Sukses

Kevin/Marcus Mundur dari 3 Turnamen Bulu Tangkis Asia Tenggara

Liputan6.com, Jakarta - Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menarik diri dari tiga turnamen bulu tangkis Asia Tenggara. Ketiga turnamen itu adalah Malaysia Open, Malaysia Masters, dan Singapura Open.

Kepastian Kevin/Marcus mundur disampaikan kepala pelatih ganda putra Pelatnas PBSI Cipayung Herry Iman Pierngadi. "Benar, Minions kita tarik dari tiga turnamen di Malaysia Open, Malaysia Masters, dan Singapura Open," tutur pelatih yang akrab disapa Herry IP itu di Pelatnas Cipayung, Kamis (23/6/2022), seperti dikutip dari rilis PBSI.

"Karena Marcus belum pulih dari cedera pasca operasi di bagian tumit kirinya. Gerakannya di lapangan belum normal seperti dulu," imbuhnya.

Di mata pelatih berjuluk coach Naga Api, penampilan pada Indonesia Masters dan Indonesia Open merupakan ajang serta test case bagi Marcus. Ini untuk melihat tingkat pemulihan pebulu tangkis berusia 31 tahun itu.

Meski belum pulih sempurna, penampilan Kevin/Marcus tetap diberi apresiasi. "Dengan kondisi belum pulih 100 persen, Marcus dan Kevin bisa tampil oke," ucap Herry IP.

"Meski begitu, penampilan Marcus di lapangan, terutama gerakannya, belum maksimal. Masih perlu waktu untuk bisa kembali pulih 100 persen."

Selain kendala Marcus belum pulih dari cedera, waktu persiapan untuk menuju ke Malaysia Open, Malaysia Masters, dan Singapura Open juga sangat mepet. Hanya ada waktu satu minggu setelah tampil di Indonesia Open.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Waktu mepet

"Waktu persiapan ketiga turnamen itu juga sangat mepet. Hanya seminggu. Itu tidak cukup bagi Marcus/Kevin. Apalagi, ditambah kondisi Marcus juga belum pulih benar," papar Herry.

Padahal, tambah Herry IP, setiap tampil di turnamen, selalu ada ekspektasi tinggi yang dibebankan kepada pasangan peringkat satu dunia itu. Dengan segala persiapan dan kondisi tubuh yang tidak maksimal, tentu sangat berat mengharapkan Minions selalu berperforma bagus.

"Kalau persiapan tidak bagus dan tetap dipaksakan berangkat ketiga turnamen, bisa-bisa Minions akan digebukin lawan. Maklum, persaingan sekarang sangat ketat. Ini yang tidak saya harapkan. Kalau sudah kalah, masyarakat nanti juga jadi heboh," ucapnya Herry.

 

3 dari 3 halaman

Kejuaraan Dunia 2022

Dengan absen di tiga turnamen Asia Tenggara, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon bisa fokus ke persiapan untuk Kejuaraan Dunia 2022. Turnamen ini akan berlangsung di Tokyo, Jepang, Agustus 2022.

"Waktunya untuk fokus ke persiapan menghadapi Kejuaraan Dunia saja agar performanya bisa lebih optimal," pungkas Herry IP.