Sukses

Piala Presiden 2022: Pemkot Bandung Antisipasi Kedatangan Bonek

Persebaya berada satu grup bersama Persib Bandung, Bali United, dan Bhayangkara FC pada gelaran Piala Presiden 2022.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengantisipasi kedatangan suporter Bonek yang akan menyaksikan klub kesayangan Persebaya Surabaya berlaga di turnamen pramusim Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Seperti diketahui, Persebaya Surabaya satu grup bersama Persib Bandung, Bali United, dan Bhayangkara FC pada gelaran Piala Presiden 2022.

Dengan begitu, Kota Bandung bakal didatangi oleh Bonek. Suporter yang terkenal akan militansi dan loyalitas dalam mendukung kesebelasan idolanya ini juga memiliki kedekatan emosional dengan para Bobotoh atau pendukung Persib Bandung.

"Itu juga salah satu yang dibahas. Tentunya kami sebagai masyarakat kota Bandung yang someah, kami akan mempersiapkan sebatas yang kami mampu (terkait kedatangan Bonek ke Kota Bandung)," kata Wali Kota Bandung Yana Mulyana usai menggelar rapat koordinasi dengan jajaran Polrestabes Bandung, Jumat (10/6/2022).

Yana menuturkan, ada satu titik di Stadion GBLA yang dipersiapkan oleh Pemkot Bandung beserta jajaran TNI dan kepolisian. Satu titik tersebut terletak di area parkir biru, Stadion GBLA.

Titik tersebut dipilih karena infrastruktur dan lahannya yang memadai untuk menampung potensi kedatangan Bonek ke Kota Bandung. "Dapur umum juga dipersiapkan. Kita dibantu oleh pihak TNI-Polri juga," ucap Yana.

Sebagai informasi, nantinya Persib akan bertemu Persebaya di Grup C Piala Presiden 2022. Pertemuan antara Persib melawan Persebaya dijadwalkan berlangsung pada 17 Juni 2022 mendatang.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kegiatan Bebersih Stadion GBLA

Sementara itu, ratusan orang dari berbagai elemen masyarakat mulai dari bobotoh, komunitas, dan para petugas kebersihan melakukan aksi bebersih dan pengecatan di Stadion GBLA, Jumat (10/6/2022).

Kegiatan bebersih dan pengecatan stadion GBLA ini merupakan persiapan jelang turnamen pramusim Piala Presiden di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana turun langsung pada kegiatan ini. Ia mengatakan kegiatan bebersih dan pengecatan ini merupakan simbol Stadion GBLA sebagai milik bersama seluruh elemen masyarakat Kota Bandung.

"Kita melakukan bebersih, pengecatan dan doa bersama, ini merupakan simbol GBLA adalah milik kita bersama dan kelak bisa lahir para pesepakbola terbaik," kata dia.

Yana memastikan, Stadion GBLA telah mendapatkan izin untuk menggelar Piala Presiden. "Alhamdulillah, kemarin pak Kapolda dan Wakapolda telah hadir ke sini (Stadion GBLA) dan memberi izin," ucapnya.

Terkait dengan kapasitas penonton, untuk perhelatan Piala Presiden kali ini, ia mengatakan akan secara bertahap dan hanya akan menggunakan tribun bawah.

"Karena Covid-19 masih ada, diharapkan jangan terlalu euforia. Secara bertahap, kita kan baru menggunakan kembali. Jadi untuk kapasitas kita pakai tribun bawah itu kapasitas 15.500 kursi," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Jadwal Grup C Piala Presiden 2022

Minggu, 12 Juni 2022

20.30 WIB: Persib Bandung vs Bali United FC

Senin, 13 Juni 2022

20.30 WIB: Bhayangkara FC vs Persebaya Surabaya

Kamis, 16 Juni 2022

20.30 WIB: Bali United vs Bhayangkara FC

Jumat, 17 Juni 2022

20.30 WIB: Persebaya Surabaya vs Persib Bandung

Senin, 20 Juni 2022

20.30 WIB: Bali United vs Persebaya Surabaya

Selasa, 21 Juni 2022

20.30 WIB: Bhayangkara FC vs Persib Bandung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.