Sukses

Kemasi Barang-Barang di Barcelona, Frenkie de Jong Siap Pindah ke MU?

Frenkie de Jong kabarnya telah mengemasi barang-barang di tempat latihan Barcelona. Kondisi ini seolah mengindikasikan sang pemain bakal hengkang dari Camp Nou menuju Old Trafford.

Liputan6.com, Jakarta Kabar kedekatan Frenkie de Jong dengan raksasa Liga Inggris Manchester United (MU) kian ramai dibicarakan di bursa transfer musim panas tahun ini. Sang pemain Belanda bahkan dilaporkan mulai mengemasi barang-barangnya di Barcelona.

Seperti diketahui, Frenkie de Jong merupakan target incaran Setan Merah sejak kedatangan Erik ten Hag di Old Trafford. Eks pelatih Ajax Amsterdam itu ingin memboyong mantan anak asuhnya untuk memperkuat skuad MU jelang kompetisi musim depan.

Rayuan Ten Hag rupanya tak mempan untuk menggoyahkan De Jong. Pemain berusia 25 tahun ini sempat menegaskan niatnya untuk bertahan di Barcelona.  Namun, krisis finansial yang dialami sang raksasa Catalan membuat Blaugrana ingin melepas De Jong.

Laporan Mirror mengeklaim sang pemain telah mengosongkan lokernya di tempat latihan Barcelona. Kondisi tersebut seolah mengisyaratkan Manchester United (MU) dan Barca telah mendekati kata sepakat terkait transfer Frenkie de Jong.

Adapun Barcelona kabarnya bakal menerima 80 juta euro atau setara dengan kurang lebih Rp1,2 triliun rupiah sebagai mahar kepergian pemain bintangnya. Angka ini hampir serupa dengan biaya yang dikeluarkan raksasa La Liga kala merekrut De Jong dari Ajax pada 2019.

Sejumlah klub sejatinya juga dikabarkan tertarik menyewa jasa De Jong. Akan tetapi, Setan Merah diyakini merupakan satu-satunya klub yang telah melakukan kontak resmi dengan Blaugrana terkait transfer peman internasional Belanda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Frenkie de Jong di Barcelona

De Jong merupakan salah satu pemain krusial dalam skuad Barcelona sepanjang musim 2021/2022. Ia memberi kontribusi empat gol dan lima assist dari total 46 penampilan bersama klubnya di semua kompetisi.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez juga nampaknya tak ingin berpisah begitu saja dengan Frenkie de Jong. Juru taktik asal Spanyol itu pernah menyebut sang pemain sebagai sosok penting sekaligus starter reguler dalam skuad asuhannya di Camp Nou.

“Saya sudah bilang berkali-kali bahwa Frenkie de Jong sangat penting. Dia selalu menjadi starter (dalam tim asuhan) saya. Bagi saya dia (adalah pemain) fundamental,” kata Xavi.

Kendati demikian, kondisi keuangan yang dialami Barcelona bisa saja memaksa pihak klub untuk berpisah dengan Frenkie de Jong. Pasalnya, sang raksasa Catalan perlu dana tambahan jika ingin mendatangkan pemain baru jelang kompetisi musim depan.

3 dari 5 halaman

Klub Impian

Adapun Barcelona merupakan klub impian Frenkie de Jong. Ia sempat optimistis dirinya bisa sukses bersama sang raksasa Catalan. Hal inilah yang membuat De Jong bersikeras ingin bertahan di Camp Nou, terlepas dari kondisi keuangan klub dan minat dari Setan Merah.

“Saya cukup percaya diri (bahwa saya bisa sukses di Barcelona). Saya tidak takut. Saya senang bekerja dengan Ten Hag di Ajax. Akan tetapi, saya lebih suka tinggal di Barcelona,” ujar pesepak bola berusia 25 tahun tersebut.

“(Barcelona) selalu menjadi klub impian saya sampai sekarang. Selama saya tidak mendengar kabar apapun dari manajemen klub, saya berasumsi tidak ada hal yang terjadi,” katanya lagi, seperti dilansir dari Metro pada awal bula ini.

4 dari 5 halaman

Frenkie de Jong dan Erik ten Hag

Di sisi lain, Manchester United tengah menantikan kehadiran gelandang baru. Penggawanya Nemanja Matic dan Paul Pogba dipastikan hengkang dari Old Trafford pada musim panas.

Frenkie de Jong pun digadang-gadang bakal menjadi sosok kunci dalam skuad asuhan Erik ten Hag di Setan Merah. Apalagi kedua pihak pernah menorehkan prestasi gemilang kala masih bekerja sama di Johan Cruyff Arena.

Sebelum hijrah ke Barcelona, De Jong merupakan pemain penting bagi Ajax Amsterdam. Ia sukses mengantar sang raksasa Eredivisie melangkah ke semifinal Liga Champions musim 2018/2019 bersama Erik ten Hag.

Tak heran jika sang pelatih berkepala plontos berniat mengulangi momen-momen indah tersebut. Apalagi, ia telah dibekali dana oleh Setan Merah untuk dibelanjakan pada bursa transfer musim panas.

5 dari 5 halaman

Risiko Besar

Erik ten Hag berani mengambil risiko besar demi mendatangkan Frenkie de Jong ke Manchester United. Juru taktik anyar itu kabarnya tidak akan menyegel kesepakatan apapun, sampai pihak klub berhasil memastikan kepindahan target transfer nomor satunya.

Dilansir dari Metro, Erik ten Hag menilai Frenkie de Jong merupakan sosok krusial yang perlu ada demi merealisasikan gaya sepak bola yang ia harapkan di Old Trafford. Oleh karena itu, Ten Hag tak ingin menyia-nyiakan dana yang dimilikinya, selain untuk mengamankan De Jong.

Strategi semacam ini bisa membuat Setan Merah kehilangan pemain incarannya yang lain. Salah satunya adalah Christian Eriksen. Pemain yang sempat menepi akibat masalah jantung itu kini dikabarkan mulai merapat ke Tottenham Hotspur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.