Sukses

Cristiano Ronaldo Tidak Cocok Lagi di MU? David Beckham Punya Pendapat Berbeda

Liputan6.com, Jakarta David Beckham berharap Cristiano Ronaldo tetap bertahan di Manchester United atau MU. Menurut Bekcham, performa mantan rekan setimnya tersebut masih terjaga di usia yang terbilang senja.

"Cristiano Ronaldo masih melakukan apa yang dia biasa dengan sangat baik, yakni mencetak dan membuat gol," kata Beckham kepada Sky Sports usai menyaksikan balapan F1 Miami Grand Prix.

"Untuk melakukan apa yang dilakukannya pada usianya saat ini adalah hal yang luar biasa, jadi saya berharap dia bisa melanjutkannya dan bertahan paling tidak satu atau dua tahun lagi," bebernya.

Beckham tentu tidak asal bicara. Sebaliknya, pria asal Inggris itu sangat memahami kebutuhan MU.

Seperti diketahui, Beckham merupakan bagian dari generasi emas Setan Merah yang biasa dikenal sebagai class of 92. Bersama pemain-pemain seperti Paul Shcoles, Ryan Giggs, Phil Neville, Paul Scholes, dan Nicky Butt, mereka punya peran besar dalam mengangkat kejayaan Setan Merah. 

Di bawah kendali manajer Sir Alex Ferguson, Beckham dan kawan-kawan membantu MU merajai sepak bola Inggris dan Eropa. Selama berseragam Setan Merah pada tahun 1992-2003, Beckham setidaknya sudah merasakan enam gelar juara Premier League dan satu trofi Liga Champions.

Ronaldo sendiri pertama kali tiba di MU pada tahun 2003, tidak lama setelah Beckham hijrah ke Real Madrid. Mantan pemain Sporting CP tersebut kemudian mewarisi nomor beckham (7) hingga saat ini.

 

2 dari 4 halaman

Menyisakan Tanda Tanya

Ronaldo sempat meninggalkan MU pada tahun 2009. Namun pemain asal Portugal itu kembali ke Old Trafford pada awal musim 2021 lalu setelah ditebus dari Juventus dengan harga £12.85 juta.

Dia mendatangani kontrak selama dua tahun dengan opsi perpanjangan setahun. Hanya saja, belakangan, masa depan Ronaldo bersama MU justru menyisakan tanda tanya. Pemain asal Portugal itu kabarnya bakal hengkang menyusul penampilan buruk Setan Merah sepanjang musim ini.

Kehadiran manajer baru, Erik Ten Hag diprediksi ikut mempercepat kepergian pemain yang akrab dijuluki CR7 tersebut. Erik Ten Hag kabarnya tidak menyukai gaya bermain Ronaldo. Ten Hag lebih tertarik untuk mendatangkan dua pemain buangan MU Donny van de Beek dan Andreas Pereira. 

 

3 dari 4 halaman

MU Kalah 0-4

Ronaldo sejauh ini telah mengemas 18 gol bersama MU di ajang Premier League. Hanya saja, kehadirannya pemenang 5 gelar Ballon d'Or itu  tidak cukup mengangkat performa MU musim ini.

MU seperti diketahui tengah dalam posisi hancur lebur. Setan Merah tanpa trofi dan gagal menembus zona Liga Champions usai terpuruk di urutan keenam pada papan klasemen Liga Inggris 2021/2022.

Peluang tampil di kompetisi paling elite di Benua Biru itu tertutup setelah MU dipermalukan Brighton 0-4, akhir pekan lalu. Kekalahan ini membuat MU tertanam di posisi keenam dengan 58 poin dari 37 laga. Dengan satu pertandingan tersisa, Setan Merah sudah tidak mungkin lagi naik ke urutan empat besar.

 

4 dari 4 halaman

Fans Terpukul

Kekalahan atas Brighton sangat memukul fans MU. Nyanyain 'Anda tidak cocok mengenakan seragam itu' bahkan sempat berkumandang sebagai bentuk kekecewaan mereka terhadap para pemain MU.

Ronaldo juga tampil dalam laga ini. Namun sindiran itu  bukan hanya ditujukan kepadanya saja. Gelandang MU, Bruno Fernandes menjelaskan, bahwa seluruh pemain juga ikut bertanggung jawab.

"Itu ditujukan kepada diriku juga. Apa yang kami lakukan hari ini, apa yang saya lakukan hari ini, tidak cocok untuk mengenakan seragam MU dan saya menerima itu," beber Fernandes usai pertandingan.

"Hasilnya seperti apa adanya. Tidak cukup baik. Mereka mengalahkan kami. Kualitas, mentalitas. Mereka pantas mendapatkannya. Kami pantas berada di posisi kami saat ini," kata Ferandes.