Sukses

Usai Jual Chelsea, Roman Abramovich Bersiap Ambil Alih Klub La Liga

Tak cukup menjalani karier sebagai pemilik Chelsea, Roman Abramovich kini dikabarkan bakal mengambil alih klub La Liga Valencia usai menuntaskan penjualan The Blues.

Liputan6.com, London - Roman Abramovich kabarnya bakal berupaya mengambil alih klub La Liga Spanyol, Valencia CF, usai menuntaskan penjualan Chelsea. Hal ini disampaikan oleh Miguel Zorio, rival Abramovich yang juga ingin mengakuisisi Los Che.

Seperti yang telah diketahui, konglomerat asal Rusia itu baru-baru ini terjerat masalah akibat konflik Rusia dan Ukraina. Taipan berusia 55 tahun itu dituding punya hubungan dekat dengan rezim Vladimir Putin, hingga aset-asetnya disita oleh pemerintah Inggris.

Hukuman atas Abramovich tak pelak membuat Chelsea turut menuai dampaknya. Sang raksasa Liga Inggris sempat terancam jatuh miskin lantaran sumber-sumber pendanaannya ditutup. Menanggapi situasi tersebut, Abramovich memutuskan untuk menjual The Blues.

Tak butuh waktu lama bagi Abramovich untuk kembali ke bisnis sepak bola. Dia tampaknya telah bertekad untuk membeli Valencia. Melansir laporan Mirror, Los Che memang tengah dilanda kesulitan. Pemiliknya–Peter Lim–pun memilih menguangkan klub La Liga tersebut.

"Peter Lim telah mencoba menjual klubnya di London seharga 250 juta euro, tetapi belum berhasil. Belakangan, ia membocorkan ke media internasional bahwa dirinya telah menerima dua tawaran pembelian, (yakni) dari saya dan dari oligarki Rusia (pemilik) Chelsea," ujar Zorio melalui surat yang dikirim kepada Plaza Deportivo, seperti dikutip dari Daily Star.

"Setelahnya, saya mengatakan kepada (Abramovich) bahwa ia harus memilih antara mengeluarkan 50 juta euro per tahun sebagai kompensasi atas kerugian yang ia timbulkan, atau menjual (klub) kepada kami. Entah ia suka (pilihan itu) atau tidak," sambungnya.

 

Simak Klasemen Liga Spanyol di halaman berikutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kondisi Valencia

Valencia kini berada dalam kondisi kurang baik. Klub yang bermarkas di Mestalla itu mengalami krisis finansial di bawah kepemilikan pengusaha Singapura, Peter Lim.

Mirror mengklaim sejumlah fans telah melancarkan protes kepada Valencia. Mereka menuding pihak klub melucuti aset demi mengantisipasi penjualan di masa depan.

Valencia kini bertengger di peringkat sembilan klasemen sementara Liga Spanyol dengan torehan 41 poin. Los Che nampak kesulitan menemukan pengganti bagi pemain bintangnya yang dijual ke klub papan atas lain.

Laporan juga menyebut anggaran klub telah dipotong sejak beberapa tahun terakhir. Hal ini lantas membuat penggemar khawatir mengenai masa depan jangka panjang Valencia.

Valencia sejatinya merupakan klub yang layak diperhitungkan di masa kejayaannya. Ia sukses mencapai final Liga Champions pada tahun 2000 dan 2001.

Los Che juga berhasil mengangkat trofi La Liga pada 2002 dan 2004. Ia masih finis di empat besar pada musim 2017 dan 2018. Namun setelahnya, Valencia terlempar dari posisi tersebut.

3 dari 5 halaman

Penjualan Chelsea

Di sisi lain, penjualan Chelsea kabarnya telah kembali ke jalur yang tepat, meski sempat terhenti. Laporan pada bulan lalu menyebut grup media asal Arab Saudi berkenan membeli tim yang bertengger di peringkat tiga klasemen sementara Liga Inggris tersebut.

Tak tanggung-tanggung, sang calon pembeli bahkan rela menyodorkan angka fantastis kepada Roman Abramovich, yakni mencapai 2,7 miliar pound atau setara dengan kurang lebih US$ 3,5 miliar. Menurut jurnalis ternama, Ben Jacobs, tawaran atas The Blues merupakan hasil inisiasi seorang suporter bernama Mohamed Alkhereiji.

Ia membentuk konsorsium swasta untuk mengakuisis Chelsea, tanpa campur tangan pemerintah Arab Saudi. Lebih lanjut, Jacobs mengeklaim pihak Alkhereiji tak hanya tertarik membeli Chelsea, tapi juga berniat merenovasi Stamford Bridge dan berinvestasi di akademi serta tim wanita The Blues.

4 dari 5 halaman

Abramovich di Chelsea

Abramovich pertama kali mengambil alih Chelsea pada 2003. Dia sukses mengantar The Blues menjadi salah satu klub yang paling ditakuti di kancah sepak bola Eropa.

Bersama Chelsea, Abramovich telah mengecap manisnya sejumlah gelar, termasuk Liga Champions. Tak heran jika klub yang berbasis di London itu kini memiliki nilai pasar mencapai lebih dari US$ 3 miliar.

Mengutip The Telegraph, Abramovich berniat menjual Chelsea seharga 4 miliar pound. Laporan yang sama juga mengeklaim sumber yang dekat dengan proses ini berharap tawaran dapat diturunkan menjadi sekitar 2 miliar pound.

Akan tetapi, Abramovich sebelumnya telah menolak tawaran senilai 2,2 miliar poundsterling.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Roman Abramovich adalah seorang miliarder Rusia dan pemilik perusahaan investasi Millhouse Capital.
    Roman Abramovich adalah seorang miliarder Rusia dan pemilik perusahaan investasi Millhouse Capital.

    Roman Abramovich

  • Valencia CF adalah sebuah klub asal Spanyol yang berbasis di kota Valencia.
    Valencia CF adalah sebuah klub asal Spanyol yang berbasis di kota Valencia.

    Valencia CF

  • La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga merupakan sebuah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.

    La Liga

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Peter Lim