Sukses

Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022: Lee Zii Jia Akan Bertemu Dengan Juara Dunia Loh Kean Yew di Babak Penyisihan Grup

Pada babak penyisihan grup putra akan mempertemukan Malaysia dan Singapore pada Grup B Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022.

Liputan6.com, Jakarta Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022 akan mempertemukan antara pemenang All England, Lee Zii Jia dan Juara Dunia Loh Kean Yew. Ini setelah Malaysia dan Singapura berada dalam grup yang sama pada undian penyisihan grup. 

Dua tim lainnya di grup B pada tim putra adalah unggulan kedua Jepang dan pendatang baru Kazakhstan sementara itu, grup A terdiri dari juara bertahan Indonesia, India, Korea Selatan, dan Hong Kong. 

Pertarungan antara Lee Zii Jia dan Loh Kean Yew akan menjadi pusat perhatian di Setia City Convention Centre, Shah Alam. Pasalnya, pada Kejuaraan Asia Beregu 2022 tidak terdapat nama-nama pemain unggulan seperti Kento Momota dari Jepang dan Anthony Sinisuka Ginting dari Indonesia. 

Keduanya terakhir bertemu pada ajang Hylo Open yang diselenggarakan di Jerman pada November lalu. Sejak itu, Lee Zii Jia ini melakukan keputusan yang besar yaitu keluar dari tim nasional dan menjadi pemain independen. 

Sementara itu, pemain Singapura itu terus berlatih dengan juara Olimpiade, Viktor Axelsen dari Denmark di Nad Al Sheba Sports Complex yang terkenal di Dubai. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Pelatih Kepala Tunggal Putra Nasional

Dilansir dari New Straits Times, pelatih kepala tunggal putra nasional Hendrawan yang mewakili BAM pada pengundian, mengakui bahwa peluang Malaysia untuk mencapai semifinal Kejuaraan Asia Beregu 2022 sangat bergantung pada Zii Jia. 

“Saya percaya bahwa Zii Jia akan menjadi faktor penentu ketika kami bermain melawan Singapura karena setelah penampilannya 50-50 musim lalu, dia harus mencoba untuk memenangkan poin penting itu. Jika dia melakukannya, kami memiliki peluang yang sangat bagus,” kata Hendrawan dilansir dari New Straits Times dikutip Liputan6.com. 

“Melawan Jepang dan Kazakhstan kami memiliki pemain seperti Ng Tze Yong dan Leong Jun Hao, tetapi karena adanya Covid-19, kami tidak bisa memastikan seberapa bagus mereka sampai kami menilai mereka selama turnamen,” tambahnya. 

Hendrawan juga mengatakan bahwa target Malaysia adalah lolos ke semifinal terlebih dahulu. Mengenai Lee Zii Jia, Hendrawan mengatakan: “sulit bagi saya untuk mengomentarinya, karena dia sudah tidak lagi berada di bawah program nasional.” 

3 dari 3 halaman

Harapan Untuk Para Pemain

Sementara itu, Hendrawan juga menambahkan bahwa tahun ini terdapat beberapa acara tim besar seperti Asian Games dan Commonwealth Games. Dia berharap Kejuaraan Asia Beregu akan memberikan pemain pengalaman untuk menangani tekanan di acara mendatang. 

Adanya Covid-19, beberapa tim seperti China, Thailand, dan Taiwan telah memutuskan untuk tidak mengikuti kejuaraan yang berfungsi sebagai kualifikasi untuk putaran final Piala Thomas dan Uber di Bangkok pada bulan Mei. 

Dengan hanya delapan tim yang bersaing di ajang putra, tidak akan ada perempat final. Sebaliknya, dua tim teratas dari masing-masing grup akan maju ke semifinal dan mendapatkan kualifikasi otomatis ke putaran final Piala Thomas. 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.