Sukses

Barcelona Belum Perpanjang Kontrak Gavi, Manchester City Mengintai

Liputan6.com, Jakarta - Juara Liga Inggris Manchester City tengah memantau negosiasi kontrak Barcelona dengan wonderkid asal Spanyol, Gavi. Sang raksasa Catalan dilaporkan masih kesulitan memenuhi tuntutan pemain bintangnya di Camp Nou.

Kondisi ini memberi peluang bagi klub-klub besar lain, termasuk Manchester City, untuk memboyong Gavi ke markasnya masing-masing. Bos The Citizens Pep Guardiola diketahui merupakan penggemar berat pesepak bola berusia 17 tahun tersebut.

Dilansir dari Mirror, Guardiola sempat melontarkan pujian untuk Gavi. Jebolan akademi Blaugrana itu disebut sebagai pemain hebat yang mirip dengan Ansu Fati dan Pedri

“Dia (Gavi) luar biasa, sama seperti Ansu Fati atau Pedri. Ini menunjukkan bahwa ada banyak (pemain) masa depan dalam sistem (akademi) muda di sana (Barcelona),” ujar Guardiola, seperti dikutip dari laporan Mirror.

Gavi memang memegang peranan penting dalam skuad asuhan Xavi Hernandez di Barcelona. Ia bersama Pedri kerap digadang-gadang sebagai “Xavi dan Iniesta” masa kini.

Pemain kelahiran tahun 2004 itu sukses membukukan satu gol dan tiga assist dari 16 penampilan La Liga bersama klubnya. Gavi pun tercatat tampil dalam enam laga penyisihan Grup Liga Champions musim ini.

Sayangnya, jasa Gavi hanya dihargai 20.000 poundsterling per pekan di Camp Nou. Blauraga telah berupaya menaikkan gaji pemain internasional Spanyol itu. Klub yang finis di peringkat dua klasemen akhir La Liga musim lalu siap memberi bayaran 1,7 juta poundsterling per tahun, yang bakal membuat Gavi meraup 33.000 poundsterling dalam seminggu.

Kendati demikian, penawaran tersebut masih belum cukup. Laporan Daily Express menyebut sang wonderkid menginginkan 77.000 poundsterling per pekan dari Blaugrana. Permintaan itu menjadi sulit dipenuhi lantaran Barca saat ini tengah dilanda krisis keuangan.

2 dari 3 halaman

Klub Alternatif

Manchester City bisa menjadi tujuan alternatif Gavi, jika Barcelona tak mampu mengikatnya dengan kontrak baru. Klub yang ditukangi Pep Guardiola dikenal kuat dari segi finansial. Penampilan mereka juga terbilang moncer usai menjuarai Liga Premier 2021/2022.

Menurut Daily Express, Direktur Sepak Bola Manchester City Tixiki Begiristain dan CEO Ferran Soriano kini tengah mengawasi proses negosiasi Blaugrana dengan sang pemain. Mereka tertarik memboyong Gavi ke Etihad, jika situasi memungkinkan.

Adapun Manchester City bukanlah satu-satunya klub yang menaruh hati pada wonderkid asal Spanyol. Dua raksasa Liga Inggris lain, yakni Chelsea dan Liverpool diklaim berminat mengincar tanda tangan pemain berusia 17 tahun tersebut.

Paris Saint-Germain (PSG) dan Bayern Munchen juga ikut memantau perkembangan Gavi bersama Barcelona. Kondisi ini membuat penggemar Blaugrana khawatir pemain bintangnya bakal meninggalkan Camp Nou dalam waktu dekat.

3 dari 3 halaman

Real Madrid

Sebelumnya, Gavi sempat dikaitkan dengan Real Madrid. Laporan pada Februari lalu menyebut agen pemain Ivan de la Pena mengunjungi kantor Real Madrid. Hal ini memunculkan spekulasi bahwa Gavi tengah ditawarkan ke Los Blancos.

Namun, kabar itu terbantahkan usai Marca memaparkan tujuan De la Pena mengunjungi pihak Real Madrid. Dilansir dari Liputan6.com, sang agen datang untuk mengurusi kontrak klien lain, Marc Cucalon, yang berstatus sebagai pemain di Real Madrid B.

Adapun Gavi juga pernah mendapat tawaran dari Los Blancos. Di masa mudanya, ia sukses menarik minat tiga klub Spanyol: Atletico Madrid, Real Madrid dan Barcelona. Trio raksasa La Liga ini berniat merekrutnya dari sebuah akademi di Andalusia. Akan tetapi, Gavi kala itu hanya ingin bergabung dengan Blaugrana.

“Saya tahu Real Madrid dan Atletico menginginkan dia. Namun saat dia pergi ke Barcelona, dia bilang ke orang tuanya, ‘Yah, pemain terbaik di dunia ada di sini. Saya ingin main di sini’,” ujar mantan pelatih Gavi di Los Palacios, Manuel Vasco, seperti dikutip dari Sport.