Sukses

Mengenal Abraham Damar Grahita, Pencetak Poin Terbanyak Lawan Jordania di Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023

Liputan6.com, Jakarta Timnas Basket Indonesia kembali kalah dari Jordania pada laga lanjutan window 2 Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023. Meski Abraham Damar Grahita berhasil mencetak 24 poin di Prince Hamza, Amman, Minggu (27/2/2022) malam, namun poin tersebut belum dapat menyelamatkan Indonesia

Pria kelahiran 8 Oktober 1995 ini,  juga menyumbangkan 2 rebound dan 4 umpan. Penampilannya pada saat melawan Jordania sangat gemilang di setiap kuarter. 

Sebagaimana diketahui, pemain yang akrab disapa Bram ini sudah bergabung ke Timnas Basket Indonesia sejak 2017 untuk mengikuti kompetisi SEABA Championship 2017 dan SEA Games 2017. 

Di level Timnas, Bram sudah pernah membawa pulang medali perak SEA Games 2017 untuk Indonesia dan berhasil menjuarai SEABA Championship pada tahun 2018. 

Kualitas permainan Bram juga semakin terbukti sejak dia berhasil menjadi IBL Most Improved Player pada 2017. Tak hanya itu, Abraham berhasil menyabet gelar Pemain Terbaik (MVP) IBL 2020.

Pada IBL Tokopedia 2022, Abraham membela Prawira Bandung bersama dengan pemain muda, Yudha Saputera yang juga diturunkan pelatih Rajko Toroman pada kuarter ketiga saat melawan Jordania. 

2 dari 3 halaman

Sempat Dicoret dari Timnas Basket Indonesia

Dalam perjalanan karirnya, dia pernah merasakan pengalaman pahit dicoret dari Timnas Basket Indonesia. Pada saat itu, Indonesia harus mengakui keunggulan Korea Selatan pada Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 dengan skor 76-109. 

Setelah selesai pertandingan, kapten Timnas Abrahaman diundang untuk menghadiri konferensi pers bersama dengan pelatih Rajko Toroman. Dalam konferensi pers tersebut, Bram menunjukkan gestur yang tidak seharusnya ditunjukkan, bahkan dia menundukkan wajahnya dan tidak mau menatap media. 

Sikap yang ditunjukkan Bram menjadi tidak terpuji dan menjadi kritikan di media sosial sehingga harus dicoret dari Timnas Basket Indonesia. 

3 dari 3 halaman

FIBA Asia Cup 2022

Selanjutnya, Timnas Basket Indonesia akan fokus untuk mendapatkan tiket Piala Dunia FIBA 2023 dari FIBA Asia Cup. Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2022 di Istora, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 12 hingga 24 Juli 2022. 

Indonesia akan berada di grup A bersama dengan Australia, Arab Saudi, dan Jordania. 

Penulis: Jesslyn Koesman