Sukses

Bidik Emas SEA Games, Timnas Basket Indonesia 3x3 Berharap Bisa Uji Coba ke Jepang

Timnas Basket Indonesia targetkan emas pada pesta olahraga Asia Tenggara, SEA Games, yang berlangsung di Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Bola Basket 3x3 Indonesia menargetkan medali emas pada SEA Games 2021. Pesta Olahraga Asia Tenggara ini akan dilangsungkan di Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei 2022.

Pelatih Timnas 3x3, Ali Budimansyah yakin bisa mendapatkan emas setelah melihat persaingan di ajang sebelumnya. Pada tahun 2019, Timnas Basket Indonesia pada kategori 3x3 berhasil merebut medali perak. 

“Ini tantangan bagi saya. Dengan persiapan sebulan, harus bisa lebih baik dari kemarin apalagi mempersembahkan emas di Hanoi masih terbuka,” ungkap Ali Budimansyah dikutip dari laman resmi PP Perbasi. 

Selain melihat semangat timnas di ajang SEA Games 2019, dia juga optimis mengenai peta persaingan di Hanoi nanti. Menurutnya, kekuatan Filipina tidak akan sama dengan SEA Games terakhir karena menggunakan pemain terbaiknya saat menjadi tuan rumah. 

“Saya tertantang karena kondisi pemain sedang bagus. Mereka masih berkompetisi di IBL 2022. Artinya, secara fisik dan skill individu terasah. Tinggal nanti diperkuat mindset permainan saja karena 5x5 dan 3x3 ada perbedaan,” ucapnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Latihan Bersama

Jelang SEA Games ke-31 ini, Timnas Bola Basket Indonesia akan memulai latihan bersama pada Senin (4/4/2022). Namun, untuk tempat latihan masih belum dipastika. Sejauh ini terdapat tiga lokasi yang masih didiskusikan, yakni Gelora Bung Karno (GBK) Arena, Bogor, dan Krakatau Steel. 

Pemusatan latihan ini diikuti 10 pemain yang komposisinya kombinasi antara pemain senior dan junior di bawah 23 tahun sebagai bagian dari regenerasi. Di dalam daftar itu sudah ada Surliyadin, Sandy Ibrahim Azis, dan Oki Wira Sanjaya yang pernah mempersembahkan perak pada SEA Games lalu. 

Selanjutnya, terdapat Jamarr Andre Johnson dan tiga pemain muda bagian dari regenerasi seperti Julian Chalias, Serigne Modou Kane, dan Dame Diagne. 

“Jamar dipilih karena kita butuh pemain dengan pertimbangan size. Dia gantikan posisi Rivaldo Pangesthio,” ucap Ali.

3 dari 3 halaman

Jepang

Ali merekomendasikan timnas untuk melakukan try out ke luar negeri agar pemain lebih matang dalam menghadapi SEA Games kali ini. 

“Saya berharap ada try out ke luar negeri untuk mematangkan permainan. Jepang saya rekomendasikan menjadi negara tujuan karena mereka memiliki atmosfer 3x3 lebih baik. Try out menjadi solusi terbaik di saat kita tidak ada kegiatan sejak Covid-19,” jelasnya. 

“Saya ingin simulasi pertandingan di SEA Games saat berada di Jepang. Ini agar para pemain terbiasa,” pungkas Ali Budimansyah. 

 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.