gol dan lima assist dari total 46 penampilan bersama klubnya di semua kompetisi sepanjang musim 2021/2022. Tak heran jika nilai jualnya tak menurun sejak hengkang dari Ajax Amsterdam.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez pun nampaknya tak ingin berpisah begitu saja dengan Frenkie de Jong. Juru taktik asal Spanyol pernah menyebut sang pemain sebagai sosok penting sekaligus starter reguler dalam skuad asuhannya di Camp Nou.

“Saya sudah bilang berkali-kali bahwa Frenkie de Jong sangat penting. Dia selalu menjadi starter (dalam tim asuhan) saya. Bagi saya dia (adalah pemain) fundamental,” kata Xavi soal pemain berusia 25 tahun tersebut.

3 dari 5 halaman

Krisis Finansial

Sayangnya, krisis finansial yang dialami Barcelona membuat pihak klub tak bisa bergerak bebas. Sang raksasa Catalan perlu menjual pemain dan mendapat dana tambahan, jika mereka ingin mendatangkan penggawa baru di bursa transfer musim panas.

Frenkie de Jong diprediksi sebagai salah satu pemain yang berpotensi dilepas oleh Barcelona. Apalagi jasanya diminati sejumlah klub besar. Kendati demikian, Mirror mengeklaim Barca tak ingin buru-buru membuat keputusan soal masa depan De Jong.

Pemain internasional Belanda itu masih memiliki empat tahun tersisa dalam kontraknya di Camp Nou. Klub asuhan Xavi Hernandez punya banyak waktu untuk menimbang tawaran dan mencari klub yang mampu memberinya harga tepat.

4 dari 5 halaman

Berbagai Cara

Di sisi lain, Manchester United kini sedang menantikan kehadiran gelandang baru. Klub yang gagal mengamankan tempat di Liga Champions musim depan itu telah mengupayakan berbagai cara demi menyegel kesepakatan dengan Frenkie de Jong.

Petinggi Setan Merah Richard Arnold bahkan sempat membeberkan posisi MU dalam rencana transfer Frenkie de Jong. Sosok yang menggantikan Ed Woodward ini mengaku Setan Merah punya cukup dana untuk merekrut sang pemain. Akan tetapi, ada faktor-faktor lain yang menghambat proses perekrutan sang penggawa Barcelona

“Kami melakukan berbagai cara untuk bisa menyegel kesepakatan (dengan Frenkie de Jong). Saya katakan, dananya sudah kami siapkan untuk dia,” ujar Arnold di hadapan suporter, seperti dilansir dari Liputan6.com.

“Saya sudah melek selama berhari-hari untuk menyelesaikan (kesepakatan itu). Uangnya ada (cukup), tetapi ada hal-hal yang menghalangi kami (untuk mendatangkan De Jong) dan tidak bisa saya katakan,” sambung pria berusia 51 tahun tersebut.

5 dari 5 halaman

Risiko Besar

Demi De Jong, Erik ten Hag juga berani mengambil risiko besar. Juru taktik anyar MU itu kabarnya tak akan menyegel kesepakatan apapun, sampai pihak klub berhasil memastikan kepindahan target transfer nomor satunya.

Dilansir dari Metro, Ten Hag menilai Frenkie de Jong merupakan sosok krusial yang perlu didatangkan demi merealisasikan gaya sepak bola yang ia harapkan di Old Trafford. Sang pelatih tak ingin menyia-nyiakan dana yang dimilikinya, selain untuk mengamankan De Jong.

Strategi semacam ini bisa membuat Setan Merah kehilangan pemain incarannya yang lain. Salah satunya adalah Christian Eriksen. Pesepak bola yang sempat menepi akibat masalah jantung itu kini dikabarkan mulai merapat ke Tottenham Hotspur