Sukses

Bola Ganjil: Laga Ditunda karena Cuaca, Pelatih Justru Kehilangan Pekerjaan

Pelatih sepak bola dipecat setelah laga ditunda akibat kabut. Simak kisahnya di Bola Ganjil.

Liputan6.com, Jakarta - Tommy Wright merasa posisinya sebagai pelatih Kilmarnock masih aman usai laga Divisi II Liga Skotlandia melawan Dunfermline Athletic, Desember 2021. Pasalnya, pertandingan dihentikan karena kabut tebal.

Kinerja Kilmarnock di partai itu juga tidak buruk. Mereka sempat memimpin melalui penalti Oli Shaw, sebelum Dunfermline menyamakan kedudukan lewat Craig Wighton.

Kilmarnock lalu kehilangan kans merebut kemenangan karena wasit Craig Napier. Sang pengadil menilai duel sulit dilanjutkan akibat kondisi cuaca di menit ke-63.

Dalam situasi ini, Wright semestinya tetap dipercaya untuk menjalankan tugas. Namun nyatanya manajemen Kilmarnock tetap bersikap tegas. Mereka memberhentikan Wright yang dinilai gagal mengangkat tim.

"Saya tahu betapa besar hasrat Tommy memberi kesuksesan bagi klub. Semua tahu target utama kami adalah kembali ke Divisi I. Kami menyesal harus mengambil keputusan ini," kata Direktur Kilmarnock Billy Bowie dilansir BBC.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa Buruk

Kilmarnock terdegradasi dari kasta tertinggi pada musim panas 2021. Mereka kemudian mencoba kembali naik ke level tertinggi. Namun, rapor empat kali kalah dalam lima pertandingan membuat Kilmarnock keluar zona play-off promosi.

Performa tersebut mendorong manajemen untuk memecat Wright. "Dengan sisa kompetisi dan adanya bursa transfer, kami akan fokus menunjuk pelatih baru yang bisa menunaikan misi tersebut," tandas Bowie.

 

3 dari 4 halaman

Keputusan Sudah Diambil

Terlepas itu, pemilihan waktu manajemen Kilmarnock untuk mengumumkan pemecatan Wright menciptakan tanda tanya. Banyak pun yang menduga nasib Wright tidak banyak berubah terlepas hasil duel kontra Dunfermline.

"Ini diambil setelah laga yang dibatalkan. Saya jadi berpikir mereka sebenarnya sudah menentukan sikap sebelum pertandingan," ujar eks gelandang timnas Skotlandia Michael Stewart.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.