Sukses

Arsenal Dipermalukan Brighton di Liga Inggris, Begini Tanggapan Mikel Arteta

Arsenal dipermalukan Brighton 1-2 pada pekan ke-32 Liga Inggris di Emirates Stadium, malam tadi. Manajer Arsenal Mikel Arteta mengaku kecewa pada hasil ini.

Liputan6.com, Jakarta - Arsenal gagal mengemas poin penuh dalam pertandingan pekan ke-32 Liga Inggris. The Gunners dipermalukan Brighton and Hove Albion di Emirates Stadium, Sabtu (9/4/2022) malam WIB.

Brighton tercatat telah melakoni tujuh pertandingan tanpa kemenanganan sebelum bertandang ke markas Arsenal. Namun, gol yang dicetak Leandro Trossard (’28) dan Enock Mwepu (’66) membuat The Seagulls sukses meraih poin penuh.

Kekalahan ini menyebabkan Arsenal gagal naik ke posisi empat besar klasemen sementara Liga Inggris. The Gunners tetap di urutan kelima dengan torehan 54 poin.

Sementara The Seagulls kini bertengger di peringkat ke-11 dengan koleksi 37 poin. Klub besutan Graham Potter itu makin jauh meninggalkan zona degradasi dan mulai menempel posisi Leicester City di 10 besar.

Manajer Arsenal Mikel Arteta mengaku kecewa dengan hasil ini. Apalagi The Gunners juga kalah 0-3 dari Crystal Palace pada Selasa (5/4/2022) lalu.

Tak heran jika hasil negatif kali ini makin mengikis harapan Arsenal untuk mengamankan tempat di Liga Champions musim depan. Ini adalah minggu yang berat; terutama hari ini karena kami menginginkan balasan (atas kekalahan dari Crystal Palace)," kata Arteta seperti dikutip dari Metro.

"Kami harusnya memiliki keberanian dan kepribadian untuk bermain lebih baik dan meningkatkan level di babak pertama," sambungnya.

 

Simak klasemen Liga Inggris di halaman berikutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arsenal ceroboh

Arteta juga menilai timnya tampil ceroboh di laga tersebut. The Gunners tidak punya tujuan dan kemampuan untuk menyerang.

Situasi ini nampaknya tak lepas dari ketidakhadiran sejumlah pemain. Seperti yang telah diketahui, Arsenal harus tampil tanpa Kieran Tierney dan Thomas Partey karena cedera.

"Kami menyulitkan diri kami sendiri. Kami ceroboh, (dan) tidak punya tujuan untuk menyerang," ucap Arteta.

"Kami telah membuktikan seberapa baik penampilan kami dalam beberapa minggu terakhir. (Akan tetapi), ini adalah minggu yang sulit dan kami kehilangan sejumlah pemain besar."

"Kami tahu jalan ini tidak akan membawa kami ke mana-mana, terutama ke posisi yang kami inginkan (empat besar). Kami punya segala hal untuk dimainkan dalam delapan pertandingan terakhir, kami harus memiliki energi itu," pungkas juru taktik erusia 40 tahun tersebut.

3 dari 5 halaman

Jalannya Pertandingan

Pertemuan Arsenal dengan Brighton & Hove Albion berjalan tanpa banyak peluang di menit-menit awal. Kedua tim sama-sama tampil solid di lini pertahanan. Peluang emas bagi Arsenal hadir pada menit ke-26. Sayangnya, The Gunners gagal mengonversi peluang menjadi gol.

Sundulan Gabriel Magalhaes, yang memanfaatkan umpan tendangan bebas Bukayo Saka, masih melebar dari gawang Brighton. Dua menit berselang, justru tim tamu yang membuat kejutan. Leandro Trossard menjebol gawang The Gunners usai menyambar umpan tarik dari Mwepu.

Arsenal, melalui Gabriel, sejatinya sempat menjebol gawang tim tamu pada masa injury time. Namun, gol pemain asal Brasil tersebut dianulir wasit dan VAR lantaran Martinelli telah berada dalam posisi off-side.

4 dari 5 halaman

Babak Kedua

Arsenal mencoba meningkatkan tempo permainan setelah turun minum. Namun, skuad asuhan Mikel Arteta masih kesulitan menciptakan peluang berbahaya di gawang Brighton.

Sebaliknya, Brighton hampir menambah gol saat laga berjalan satu jam. Beruntung sundulan Dunk masih bisa diamankan kiper Aaron Ramsdale.

Gawang Arsenal kembali bobol di menit le-66. Mwepu menjadi sosok yang menghadirkan malapetaka bagi tim tuan rumah. Pemain berusia 24 tahun itu menyumbang gol lewat tendangan setengah voli dari tepi kotak penalti.

Arsenal nyaris memperkecil ketertinggalan pada menit 84. Umpan tarik Saka disambar Nicolas Pepe. Sayangnya lesakan bola masih mampu diblok oleh Dunk. Peluang emas bagi The Gunners kembali datang di menit ke-88, tetapi gagal dikonversi menjadi angka.

Kebuntuan Arsenal baru terpecah di menit ke-89. Odegaard mencetak gol setelah tembakan jarak jauhnya membentur Danny Welbeck dan mengecoh kiper Sanchez. Namun waktu yang tersisa terlalu sedikit bagi Arsenal untuk menyamakan kedudukan. Skor 1-2 bertahan hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.