Sukses

5 Klub Sepak Bola dengan Penjualan Jersey Terbanyak di 2021

Liputan6.com, Jakarta - Bersorak mendukung klub favorit dari tribun penonton adalah impian para penggemar sepak bola. Sayangnya, karena kendala geografis, sebagian besar dari mereka tidak bisa melakukannya.

Jadi, mereka melakukan hal terbaik menurut versi sendiri. Membeli jersey klub favorit, melakukan rituasl matchday sendiri, dan mendukung klub kesayangannya dari kenyamanan ruang keluarga.

Tidak mengherankan jika sebagian besar pendapatan klub sepak bola didapat dari penjualan jersey. Mereka mencoba membuat sebanyak mungkin, berusaha untuk menjadi lebih populer, dan kaya dalam prosesnya.

Klub-klub Eropa, terutama yang bermain di salah satu dari lima liga teratas, menjual kaus paling banyak. Tak hanya pertandingan domestik mereka yang disiarkan ke seluruh dunia, namun juga turnamen seperti Liga Champions meningkatkan popularitas mereka secara nyata.

Berikut 5 klub sepak bola yang paling banyak menjual kaus pada 2021 seperti dikutip dari Sportskeeda:

 

2 dari 6 halaman

5. Juventus (Adidas): 1,42 juta kaus terjual

Tahun lalu,Juventus adalah klub paling populer kelima di Eropa dalam hal penjualan jersey. Klub asal Turin itu menjual 1,42 juta kaus pada 2021, menjadikannya klub paling populer di Italia.

Bianconeri memiliki Cristiano Ronaldo, mungkin pesepak bola paling laku di dunia, hingga Agustus lalu. Juventus diyakini memanfaatkan superstar asal Portugal itu sebaik mungkin.

Sayangnya, raksasa Italia itu gagal mempertahankan scudetto Serie A musim lalu. Juventus kalah bersaing dengan Inter Milan.

3 dari 6 halaman

4. Manchester United (Adidas): 1,95 juta kaus terjual

Sering dipuji sebagai klub paling populer, Manchester United berada di posisi keempat. Tahun lalu, Setan Merah menjual 1,95 juta kaus.

MU finis kedua di Liga Inggris musim 2020-21 dan sekali lagi gagal merebut trofi. Meski bersaing untuk finis empat besar lagi musim ini, Setan Merah tidak terlihat cukup kuat untuk mengakhiri kekeringan trofi mereka.

Cristiano Ronaldo, yang paling banyak diikuti di media sosial, kembali ke klub musim panas lalu. Superstar Portugal itu kembali mengenakan kaus no.7 yang terkenal dan kedatangannya semakin mendongkrak penjualan jersey.

Namun, daya tarik Ronaldo itu belum mampu menyelamatkan popularitas MU yang terjatuh.

 

4 dari 6 halaman

3 Liverpool (Nike): 2,45 juta kaus terjual

Saingan terberat Manchester United, Liverpool, muncul sebagai klub paling populer di Inggris pada 2021. The Reds suskes menjual 2,45 juta kaus selama 12 bulan.

Setelah memenangkan gelar Liga Inggris pada 2019-20, The Reds penuh optimisme jelang musim 2020-21. Sayangnya, Manchester City tidak ingin membiarkan skuat asuhan Jurgen Klopp itu memperpanjang pesta mereka dan membawa gelar kembali ke Etihad Stadium.

Liverpool juga gagal memenangkan Liga Champions dan Piala FA. Kedua gelar itu masing-masing jatuh ke tangan Chelsea dan Leicester City.

Sejauh musim ini, Liverpool menempati posisi kedua di Liga Inggris dan masih berkompetisi pada tiga ajang. The Reds bakal menghadapi Cardiff City di babak keempat Piala FA, melawan Chelsea dalam final Piala Liga, dan Inter Milan pada babak 16 besar Liga Champions.

 

5 dari 6 halaman

2. Real Madrid (Adidas): 3,05 juta kaus terjual

Seperti Liverpool, Real Madrid juga gagal memenangkan satu trofi pun pada 2021. Tetapi, raksasa Spanyol itu menjual 3,05 juta kaus tahun lalu, muncul sebagai klub paling populer kedua di dunia dalam penjualan jersey.

Real Madrid mencapai jumlah yang mengesankan. Padahal, Los Blancos kehilangan kapten Sergio Ramos yang pindah ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2021.

Los Blancos tersingkir dari Copa del Rey, tetapi lolos ke semifinal Liga Champions musim lalu. Tim yang dilatih Zinedine Zidane ketika itu akhirnya dikalahkan Chelsea yang menjadi juara.

Musim ini, Real Madrid telah memenangkan Piala Super Spanyol dan juga dalam performa yang lebih baik di kompetisi lain. Pasukan Carlo Ancelotti memimpin persaingan di Liga Spanyol.

Selain itu, Karim Benzema akan menghadapi PSG di babak 16 besar Liga Champions dan akan melawan Athletic Bilbao pada perempat final Copa del Rey.

 

6 dari 6 halaman

1. Bayern Munchen (Adidas): 3,25 juta kaus terjual

Bayern Munchen sukses menjual 3,25 juta kaus pada 2021. Pencapaian itu mengalahkan klub sepak bola lainnya.

Striker bintang Bayern Munchen Robert Lewandowski adalah penarik penonton utama. Sebab, striker Polandia itu bisa dibilang pemain terbaik di dunia pada 2021.

Raksasa Jerman sekali lagi keluar menjadi pemenang dalam perburuan gelar Bundesliga musim lalu. Namun, Lewandowski cs gagal di Liga Champions dan DFB Pokal.

Munchen sekali lagi tersingkir dari kompetisi piala domestik. Tapi, terlihat sangat bertekad untuk memenangkan Bundesliga dan Liga Champions musim ini.