Sukses

Meriah, SEA Games 2021 Vietnam Resmi Dibuka

Liputan6.com, Hanoi - Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc resmi membuka SEA Games 2021 di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam, Kamis (12/5/2022).

Upacara pembukaan dimulai pukul 20.00 WIB. Kombinasi aksi kolosal dan teknik visual Augmented Reality serta Extended Reality menghibur pemirsa di televisi serta penonton yang hadir langsung.

Upacara pembukaan SEA Games 2022 terbagi dalam dua tema yakni 'Vietnam Ramah', 'Asia Tenggara yang Kuat', dan 'Asia Tenggara Cemerlang'. Tema "Let's Shine", yang juga menjadi lagu resmi SEA Games 2021, didefinisikan sebagai kekuatan batin dalam persamaan dan perbedaan budaya Asia Tenggara.

Setelah itu berlangsung defile atlet-atlet peserta. Berawal dari Brunei Darussalam, disusul Kamboja. Kontingen Indonesia hadir di urutan ketiga. Emilia Nova menjadi pembawa Merah Putih dan memimpin rombongan beranggotakan 29 orang.

Dari bangku VIP stadion terlihat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menko PMK Muhadjir Effendy menyambut kontingen Indonesia.

Setelah itu menyusul kontingen Filipina, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Timor Leste. Tuan rumah Vietnam masuk terakhir.

Prosesi pengibaran bendera SEA Games dan ASEAN berlangsung sebelum pidato pembukaan Chu Ngoc Anh dari Hanoi People Committee serta Menteri Budaya Olahraga dan Turis Nguyen Van Hung. Sementara obor dinyalakan sprinter Vietnam Quach Thi Lan. 

Upacara pembukaan berakhir dengan hiburan kembang api.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Rombongan Indonesia

Total Indonesia mengirim 499 atlet ke SEA Games 2022 yang ditunda setahun karena pandemi Covid-19. Namun, hanya 29 yang hadir pada upacara pembukaan. Mereka mewakili empat cabang olahraga.

Cabor-cabor itu yakni empat orang dari atletik, empat orang dari jujitsu, 12 dari cabang renang, dan tiga dari cabang e-Sport. Mereka akan ditemani lima orang dari headquarter kontingen Indonesia, serta Chef de Mission SEA Games 2021 Ferry Kono.

Perwakilan Indonesia polo shirt putih berbalut cardigan merah yang dipadukan dengan celana berwarna cream. Masing-masing peserta defile juga akan mengenakan ikat kepala dari provinsi-provinsi di Indonesia. Mereka juga akan mengenakan sepatu merek lokal Fine Counsel milik Greysia Polii.